Video of the Day

Sabtu, 19 Maret 2016

Setiawan: Saat ini Kami Merekrut IPDN, Bukan CPNS!

Rekrut IPDN
asncpns.com- Melanjutkan sekolah ke sekolah ikatan dinas Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tentunya tak luput dari tes seleksi calon praja (Capra) IPDN. Salah satu tes yang menentukan menjadi Capra adalah sama seperti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) yaitu tes kompetensi dasar (TKD). TKD merupakan tes akademis yang bertujuan menggali pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku peserta ujian. Adapun materi dalam TKD itu sendiri yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), mengatakan bahwa siswa ikatan dinas akan diangkat menjadi CPNS. Namun, pengangkatan CPNS ikatan dinas itu bukan serta merta langsung menjadi CPNS setelah lulus dari tes Capra. Melainkan, setelah Capra menyelesaikan pendidikan dan memperoleh ijazah. "Jadi saat ini yang kami rekrut adalah calon siswa sekolah ikatan dinas, bukan CPNS," kata Iwan, sapaan akrabnya, hari Jumat (18/03/2016).

Iwan menambahkan bahwa para Capra itu akan diseleksi ketat, sama halnya seperti tes seleksi CPNS. Tahapan seleksi penerimaan Capra IPDN, diantaranya:
  1. Seleksi Administrasi;
  2. Tes Psikologi, Tes Integritas dan Kejujuran;
  3. Tes Kesehatan;
  4. Tes Kesamaptaan/Jasmani;
  5. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT);
  6. Cek Ulang Kesehatan;
  7. Cek Ulang Kesamaptaan/Jasmani;
  8. Wawancara Penentuan Akhir (Pantukhir);
Iwan menyebutkan, siswa akan diberikan pendidikan khusus yang memiliki tingkat kesulitan tertentu. Sebab, sekolah ikatan dinas bukanlah pendidikan yang mudah dan nantinya mereka akan menjadi seorang aparatur negara dalam negeri. "Rekrutmennya sangat selektif karena jabatan fungsional yang akan mereka isi bukanlah pekerjaan umum yang dapat dilakukan orang tanpa pendidikan spesifik," tutur Iwan.

Sementara, Ermaya Suradinata selaku Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sangat menyambut baik sistem penerimaan Capra IPDN secara terpadu dan online ini. Dirinya meyakini, hal ini bisa mencegah kejadian menitipkan Capra kepada orang dalam atau sering disebut praktik titip titipan oleh pejabat.

Tahun 2016 ini, IPDN mendapat kuota sebanyak 900 siswa, sama seperti tahun 2015 lalu. Namun, dari jumlah 900 itu belum tentu semuanya bakal terisi, sebab dari 23 ribu peserta yang mengikuti tes Capra IPDN tahun lalu, hanya terisi oleh 750 orang.

Bagi anda yang ingin menjadi siswa IPDN tahun 2016 dan ingin lulus di tes kompetensi dasar (TKD), bisa mempelajari dan miliki Paket LKIT tuk menguasai materi TKD.


Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)