Video of the Day

Selasa, 06 Juni 2017

Grade Soal CPNS Di Jawa Lebih Sulit Daripada Wilayah Lain

Denah Lokasi Tes CAT CPNS BKN

Setiap soal CPNS di dalam sistem CAT disusun oleh konsorsium perguruan tinggi negeri yang ditunjuk pemerintah. Soal soal tes yang disiapkan tersebut selalu berdasarkan standard yang telah ditentukan. Panselnas sendiri saat ini sudah memiliki bank soal cpns berjumlah ribuan yang mana soal soal ini nantinya disaat diujikan kepada peserta tes CPNS, Masing-masing peserta pun dipastikan tidak akan mendapatkan soal yang sama.

Kisi-kisi Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS

Berikut adalah kisi-kisi Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS berdasarkan standard Panselnas:
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

  1. Pancasila

  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar)
  1. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis,

  2. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

  3. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis,

  4. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
  1. Integritas diri,

  2. Semangat berprestasi,

  3. Kreativitas dan inovasi,

  4. Orientasi pada pelayanan,

  5. Orientasi kepada orang lain,

  6. Kemampuan beradaptasi,

  7. Kemampuan mengendalikan diri,

  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas,

  9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan,

  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan

  11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
Detail pembelajaran dari semua bahan tersebut bisa anda pelajari dalam Paket LKIT.

Panitia seleksi nasional (Panselnas‎) CPNS 2017 menyiapkan sekitar 36 ribuan soal computer assisted test (CAT). Materi ini disusun oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN).

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, saat ini Panselnas sudah menyiapkan sekitar 36 ribuan soal CAT‎. Dimana dari jumlah tersebut terdiri dari sekitar 16 ribuan soal baru dan sekitar 20 ribuan soal lama. Kesemua soal soal tersebut disimpan dalam Bank Soal CAT

"Kalau semua soalnya digabung, kombinasinya bisa banyak.‎ Artinya peserta mendapat soal yang sama kemungkinan kecil akan terjadi," kata Bima seperti asncpns kutip dari JPNN, Senin (5/6).

‎Soal-soal ini, lanjutnya, akan diujikan kepada peserta tes CPNS. Masing-masing peserta pun dipastikan tidak akan mendapatkan soal yang sama.

baca juga: Tes CAT CPNS, 1 soal bernilai kurang dari 54 detik

"Meski‎ duduk berdekatan tidak akan bisa saling contek. Sedangkan tingkat kesulitan, disesuaikan dengan wilayah. Wilayah Jawa pasti lebih tinggi grade-nya dibandingkan timur Indonesia," tandasnya

Grade Kesulitan Soal di Jawa Lebih Sulit

Hal ini disesuaikan dengan kemampuan penyerapan pendidikan di masing-masing daerah berbeda. Di Pulau Jawa, standar pendidikannya lebih tinggi ketimbang di luar Jawa. Wajar saja kalau konsorsium PTN memberikan soal dengan tingkat kesukaran lebih tinggi.

Selain itu tingkat kompetensi dan persaingan di Jawa lebih besar, sehingga persaingan ini akan menghasilkan ASN dengan kualitas bibit unggul.

baca juga: Apresiasi Kemenpan RB terhadap Paket LKIT

Setiap CPNS wajib mengikuti dan lulus tes kompetensi dasar (TKD) maupun tes kompetensi bidang (TKB) sesuai bidang tugas masing-masing jabatan. Ini agar CPNS yang dihasilkan memiliki intelegensia tinggi, memiliki ketrampilan, dan keahlian sesuai tuntutan jabatan.


asncpns

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)