Video of the Day

Kamis, 14 Januari 2016

Pemerintah Anggarkan 347,5 triliun untuk Gaji PNS 2016

Gaji PNS
asncpns.com - Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan pagu anggaran belanja pegawai, termasuk gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar Rp 347,5 triliun. Jika dibandingkan dengan tahun 2015, anggaran ini naik di APBN-P 2015 yang dipatok Rp 299,3 triliun.

Dengan anggaran sejumlah Rp 347,5 triliun untuk belanja pegawai dan gaji PNS tersebut, berarti jumlah tersebut sebesar 26 persen dari belanja pemerintah pusat yang dipatok Rp 1.325,6 triliun. Data ini di dapatkan dari data APBN 2016 yang dirilis Kemenkeu menurut jenisnya. Pagu anggaran tersebut termasuk untuk membayar kewajiban pemerintah untuk pensiunan PNS dan kontribusi jaminan kesehatan PNS.

Untuk diketahui bahwa dalam 26 persen anggaran tersebut, telah termasuk Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS yang masih aktif maupun pensiunan di 2016. Anggaran sebesar Rp 7,5 triliun telah dialokasikan dalam APBN 2016 untuk THR tersebut.

Askolani selaku Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan mengatakan bahwa kebijakan pemberian THR mulai berlaku di tahun ini sebagai kompensasi peniadaan kenaikan gaji PNS. "Kita alokasikan anggaran Rp 7,5 triliun untuk membayar THR PNS di 2016." ungkapnya.

Tak hanya seluruh PNS, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri dan Lembaga Tinggi Negara juga akan mendapatkan THR sebesar gaji masing-masing yang diterima setiap bulan. Sementara pemberian tunjangan tidak masuk dalam THR itu.

Jika dirinci, dari anggaran belanja pemerintah pusat itu, sebesar Rp 784,1 triliun merupakan belanja Kementerian/Lembaga (K/L). Alokasi untuk belanja pegawai di K/L mencapai Rp 208,2 triliun. Sementara belanja pegawai non K/L dianggarkan Rp 139,3 triliun yang dimasukkan dalam pagu anggaran belanja non K/L sebesar Rp 541,4 triliun.


Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)