Video of the Day

Selasa, 16 Februari 2016

Menpan: Kuota CPNS 2016 Sebanyak 71.436 Formasi

Kuota CPNS 2016 71.436
asncpns.com - Seperti kita ketahui bahwa rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2016 belum bisa dipastikan jadwalnya. Namun ada kabar terbaru mengenai rekrutmen CPNS 2016 yaitu pemerintah telah mempersiapkan kuota formasi sebanyak 71.436. Namun kuota tersebut diperuntukkan PNS pusat karena masih dalam kerangka moratorium PNS.

Saat rapat koordinasi aparatur sipil negara yang diselenggarakan di Kantor KemenPAN-RB pada hari Selasa (16/02/2016), Yuddy mengatakan bahwa, "Kuota PNS pusat yang kami alokasikan adalah 71.436 orang. Itupun tidak seluruhnya harus dihabiskan kuotanya," ungkapnya seperti ASNCPNS kutip dari JPNN.

Kuota sebanyak 71.436 tersebut sudah ada anggarannya, namun kuota lebih difokuskan terhadap program nawa cita, diantaranya yaitu:
  • Bidang pendidikan, 
  • Bidang kesehatan, 
  • Bidang penanggulangan kemiskinan, 
  • Bidang infrastruktur, 
  • Bidang poros maritim, 
  • Bidang ketahanan energi, dan 
  • Bidang ketahanan pangan.

Sedangkan kuota dalam perencanaan pemerintah dibagi menjadi:
  • 25 persen‎ untuk tenaga pendidikan, 
  • 20 persen untuk tenaga kesehatan 
  • 15 persen untuk tenaga penegak hukum 
  • 30 persen untuk tenaga teknis pendukung nawacita 30 persen
  • 10 persen untuk ikatan dinas.
Menpan juga menghimbau untuk seluruh instansi untuk melakukan analisa berapa kebutuhan pegawainya. "Meski jadwal belum keluar, namun setiap instansi sudah bisa melakukan analisa berapa kebutuhan pegawainya," saran Menteri Yuddy.‎
paketlkit.com

Sedangkan, beberapa waktu lalu saat melakukan rapat kerja dengan Komisi II DPR Yuddy menyatakan bahwa tahun ini masih ada rekrutmen CPNS namun bersifat terbatas. "Moratorium ini tetap dikecualikan untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, penegak hukum dan sekolah kedinasan. Fokus kita tahun ini lebih kepada penerimaan untuk guru-guru, untuk tenaga-tenaga medis, dan aparat penegak hukum," ungkap Yuddy seperti dipublikasikan Humas Kemenpan-RB saat melakukan rapat kerja dengan Komisi II DPR.

Meskipun jadwal pelaksanaan CPNS belum resmi dirilis, alangkah baiknya anda yang akan mengikuti tes seleksi CPNS tahun ini untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin, karena kompetisi yang menuntut kompetensi ini pastinya akan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang bercita-cita menjadi abdi negara.

Sebagai bahan pembelajaran terbaik untuk menghadapi tes seleksi CPNS, kami rekomendasikan untuk mempelajari bahan materi dan soal Paket LKIT 2016. Dan untuk menghadapi tes kompetensi bidang sesuai dengan formasi yang anda pilih, kami rekomendasikan Paket LKIT TKB. Sedangkan untuk berlatih soal-soal CAT CPN, kami rekomendasikan Bank Soal CAT CPNS.


Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



2 komentar:

  1. assalamualaikum pak menteri PAN. tolong perhatikan juga tenaga teknis kok tidak ada formasinya? dan tolong jangan PNS saja yg diangkat perhatikan juga nasib pegawai PKWT alias aoutsourching di BUMN yang banyaknya juga tidak kalah dengan para pegawai honorer itu. ini biar adil pak menteri

    BalasHapus
  2. mohon info yg bisa sya ambil dari cara pendftrn cpns thn 2016

    BalasHapus

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)