Video of the Day

Kamis, 11 Juni 2015

JK: Promosi Jabatan ASN Berdasarkan Track Record

Naik Jabatan
asncpns.com - Dalam sambutannya Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ASN yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Jakarta, Rabu (10/06), Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih mengutamakan dedikasi bagi bangsa dan negara.

Tak lupa, beliau juga menghimbau dalam hal mengenai kenaikan pangkat harus mengacu kepada pada rekam jejak (track record) pegawai bersangkutan. JK menghimbau kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kepala Badan Kepegawaian Negara untuk bersikap profesionalisme dalam promosi jabatan.

Selain itu juga, pos-pos jabatan tinggi ASN diisi oleh orang-orang yang mempunyai kompetensi dalam bidangnya supaya performa dan efisiensi kerja pun meningkat. "Saya juga menyarankan agar promosi jabatan ASN menyertakan sertifikasi agar fungsi administratifnya jelas dan kinerja lembaga ASN yang dikelolanya dapat berjalan maksimal," ujar Kalla.

Ini merupakan tugas besar untuk BKN dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara untuk membina dan mengawasi ASN agar performa kerja di masing-masing bidang yang berbeda ini bisa meningkat. Selain itu tugas besar untuk BKN dan Kemenpan juga adalah mendapatkan ASN yang akuntabel yang layak untuk mendapatkan promosi. “Untuk menjadi professional, tidak mungkin bisa dilakukan oleh ASN sendiri. Perlu adanya perhatian khusus dan berkelanjutan dari pihak-pihak yang berwenang mengurusnya," ungkap Kalla.

“Sudah menjadi rahasia umum jika harapan karir di lingkup ASN adalah kenaikan jabatan. Sudah menjadi rahasia umum pula bahwa masih banyak praktik promosi jabatan yang tidak akuntabel. Inilah tugas besar BKN dan Kementerian PANRB untuk menghadirkan praktik promosi jabatan yang profesional dengan mengutamakan dedikasi bagi bangsa,” ungkapnya.

Kalla mengingatkan betapa pentingnya peran penting dalam mendukung program pemerintah karena ASN adala pelaksana kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, ASN diminta untuk mempunyai dedikasi serta profesionalisme dalam bekerja. “Jangan sampai posisi-posisi penting di tingkat atas lingkup ASN ditempati oleh orang-orang yang tidak tepat," jelas Kalla.

JK percaya jika pimpinan tinggi ASN diisi oleh orang yang tepat dan mempunyai kredibelitas tinggi serta mempunyai kompetensi andal, maka mereka akan menjadi teladan bagi bawahannya bekerja secara profesional.


Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)