Video of the Day

Jumat, 30 Mei 2014

Tes CPNS 2014 Digelar Mulai Juni sampai Oktober

Dalam rangka membangun pemerintahan yang bersih sesuai dengan amanat dari reformasi birokrasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menerapkan sistem CAT CPNS secara menyeluruh dalam perekrutan cpns tahun ini.

Penerapan CAT CPNS secara 100% akan membawa dampak signifikan kepada sistem perekrutan itu sendiri selain bisa menghemat biaya APBN dalam pengadaan aparatur sipil negara. Dengan sistem komputerisasi ini, pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk proses pencetakan soal, distribusi dan pengamanan soal. Sistem CAT pada saat ini dinilai lebih efektif daripada sistem LJK yang diterapkan sebelumnya.

Tampilan CAT CPNS BKN

CAT CPNS BKN

Tampilan CAT CPNS diatas adalah tampilan asli dari CAT CPNS BKN. Dan bagi anda yang memerlukan dan mencari bahan referensi ujian CPNS terbaik sesuai juklak juknis penerimaan cpns 2014, silakan anda miliki dan pelajari Paket LKIT. Selain anda mendapatkan bahan materi Ujian CPNS sesuai dengan Juknis pengadaan CPNS, anda juga akan mendapatkan Software CAT CPNS BKN.

Walaupun penerimaan CPNS tahun 2014 seluruh pemerintah pusat dan instansi daerah akan menggunakan metode CAT CPNS, akan tetapi masih ada persoalan lain yang harus bisa segera diselesaikan pemerintah pada tahun berikutnya, diantaranya adalah pengadaan infrastruktur komputer untuk CAT CPNS di tiap instansi pemerintahan.


Saat ini lebih dari 90% instansi pemerintahan tidak memiliki infrastruktur CAT yang dinilai paling aman penggunaannya itu. Ujian seleksi CPNS yang akan digelar tersebut menggantungkan pada infrastruktur yang dimiliki BKN dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini dibanding BKN, pihak Kemendikbud dinilai lebih lengkap karena pihaknya telah memiliki infrastruktur ujian komputer yang telah tersebar di 2400 titik di seluruh Indonesia.

Pihak pemerintahan daerah ataupun pusat yang belum memiliki infrastruktur CAT maka ujian akan dilaksanakan dengan cara "nebeng" ke BKN dan Kemendikbud. dan karena alasan inilah kenapa pengadaan seleksi CPNS 2014 tidak bisa serentak.

Pelaksanaan Tes CAT CPNS BKN

Pihak Kemenpan pernah mengungkapkan bahwa penerimaan CPNS di masa yang akan datang bisa dilakukan setiap hari dengan adanya Metode Computer Assisted Test ini, tapi pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana ujian tersbeut bisa dilakukan jika masih nebeng ke instansi yang lain? Bagaimana jika misalnya saja Kabupaten A membutuhkan 5 CPNS baru, apakah tes harus tetap nebeng di kantor regional BKN?
Pertanyaan pertanyaan tersebut sudah seharusnya dijadikan landasan untuk menyelesaikan segala kendala dalam pengadaan CPNS khususnya mengenai pengadaan infrastruktur.

Pelaksanaan Ujian CPNS tahun 2014 tidak akan digelar serentak, tiap instansi pusat atau pemerintahan daerah harus bergantian menggunakan komputer yang dikatakan paling aman tersebut. Setelah selesai barulah instansi lain bisa menggunakannya. Selain keterbatasan komputer, pihak pemerintah juga seharusnya memikirkan mengenai ruangan ujian CAT CPNS itu sendiri yang saat ini masih dinilai sempit jika memang peruntukannya adalah untuk semua instansi pemerintah yang ada.

Pelaksanaan ujian CPNS tahun ini rencananya akan diumumkan mulai tanggal 16 Juni 2014 di Job Fair CPNS yang akan digelar selama 2 hari dan juga diumumkan secara online di asncpns.com, kemudian pelaksanaan ujian akan dilakukan setelah Pemilu Pilpres 2014. Ujian CPNS yang digelar diprediksi selesai sampai dengan bulan oktober, bahkan bisa jadi sampai bulan November 2014 berdasarkan alasan alasan yang telah dijelaskan diatas.


asncpns

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)