Video of the Day

Kamis, 11 Februari 2016

Pemkab Bulungan Inginkan Perlakuan Khusus di Moratorium CPNS

Moratorium CPNS di Kabupaten Bulungan

asncpns.com- Membludaknya pegawai negeri sipil (PNS) membuat pemerintah harus menerapkan kebijakan moratorium calon pegawai negeri sipil (CPNS). Moratorium CPNS merupakan penghentian sementara penerimaan CPNS baru, yang bertujuan untuk menata kembali jumlah dan pendistribusian PNS karena dirasa kurang merata dalam penyebarannya baik dari tingkat daerah maupun pusat.

Hal ini didukung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi, yang mana pada tahun ini sudah dipastikan masih diberlakukan kebijakan  moratorium penerimaan CPNS.

Meski begitu, pemerintah tetap akan melaksanakan penerimaan CPNS terbatas di masa moratorium ini pada formasi khusus yaitu, tenaga pendidik, tenaga kesehatan, tenaga penegak hukum dan lulusan sekolah ikatan dinas. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kekurangan pegawai di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berada di bidang pendidikan, kesehatan, penegak hukum dan lulusan ikatan dinas. Kekurangan pegawai ini terjadi karena ada PNS yang pensiun, meninggal, dipecat, mutasi bahkan mengundurkan diri.

Seperti halnya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang menginginkan mendapat perlakuan khusus yaitu penerimaan CPNS diperbolehkan untuk dilaksanakan di Pemprov Kaltara juga di Pemkab Bulungan.

Syafril selaku Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bulungan mengatakan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB) belum memberikan pengecualian terhadap daerah-daerah tertentu seperti daerah otonom baru, yang memang membutuhkan tambahan pegawai. Tambahnya, hal ini disebabkan pihak KemenPAN-RB sampai saat ini belum memberikan keputusan resmi terkait pelaksanaan penerimaan CPNS. “Kami terus konsultasi kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara,” kata Syafril, seperti dikutip dari JPNN, hari Rabu (10/02/2016).

Dirinya juga menambahkan, sejauh ini belum ada respon dari pihak KemenPAN-RB. Padahal, lanjutnya, pada tahun 2015 lalu Pemkab Bulungan telah mengusulkan 1.400 formasi CPNS. “Tapi tidak hanya di Bulungan, tetapi di daerah lain juga demikian. Jadi tunggu saja keputusannya nanti seperti apa,” tutupnya.

Setelah Pemkab Bulungan mengusulkan sebanyak 1.400 formasi CPNS, Pemkab Bulungan hanya tinggal menunggu informasi lanjut terkait pelaksanaan penerimaan CPNS daerahnya dari pihak KemenPAN-RB. Sambil menunggu informasi pelaksanaan CPNS, tak ada salahnya untuk anda yang menginginkan menjadi PNS untuk mempersiapkan diri sedini mungkin menguasai materi CPNS dengan mempelajari materi CPNS terbaik Paket LKIT yang telah meloloskan ribuan CPNS murni.
Adapun contoh soal tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2016 bisa dilihat di artikel ini



Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)