Tanggapan Kementerian PAN RB tentang Paket LKIT

Video of the Day

banner iklan

Sabtu, 19 Mei 2018

Persyaratan Umum dan Khusus CPNS


Persyaratan Umum Khusus CPNS 2018

Tahun 2018 pemerintah akan kembali membuka kran penerimaan CPNS dengan quota yang lebih besar daripada tahun sebelumnya untuk mengisi banyak kursi kekosongan di tiap instansi diakibatkan banyaknya ASN yang memasuki masa pensiun.

Pelaksanaan pendaftaran CPNS itu sendiri akan segera digelar dalam beberapa pekan mendatang dan pengumumannya akan segera dimuat secara resmi di situs sscn.bkn.go.id

Informasi Umum CPNS 2018

Berikut adalah beberapa informasi penting yang perlu diketahui, terkait rencana penerimaan CPNS 2018.
  • Quota Formasi Penerimaan CPNS tahun 2018 adalah diperuntukan untuk pusat dan daerah.
  • Total alokasi penetapan kebutuhan untuk Instansi Pusat dan Daerah sejumlah 238.015 formasi dengan rincian Instansi Pusat sebanyak 51.271 formasi dan Instansi Daerah sebanyak 186.744 formasi
  • Kebutuhan CPNS diprioritaskan untuk jabatan fungsional (tertentu) dan jabatan teknis lain yang mendukung tugas inti (core business) instansi. Khusus untuk pemerintah daerah diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, serta jabatan-jabatan yang mendukung pembangunan infrastruktur. 
  • Jumlah quota formasi penerimaan CPNS daerah lebih besar porsinya dibanding formasi CPNS pusat.
  • Honorer tidak ada pengangkatan langsung, honorer silakan ikut tes.
  • Khusus formasi CPNS daerah, akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang akan dikembangkan di daerah bersangkutan. 
  • Daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50% dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak akan mendapatkan formasi.
  • Tes menggunakan sistem CAT CPNS dan kelulusan berdasarkan passing grade yang ditetapkan
  • Untuk mengikuti seluruh seleksi CPNS, para peserta tes TIDAK DIPUNGUT BIAYA apapun. 

baca juga: Materi pembelajaran seleksi cpns 2018

Sebagai persiapan menjelang dibukanya pendaftaran, asncpns menyarankan kepada calon pelamar untuk:
  • Mempersiapkan persyaratan pelamaran.
  • Mempersiapkan data-data kependudukan yang valid (KTP, Kartu Keluarga). Apabila terdapat ketidaksesuaian atas data-data kependudukan, disarankan agar calon pelamar segera memperbaharui data dimaksud di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.
    Persyaratan Umum CPNS

    Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
    3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI I POLRI, Pegawai BUMN I BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
    4. Tidak berkedudukan sebagai Galon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
    5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
    6. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
    7. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
    8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    9. Bagi Wanita tidak bertato I bekas tato dan tindik I bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria tidak bertato I bekas tato dan tindik / bekas tindik di anggota badan kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
    10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dari Perguruan Tinggi negeri atau swasta dengan Program Studi yang terakreditasi minimal B/Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) pada saat ljazah tersebut dikeluarkan, jika akreditasi tidak tertulis didalam ljazah, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari fakultas (Surat Keterangan Lulus Sementara tidak berlaku).
    11. Pelamar merupakan lulusan Sarjana/S-1 dan Diploma Ill /D-111 dengan lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 2.75 (Dua koma tujuh lima) skala 4,00 (Empat koma nol) yang dibuktikan dengan fotokopi ljazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir sekurang-kurangnya oleh Dekan atau sederajat (wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar/CAT).
    12. Usia Minimal 18 tahun dan Maksimal 35 Tahun.

     Persyaratan Khusus CPNS

    Persyaratan khusus adalah persyaratan tambahan CPNS lainnya yang diberikan oleh masing masing instansi pemerintah sesuai kebutuhan jabatan. Persyaratan khusus antara instansi satu dengan instansi lainnya akan berbeda. Beberapa Persyaratan khusus yang biasa dipersyaratkan kepada pelamar diantaranya adalah:

    • TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450. ( Kementerian PU, Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, Lemsaneg) 
    • Menguasai bahasa lnggris dengan baik (lisan dan tulisan), dan/atau bahasa Perserikatan bangsa-bangsa (PBB) lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan Rusia), dan/atau bahasa asing lainnya (Jepang) (Persyaratan khusus formasi Diplomat Kemenlu)

      Artikel Menarik Lainnya: Tes CAT, 1 Soal bernilai kurang dari 54 detik

        Berkas Kelengkapan

        Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan bagi calon pendaftar CPNS tahun 2018, diantaranya adalah:
        1. Pendaftaran CPNS akan dilakukan secara online di sscn.bkn.go.id
        2. Memiliki email aktif
        3. Sediakan scan pas foto berukuran 2x3, 4x6 berlatar belakang merah dengan format JPEG dan maksimal file ukuran 300KB
        4. Scan ijazah dalam format PDF dengan maksimal file sebesar 300KB
        5. Scan Transkip Nilai dalam format PDF dengan maksimal file ukuran sebesar 300KB
        6. Scan Akte Kelahiran (PDF) max 300KB
        7. Scan KTP (JPEG) max 300KB
        8. Scan bukti akreditasi jurusan (PDF) max 300KB
          Bahan Pembelajaran Resmi CPNS 2018

          Proses Seleksi

          1. Proses seleksi adalah menggunakan sistem CAT CPNS
          2. Tes terdiri dari seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (TKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (TKB)
          3. Materi ujian TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Inteligensia Umum, dan Tes Karateristik Pribadi. Untuk latihan dan referensi bahan pembelajaran terbaik silakan belajar dari Sumber Materi Soal CPNS
          4. TKD diselenggarakan bagi pelamar yang telah mendaftar pada portal nasional sesuai dengan ketentuan tatacara pendaftaran, dan telah mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi.
          5. Pada saat pelaksanaan tes TKD, setiap pelamar wajib menunjukkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku yang digunakan saat registrasi pendaftaran, serta mengisi daftar hadir yang telah dilengkapi dengan pas foto pelamar.
          6. Pelamar hanya dapat melaksanakan TKD pada lokasi dan waktu yang telah ditentukan.
          7. Beberapa Kementerian menerapkan tes tambahan seperti tes kesehatan dan kebugaran dan tes kesamaptaan

          Passing Grade CPNS

          Jumlah soal yang akan diberikan pada tes seleksi CAT CPNS sebanyak 100 butir soal dengan lama waktu pengerjaan 90 menit.

          Mengacu pada peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) no 22/2017, Passing grade CPNS adalah 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

          Passing grade ini tidak berlaku untuk peserta seleksi pada jalur khusus, yakni cumlaude, putra-putri Papua/Papua Barat, serta bagi peserta dari kelompok disabilitas. Untuk ketiga kelompok itu akan menggunakan perangkingan

          Jika anda belum memiliki bahan pembelajaran sebagai persiapan cpns anda, asncpns.com merekomendasikan Paket LKIT 2018 sebagai bahan pembelajaran CPNS terbaik anda. Apa pendapat Kemenpan RB tentang Paket LKIT bisa anda lihat di http://www.paketlkit.com/p/special.html

          Kelulusan Akhir

          Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

          Kelulusan akhir adalah hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yaitu :
          • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan bobot 40%;
          • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan Bobot 60%;


          Ketentuan Lain
          1. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS, maka Kementerian atau instansi yang bersangkutan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikannya sebagai CPNS/PNS, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib karena telah memberikan keterangan palsu.


            update: 19 Mei 2018


            Aparatur Sipil Negara

            Author & Editor

            ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



            265 komentar:

            1. sangat bermanfaat. salam hangat. Andi Alamsyah

              BalasHapus
              Balasan
              1. Semakin sulit persyaratannya, apalagi masalah akreditasi, padahal itu kesalahn pemerintah kok dibebankan sama masyarakat, rata2 tuh perguruan tinggi swasta diluar jawa akreditasinya C, otomatis sangat memberatkan

                Hapus
              2. Semakin sulit persyaratannya, apalagi masalah akreditasi, padahal itu kesalahn pemerintah kok dibebankan sama masyarakat, rata2 tuh perguruan tinggi swasta diluar jawa akreditasinya C, otomatis sangat memberatkan kita semau.

                Hapus
              3. Saran buat panitia penyelenggara CPNS 2014,
                Yang menjadi kendala adalah jika seorang yg ingin mendaftar CPNS berasal dari provinsi yang berbeda maka akan kejauhan sekali datangnya pada saat pendaftaran atau pengambilan kartu peserta. misal seorang yg berasal dari Banda Aceh mengambil tes CPNS di Provinsi Maluku, jika dia harus pergi ke maluku hanya untuk mendaftar atau hanya untuk mengambil kartu peserta lalu kembali ke Banda Aceh maka akan mengeluarkan biaya yg sangat besar apalagi jika yg bersangkutan tidak punya sanak famili atau saudara di tempat tersebut. saran saya jika sistemnya adalah Online mengapa tak di buat seperti proses penerimaan SBMPTN pada masuk perguruan tinggi. kita bisa mendaftar dan ikut CPNS pada tempat yg berbeda dengan tujuannya. saya rasa sistem teknologi informasi sekarang sdah sangat canggih. dan juga untuk kartu peserta mengapa tidak langsung print sendiri saja peserta seperti yg di berlakukan oleh pemprov lampung. mohon tanggapannya pada admin, terima kasih... salam.

                Hapus
              4. Pemerintah mulai tahun 2014 mulai menerapkan CAT CPNS 100%. terima kasih atas masukkan anda

                Hapus
              5. Aslmkm,,,Kepada temen2 sering updte terus informasi dari asncpns,,bermanfaat bagi kita dan termasuk saudara2 kita yang belum PNS,,,terus berjuang ,berdo'a dan bersabar,,,

                Hapus
              6. Semoga teman-teman yang mengikuti test cpns tahun 2015 di beri kemudahan agar lulus. Bagi yang belum rejeki, ayo belajar cari uang passive income. Kalau ada info terbaru dishare terus mas admin.

                Hapus
            2. Akreditasi C ga bisa ikutan CPNS! Apakah berlaku untuk daerah juga?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Ya berlaku untuk daerah juga...

                Hapus
              2. akreditasi hanya lah simbol. bxk ko' yg lebih pintar walau akreditasinya C

                tidak adil !'''''

                Hapus
              3. Indonesia masih menjadi negara berkembang, dan masih banyak lagi daerah yang tertinggal di Indonesia dan hanya memiliki universitas dengan akreditasi C, Jika syarat CPNS akreditasi prodi dan universitas minimal B, Maka Daerah tersebut semakin tertinggal karena putra putri daerah tersebut tidak dapat mendapatkan kelayakan dari pemerintah karena prestasinya untuk mengabdi pada daerahnya.Tinjau ulang. Kalau akreditasi C tidak dapat diandalkan menjadi apa2, larang saja setiap universitas untuk menambah prodi baru, karena tidak ada akreditasi A sebelum B, dan tidak ada akreditasi B sebelum C. Pasti bapak2 lebih bijak dari pada saya. Jadi silahkan ditunjukkan kebijakan bapak untuk KEMAJUAN INDONESIA !

                Hapus
            3. Luar biasa syarat yang diajukan....hemmmmmmmmmm
              mau gimana lagiii

              BalasHapus
            4. Kalau menggunakan surat keterangan lulus bisa gak pak soalnya ijasah sya blum keluar

              BalasHapus
              Balasan
              1. Surat keterangan lulus tidak berlaku, anda harus menggunakan ijazah asli

                Hapus
            5. kl untuk ijasah profesi apa mensyaratkan akreditasi B jg

              BalasHapus
              Balasan
              1. Ya akreditasi tersebut adalah berlaku untuk semua jurusan pendidikan / universitas

                Hapus
            6. Akreditasi C terkadang bukan karena faktor mahasiswa yang kuliah di sana. Terkadang akreditasi itu melihat kondisi ruangan, fasilitas, dll. Padahal Universitas Negri yang akreditasinya belum memenuhi syarat juga bentuk kegagalan pemerintah dalam membenahi infrastruktur pendidikan.

              BalasHapus
            7. saya kemarin ikut kemenkeu...saya berasal dari akreditasi C,, lulus tes CAT, dari puluhan ribu,, yang notabene saingannya dari kampus akreditasi A dan B, menurut saya sistem rekrutmen kemenkeu bagus, karena berdasarkan kemampuan,,bukan asal kampus..

              BalasHapus
            8. apakah tenaga kontrak pada instansi pemerintah kota (Dinas PU) tetap dapat mengikuti pendaftaran CPNS 2014 ?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Bisa, anda bisa mengikuti Jalur PPPK jika anda tidak lulus ujian CPNS Honorer K2 pada 2013 tahun kemarin.
                Disaat anda tidak tertarik aklan jalur PPPK anda juga bisa mengikuti ujian Jalur CPNS dari umum

                Hapus
            9. yah 11 tahun mengabdi engga bisa diangkat jadi PNS karena umur, ya Allah dimanakah saya dapat keadilan kiranya negara ini sudah hilang nurani

              BalasHapus
              Balasan
              1. Insya Allah bapak bisa mengikuti seleksi PPPK tahun ini, kami doakan semoga bapak bisa lulus. Informasi mengenai segala sesuatu hal tentang PPPK bapak bisa baca di link berikut http://www.asncpns.com/2014/06/prosedur-persyaratan-gaji-tunjangan-dan.html

                Hapus
              2. mo nanya, usia sy 37 thn. sebelumnya sejak thn 2001- 2012, sy mengabdi di kementerian keuangan, pada tahun 2005, sy pernah masukkan berkas dan data saya terdaftar di BKN sebagai tenaga honorer administrasi. Namun Sejak tahun 2008 dikementerian keuangan tidak diberlakukannya tenaga honorer tapi sy tetap mengabdi menjadi tenaga outsorching hingga 2012,Apakah saya bisa mendaftar CPNS tahun 2014?

                Hapus
              3. Yang namanya mengabdi seharusnya bukan untuk menuntut di akhir kan pak.. Mungkin bapak punya rezeki dari arah lain, usaha bisnis, atau anak-anak bapak yang akan menjadi pns. Apapun itu, semoga bapak (dan kita semua) mendapat jalan yang terbaik ^_^

                Hapus
            10. Jadi, pendaftarannya di mulai kapan ? kalau untuk pemda jawabarat atau bandung, saya bisa mencari informasi lebih ke mana yah? mohon infonya

              BalasHapus
              Balasan
              1. Pengumuman mulai tanggal 16 Juni di Hotel Sahid Jaya dalam acara Job Fair CPNS. Tetapi anda juga bisa mendapatkan infonya di asncpns.com secara online

                Hapus
            11. tentang akreditasi C,
              akreditasi kampus saya C, tetapi jika saya sudah mempunyai sertifikat profesi(guru) apakah tetap tidak dapat mendaftar?

              miris sekali

              BalasHapus
            12. kalau masa berlaku akreditasi kampus sudah habis, dan sekarang sedang proses gimana ya? kampus saya akreditasi B tp masa berlakunya habis per Januari 2014 kemarin. ada yg tau mungkin? terimakasih :)

              BalasHapus
            13. Akreditasi kampus S1 saya C tpi saya melanjutkn kuliah profesi berasrama untuk mendapatkan sertifikat pendidik (seritifkat PPG : PENDIDIKAN PROFESI GURU) berbeasiswa DIKTI dlm program KEMDIKNAS yaitu melalui program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia SM-3T di Universitas ln dg Akreditasi A, Apakah saya tetap tidak bisa mengikuti tes CPNS pak admin ASN? Mhn di bls,..

              BalasHapus
            14. apakah untuk IPK 2,75 untuk akreditasi A dan IPK 3,00 untuk akreditasi B berlaku juga untuk perguruan tinggi swasta atau bagaimana?mohon infonya ADMIN,,,tq sebelumnya

              BalasHapus
            15. salam,, apakah disertakan surat keterangan akreditasi pada saat pengiriman berkas seperti tahun lalu ?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Waalaikum Salam,
                Ya benar Mba retni

                Hapus
              2. Aparatur sipil Negara, saya dari lulusan D2 Ilmu Perpustakaan, apakah nanti ada formasinya ? trima kasih !

                Hapus
              3. Waduh...surat keterangan yang seperti apa itu?? Klo saya sudah jauh, tidak satu kota dengan tempat saya kuliah dulu bagaimana?? Tolonglah syarat2 yang sifatnya pelengkap jangan sampai mempersulit pelamar.
                Terpentingkan legalisir ijazah+transkrip, KTP, CV. Tetekbengek gak penting seperti SKCK, surat ketengan sehat, pha lg surat keterangan akreditasi..nanti ajalah terakhir sekali di lengkapi...
                Pengalaman saya dari tahun ketahun itu cuman buang2 waktu+biaya...
                Ke kantor p*l*s* dan p*sk*sm*s, emang ada bener2 di cek N periksa?! GAK, ngantri lama+ribet hanya untuk sekedar FORMALITAS+SALAM TEMPEL!!! Gak efektif N efisien...

                Hapus
            16. assalamualikum,, apa untuk IPK 2,75 untuk akreditasi A dan IPK 3,00 untuk akreditasi B berlaku juga untuk di PTS, mohon pencerahannya pak admin?

              BalasHapus
            17. Info yg menarik dan bermanfaat

              BalasHapus
            18. jadi kalau lulusan dari lembaga tapi dapatnya ijazah profesi itu di perbolehkan tidak(atau masuk diploma) terimakaasih

              BalasHapus
            19. peraturan cuma teorinya saja,pada prakteknya melenceng jauh dari aturan yg ada. 7 tahun mengabdi ga ada kepastian yg jelas. Honorer yg bisa menjadi PNS rata2 berasal dari salah satu keluarganya memiliki kedudukan yg tingi. Honorer yg punya kompetensi tp ga punya keluarga yg punya kedudukan tinggi untuk jd PNS itu cuma harapan kosong belaka

              BalasHapus
            20. Mau tanya,
              kalau untuk TOEFL itu untuk beberapa instansi tertentu saja kan?
              atau semua instansi?
              terima kasih

              BalasHapus
              Balasan
              1. hanya beberapa instansi tertentu, dan tidak semuanya

                Hapus
            21. Mdh2an bs sllu berbagi info dan sgl ssuatunya tdak mpersulit. Trims

              BalasHapus
            22. Bagaimana honorer K2 yang ikut seleksi tahun 2013 kemarin? apakah akan diangkat menjadi PNS atau ikut seleksi PPPK tahun 2014 ini? Mohon penjelasannya

              BalasHapus
              Balasan
              1. Honorer K2 yang tidak lulus seleksi CPNS 2013 kemarin bisa anda mengikuti PPPK dan atau mengikuti seleksi dari umum. Berikut adalah rekomendasi kami..silakan baca di alamat link berikut ini http://www.asncpns.com/2014/06/prosedur-persyaratan-gaji-tunjangan-dan.html

                Hapus
            23. apakah tenaga kontrak pada instansi pemerintah kota dapat mengikuti tes seleksi CPNS 2014 umum ??
              terima kasih

              BalasHapus
              Balasan
              1. Bisa selama anda memenuhi semua persyaratan yang ditentukan

                Hapus
              2. maaf tolong di perhatikan bagi yang akreditas C.belum tentu yang akreditas A dan B itu semua nya cerdas.kalo di disamakan kuliahnya sama saja bagi yang s1.tergantung kemampuan mereka.maka dari itu beri kesempatan bagi yang akreditas C ikut tes cpns.percuma kan mereka kuliah dengan susah payah sampai mereka wisuda.untuk mendapatkan toga itu tidaklah mudah harus berjuang dulu selama 4 tahun bagi s1.maka dari itu hargai lah bagi akreditas C.berilah kesempatan untuk berkarir.trims

                Hapus
            24. Selamat siang Admin...

              Mohon penjelasan pada bagian :

              Setelah menyelesaikan pendaftaran secara online, peserta wajib mengirimkan semua berkas persyaratan yang ditentukan ditambah dengan print out asli bukti pendaftaran secara online yang telah ditandatangani oleh pelamar.
              Berkas yang akan dikirimkan disertai juga dengan :
              1. SKCK dari Pihak Kepolisian
              2. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah
              3. Dokumen lain yang ditentukan oleh masing masing instansi

              Sedangkan telah disebutkan bahwa :
              Setelah formasi yang bisa disulkan secara online, pendaftaran CPNS untuk tahun ini dilakukan secara online. Pelamar tidak perlu pergi ke kantor pos untuk mengirimkan data dan dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi administrasi. Perkembangan teknologi semakin canggih dan bisa memberikan manfaat yang besar. Apalagi syarat administrasi tidak serumit tahun-tahun sebelumnya. Tes CPNS 2014 tidak perlu melampirkan Surat Ketenagakerjaan dari Depnaker, Surat Sehat dari dokter atau SKCK dari kepolisian. Semakin mudah saja bukan? Tidak usah mengeluarkan uang untuk membuat surat pendukung seperti diatas, yang menurut sebagian orang hanya menghabiskan tenaga, waktu dan uang dan belum tentu bisa lulus tes CPNS. - See more at: http://www.asncpns.com/2014/06/pengaadaan-cpns-2014-dipermudah.html#.U5flWju7b2s

              Tatacara pada dua informasi tersebut berbeda. Jadi manakah yang benar? Perlu atau tidakkah pelamar mengurus SKCK, Surat Sehat dan Keterangan dari Depnaker sebelum dinyatakan lulus tes cpns?

              Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

              BalasHapus
              Balasan
              1. Menurut hemat kami, persyaratan tersebut disediakan saja - dan andaipun tidak terpakai saat persyaratan - hal hal tersebut tetap akan diminta pada saat pemberkasan CPNS saat anda dinyatakan lulus CPNS

                Hapus
              2. mohon maaf ADMIN, tp kita butuh kejelasan pada saat pendaftaran di butuhkan gak? kl pasti dibutuhkan kita mau ngurus pembuatannya,,tp kl engga, nanti aja kita urus pas udh ketauan lulus CPNS..sebelumnya terima kasih atas jawabnnya..

                Hapus
              3. Setuju sekali... BUTUH KEPASTIAN, jangan sampai mubazir dan sia-sia...
                Tahun lalu saya sampai mengorbankan hal yang besar (kerjaan&waktu) untuk hal yang sepele tersebut...

                Hapus
              4. Saya termasuk peserta pendaftar online CPNS dari pelamar UMUM tahun 2008,, #pengalamanku sih yaaa >> sebaiknya semua persyaratan dipenuhi saja, karena biarpun online, nanti ada pemberkasan langsung, baik itu ijazah SD-S1 wajib dibawa aslinya + dokumen pendukung (ASLI), pas lulus CPNS. Karena waktu yg mepet, dan banyaknya tes-tes yang harus diikuti (jeda tiap tes seminggu saja bahkan kurang, pengumuman juga via online, tiap lulus tes disuruh bawa ini itu esok harinya, waktu bener" mepet, gak ada waktu lagi untuk ngurus berkas yg lama waktunya spt SKCK, KARTU KUNING, dll. krn kan persiapan belajar juga, xixixii), jadi sediakan saja sblm melamar. Rugi itu biasa, anggap saja pengorbanan,, saya 2 tahun berturut2 gagal, tapi terus mencoba dan akhirnya berhasil.. Alhamdulillah saya sdh lulus PNS.

                Hapus
            25. Assaalamu Alaikum wr.wb
              Mau nanya apakah tes Umum CPNS Pusat bersamaan dengan tes PPPK bersamaan?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Waalaikum salam, ujian PPPK dan CPNS Jalur Umum waktunya akan berbeda. kemungkinan besar PPPK akan ujian lebih dahulu seperti pada tahun sebelumnya

                Hapus
            26. askum !
              sy honor dipemda sejak thn 1994-1998 ada sk bupati
              Honor diktr kejakssan negeri sjk 1999-skrg
              apakh untk ikut cpns 2014 sy dn temn2 lain yg honor dikejaksaan dan sdh umur 45 lbih tdk ada kbjakan khusus dr pemerintah mengingat pengabdian kami yg sdh lama.
              trimksih mohn jawabnx

              BalasHapus
              Balasan
              1. Waalaikum salam,
                Kami ikut prihatin atas apa yang terjadi pada diri anda, akan tetapi sejak UU ASN diberlakukan, honorer sudah tidak ada lagi. Anda bisa mengikuti tes PPPK tahun ini

                Hapus
            27. ass...
              saya mau tanya, mslah akreditasi kampus, itu jurusan atau kampus yang minimal B?
              kayaknya sangat memberatkan bgi calon pelamar, msalahnya bnyak akreditasinya C,

              BalasHapus
            28. Assallamuallaikum..apakah syarat IPK 2.75 dr tahun ke tahun syarat mutlak aspek kognitif dan intelegensia. saya S1 dr universitas swasta , akreditasi A, IPK 2.66. pngalaman kerja karyawan kontrak 7 Tahun,gonta ganti PT, tak kunjung diangkat. saya siap dites bareng2 dgn kandidat yg IPK diatas saya. ibarat saya gugur sblm berjuang dgn seleksi admin IPK tsb. syarat klasik SKCK (saya tdk pernah dihukum sama sekali,terlibat kriminal,keluar uang lg dr RT,RW,Kelurahan dan k POLSEK. dgn blm tentu lulus,kartu kuning ,padahal saya mmg pengangguran,hbs kontrak kerja saya,keluar uang lagi,surat sehat dr dokter,kluar uang lagi.kalau di swasta, ada MCU.tes kesehatan dlm proses penerimaan,ditanggung prshn .dan ditahap akhir)mhn kiranya harapan saya bisa ikut tes. mgkn saya via jalur pendidikan SMA,Walaupun saya lulusan S1,IPK 2.66,Kampus swasta akreditasi A.pngalaman kary.kontrak 7 tahun. mhn maaf atas curhat nya. terimakasih

              BalasHapus
            29. Min, mau tanya kalo TOEFL dari ITB boleh ga min?

              BalasHapus
            30. Assalamualaikum, Salam Hormat pa ADMIN,
              Saya mau menanyakan kejelasan aja :
              1. Maksudnya Ijasah & Transkrip nilai yang dilegalisir itu , adalah ijasah asli dan transkrip nilai asli yang dilegalisir kan ?, atau ijasah asli dan transkrip nilai asli yang di fotocopy trs fotocopiannya di legalisir? trs ntar yang dikirimkan didalam berkas, ijasah asli ama transkrip nilai asli nya, atw fotocopiannya yang udh dilegalisir?
              soalnya fotocopian ijasah asli dan transkrip nilai asli yang dilegalisir dr kampus udh abis stocknya,,mau ngelegalisir fotocopiannya jauh kampusnya, sy udh balik dikampung halaman alias beda pulau.

              2. Pernah di halaman postingan ADMIN sebelumnya kl daftar CPNS 2014 skr dipermudah, jd gak perlu ribet sertakan SKCK dari Pihak Kepolisian,Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah,Dokumen lain yang ditentukan oleh masing masing instansi, tp kl udh pasti lulus baru suruh menyertakan,
              nah yang ingin saya tanyakan kepastian kl skr daftar gak perlu pake skck dll itu bener gak? kl bnr sy gak akan urus skr, tp kl dibuthkan skr, ya sy mau urus2 skr, tp kl nanti dibutuhkannya pas lulus, sy mau urus stlh ujian CPNS aja, gtu,,

              terima kasih banyak sebelumnya atas respon dan jawabnnya pa ADMIN.
              Wassalamualaikum.

              BalasHapus
            31. Mengabdi sudah 5 tahun, mau ikut tes CPNS 2014 terkendala Akreditasi B, IPK cuma 2,90

              BalasHapus
            32. untuk akreditasi jurusan pada saat lulus atau yang terbaru?

              BalasHapus
              Balasan
              1. "untuk akreditasi jurusan pada saat lulus atau yang terbaru?"
                Tlg dijawab donk admin.. thx

                Hapus
            33. Dear Admin,,,,,
              Ini syarat sudah mutlak kah ??
              soalnya banyak lulusan dari PTS dan PTN yang berakreditasi B di bawah IPK
              dan Juga Banyak Lulusan yang IPK memenuhi syarat tetapi akreditasi Tidak,,,
              bagaimana menurut Kemenpan-RB ??

              BalasHapus
            34. selamat berbahagia bagi anda yang terakreditasi A & B saingan anda sangat kurang, akreditasi C sudah eliminasi apalagi yang tanpa akrteditasi....kasian kami2 ini....

              BalasHapus
              Balasan
              1. sama aja apalah artinya seperti saya ini, walaupun akreditasi B dari PTN negri dan ada sertifikat banppt IPK hanya 2,31 tetap saja tidak bisa mendaftar cpns ,,

                Hapus
            35. tentang akreditasi:
              knapa kami yang menanggungnya???
              Kami udh susah payah menempuh pendidikan, dengan biaya yg tertatih2 demi gelar sarjana. Ternyata hanya bisa 'gigit jari' .. hanya karena Akreditasi.
              Ijazah n Transkripnya dijadiin bungkus Kacang Goreng adzaaa, atau d taroh d plafon buat nakutin TIKUS!

              BalasHapus
            36. Maaf sebelumnya.. Jika saya baru lulus SMA umur 17 tahun, dan baru berumur 18 tahun di 2015 apakah saya masih bisa mendaftar PNS? KTP saya juga sedang dalam proses dan baru selesai bulan Oktober 2014..
              Mohon penjelasannya segera.. Terima Kasih

              BalasHapus
            37. Siang Admin, saya mau bertanya:
              1. Apakah saya boleh melamar untuk PPPK dan CPNS di tahun yang sama?
              2. Apakah syarat lamaran PPPK dan CPNS sama?
              3. Baik PPPK maupun CPNS, apakah saya bisa melamar lebih dari 1 jabatan dan lebih dari 1 instansi? Berapa maksimal?
              4. Jika saya diterima PPPK, apakah saya bisa melamar CPNS di tahun berikutnya?
              5. Kapan pengumuman formasi PPPK dan CPNS 2014 keluar untuk pemerintahan daerah?

              Terimakasih

              BalasHapus
            38. saya tidak setuju cuma akreditasi A B yang diperbolehkn ikut cpns,bagaimana dengan kampus lain banyak akreditasi C sampe selamanya pun nggak bisa ikut cpns gara-gara yang diminta kampus yang akreditasi A B saja.
              mohon dipertimbangkan.
              trimakasih

              BalasHapus
            39. Terima kasih. Info nya sangat membantu. Dikatan 1 orang dapat memilih 3 jabatan sekaligus sesuai dg pendidikan nya? Maksdnya gimana? Apa berlaku jg untuk d3 keperawatan? Saya dari poltkkes.terima kasih

              BalasHapus
            40. Untuk penerimaan CPNS di Pemprov DKI Jakarta pendaftarannya akhir Juni juga ya? Terima kasih

              BalasHapus
            41. assalamualaikum..
              apakah ada kesempatan mengikut seleksi cpns pada tahun 2016/ 2017? soalnya ijazah saya masih belum keluar dan saya hendak mengikuti sm3t terlebih dahulu. bagaimana kebutuhan guru sampai dengan tahun 2017? terima kasih seblumnya

              BalasHapus
            42. Selamat siang , , ,
              saya masih kuliah di univ swasta di medan dan saya mau bertanya??
              saya mau menayakan . . .
              formasi CPNS 2014 yang menerima lulusan sma instansi pemerintahan untuk daerah kota binjai dibagian apa ya??
              dan formasi cpns pusat untuk lulusan sma apakah ada ,,,

              BalasHapus
            43. saya mau tanya, kalau saya dari jawa tapi mau mendaftar kekalimantan, katanya sekarang harus menggunakan ktp asli kalimantan ya. apa dari ktp asal mencoba ke luar jawa bisa. mohon infonya....

              BalasHapus
            44. malam,
              saya berkuliah di Univ. swasta semester akhir (garap skripsi) di kota Purwokerto, hanya ingin menanyakan 2 pertanyaan dibawah ini mohon jawabanya :
              1. Status akreditasi Univ. saya hanya terkareditasi sedangkan prodi saya berakreditasi B apakah masih bisa mengikuti tes CPNS? (memenuhi persyaratan pendaftaran CPNS).
              2. Ada teman saya lulus dengan akreditasi prodi C sedangkan sekarang sudah B apakah masih bisa mengikuti tes CPNS?

              saya sangat berterimakasih bila admin mau menjawab pertanyaan saya diatas, tks.
              Wassalam.

              BalasHapus
            45. Mohon pak admin memberikan solusi dan masukan nya untuk saya ..
              kampus saya akreditasi nya B dan dari PTN negri Lampung dan ada sertifikat banppt IPK hanya 2,31 apa benar tidak bisa mendaftar cpns ,,

              BalasHapus
            46. Min,saya mau tanya nih...apa betul untuk masyarakat yg hanya lulusan dengan ijazah SMA(terutama ijazah Kejar Paket C).apa bisa mengikuti pendaftaran CPNS ini???lalu formasi nya bagaimana??

              Untuk informasi nya terima kasih dan harap ada balasan nya,karena informasi ny sangat berharga.

              Terima kasih

              BalasHapus
            47. saya mau tanya, apabila jabatan dengan kualifikasi yg tercantum d instansi yaitu D3. bisa tidak saya lulusan S1 untuk melamar pada jabatan tersebut?

              BalasHapus
            48. Persyaratannya sudah mantap, semoga lebih ditingkatkan lagi menuju Aparatur Sipil Negara yang lebih baik, bebas KKN dan lebih transparan menuju Indonesia yang lebih baik dan bermartabat

              BalasHapus
            49. mohon penjelasan lebih lanjut untuk persyaratan akreditasi prodi, apakah ini berlaku untuk semua perguruan tinggi/universitas
              saya lulusan dari PTN dengan akreditasi C
              yang saya baca di http://sscn.bkn.go.id/sscn2014/petunjuk.html saat kita mengisi formulir untuk lulusan PTN pada kolom akreditasi dapat diisi hanya dengan tanda (-)
              mohon penjelasannya
              terimakasih...

              BalasHapus
            50. Assalamualaikum.
              Maaf mau bertanya.

              Artikel diatas menyebutkan bahwa;
              "Setelah menyelesaikan pendaftaran secara online, peserta wajib mengirimkan semua berkas persyaratan yang ditentukan ditambah dengan print out asli bukti pendaftaran secara online yang telah ditandatangani oleh pelamar."

              Itu dikirimkan kemana ya? Mohon jawabannya karena saya baru tahun ini mencoba mengikuti tes CPNS.
              Terimakasih.

              BalasHapus
            51. apa semua instansi memiliki persyaratan harus membuat surat lamaran pada cpnsd tahun ini (2014) ?/

              BalasHapus
            52. Bagaimana cara mendapatkan lampiran surat keterangan akreditas tersebut ? apakah lewat kampus atau apakah bisa mendapatkannya lewat online ?

              BalasHapus
            53. maaf mau tanya...untuk lokasi test yg dibagi per regional itu brdasarkan domisili atau kabupaten yg dilamar?

              BalasHapus
            54. Min untuk syarat toefl, apa bisa hanya toefl prediction tes?atau hrs itp? Kan itp biayanya mahal

              BalasHapus
            55. saya lulusan SMA pak, apakah bisa?
              dan adakah website resmi atau pengumuman dari pemerintah yang menyatakan bahwa lulusan SMA dapat ikut partisipasi dalam CPNS?

              BalasHapus
            56. pak bagaimana cara mendapat surat keterangan akreditasi PT apak bisa dari kampusnya atau pergi urus sendiri ke BAN PT atau PPSDM. mohon balas diemail saya atau disini pak trims. herisusanto7@gmail.com

              BalasHapus
            57. pak, apakah bukan putra daerah bisa daftar dimana saja tanpa terkendala KTP?

              BalasHapus
            58. Untuk akreditas C nonton aja, jangan coba2 melamar,hmmm
              sengsara

              BalasHapus
            59. bukannya 2015 itu moratorium pak ?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Kebijakan Moratorium CPNS yang didengungkan pemerintah menjadi 'mispersepsi' di kalangan masyarakat, mereka menganggap bahwa kebijakan moratorium diartikan sebagai kebijakan http://www.asncpns.com/2015/04/moratorium-bukan-berarti-menghentikan.html

                Hapus
            60. Assalamuallaiku. Mau bertanya, apakah bidang yang dibuka pembukaan hanya kesehatan dan guru saja? bagaimana dengan bidang yang lain, apakah masih dibuka? terimakasih

              BalasHapus
              Balasan
              1. Waalaikum Salam,

                Dibuka juga untuk formasi tenaga tertentu, untuk mengetahui detail formasi tenaga tertentu silakan lihat di link berikut http://www.asncpns.com/2015/03/mengenal-formasi-cpns-tenaga-fungsional.html

                Hapus
            61. yang dimaksudkan Akreditasi itu kakreditasi ketika lulus atau yang terbaru?

              BalasHapus
            62. akreditasi harus B nyatax yang akreditasi C msi msi menerima setiap tahun mencetak wisudawan,,, sedang pemerintah mau harus B apakah ini tdk membenani masyarakt,,, dan penganguran karena akreditasi C akan menjadi 1 negara,,,,

              BalasHapus
            63. Bagaimana nasib kampus berakreditasi C spti kami? Adakah solusi lain?

              BalasHapus
            64. tgl 1 agustus umur sudah 36 ,apakah bisa ikut tes cpns?

              BalasHapus
            65. Salam.
              Saya guru honorer yang mulai mengajar pada tahun 2003, saya lahir pada tanggal 7 Desember 1980, saya semula mengajar di SD Negeri, tp karna berbagai faktor dan kebutuhan saya pun berpindah mengajar ke SD Swasta mulai tahun 2009 dan belum pernah putus mengajar. Sekarang saya sudah mengajar kurang lebih 12 tahun (2003-2015), karena saya sekarang mengajar di sekolah Swasta, maka sudah jelas saya tidak masuk ke dalam K2, yang ingin saya tanyakan :
              1. Mengapa K2 hanya diperuntukkan bagi mereka yg mengajar di sekolah Negeri saja (SD Negeri), dan tidak berlaku bagi mereka yg mengajar di sekolah Swasta?
              2. Saya sangat menyayangkan bagi yg tidak masuk K2 karna pindah tempat mengajar dari semula di sekolah Negeri sekarang menjadi di sekolah Swasta (seperti saya sendiri atau mungkin banyak yg bernasib sama seperti saya), sementara yg sudah terlanjur mengajarnya di Swasta berarti masuk pendaftaran CPNS nya masuk ke dalam kategori Umum, dan di kategori Umum tersebut batas maksimum usianya adalah 35 tahun per 1 Desember 2015 (pas banget tahun lahir saya sendiri, dan saya sudah tidak memiliki kesempatan lagi daftar CPNS tahun berikutnya apabila seandainya daftar tes CPNS tahun 2015 sekarang ini saya gagal lagi, karena tahun berikutnya saya sudah memasuki usia 36 tahun), sementara di K2 batas usia maksimumnya sampai 46 tahun per 1 Januari 2016, jadi sangat jauh berbeda syarat usia di jalur Umum dan jalur K2 tersebut, kenapa ini bisa berbeda?

              Mohon untuk dimengerti, dipahami, dan ditanggapi...
              Trims.

              BalasHapus
              Balasan
              1. Salah satu syarat mengikuti CPNS Honorer K2 adalah Tenaga Honorer K2 yang dibiayai bukan dari APBN atau APBD, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan bekerja di INSTANSI PEMERINTAH, masa kerja paling sedikit satu tahun pada tanggal 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus.

                Menurut hemat kami, andaikan anda bisa bersabar ketika itu dan tidak berpindah.

                Hapus
            66. Semakin semangat nih kuliahnya. Syukron infonya sangat membangun ^^

              BalasHapus
            67. yang tidak masuk k2 apakah dapat kesempatan padahal umur sudah lebih 35 tahun

              BalasHapus
            68. Selamat Sore.. terima kasih atas informasinya...
              saya mau menanyakan CPNS di kaltim dan kaltara apakah ada formasinya?
              Terima Kasih

              BalasHapus
            69. kasih keringanan dong IPK 2.50 bisa ikutan dengan syarat pengalaman kerja 3 tahun.

              BalasHapus
            70. Usia maksimal adalah 35 tahun bagaimana dengan yang sudah K2, seperti saya usianya sudah lewat, Terima kasih atas jawabannya

              BalasHapus
            71. Untuk informasi ini apakah juga termasuk kementerian esdm ?
              Apakah honorer yg ada di kementerian esdm juga bisa ikut dalam seleksi ini?
              Mohon infonya. Thanks

              BalasHapus
              Balasan
              1. Untuk syarat honorer silkan baca link berikut http://www.asncpns.com/2015/04/persyaratan-cpns-honorer-k2.html

                Hapus
            72. maaf miinn tanya agak banyak...
              1. kapan pendaftarannya d buka ? (ingin tau tanggal pastinya)
              2. apakah pada setiap website kementrian akan mengumumkan formasi yang dibutuhkan ?
              3. jika ijasah belum keluar, apakah bisa menggunakan SKL ?

              BalasHapus
            73. Penerimaan seperti disebutkan diatas direncanakan bulan Agustus, u/ tanggal kepastian keep update saja untuk mengikuti beritanya. Tentu saja pada setiap website akan mengumumkan formasi yang dibutuhkan.
              SKL tidak berlaku

              BalasHapus
            74. formasinya apa aja gan....untuk sidoarjo dan sby

              BalasHapus
              Balasan
              1. Formasinya segera ditetapkan, ditunggu saja beritanya

                Hapus
            75. mlam pak.
              Saya Purma, saya baru lulus S1 maret 2015 lalu jurusan pdd bhs Inggris. Saya sangat ingin jadi pns, tapi sya belum pernah honor sebelumnya, apa bisa saya ikut dan persyaratan golongan yang mana yg harus saya ikuti, mhon diiformasikan pak.. dan agustus baru mulai daftar atau bagaimana pak? trims.

              BalasHapus
            76. salam pak...
              apa kami sebagai lulusan SMK/STM bisa mndaftr sbgai cpns...
              apa lowongan ini di buka hanya di pusat atau di tiap2 daerah/provinsi ??

              trima kasih

              BalasHapus
              Balasan
              1. Saat ini beberapa daerah masih mengakomodir tenaga CPNS dari SMA sederajat. ditunggu saja kabarnya

                Hapus
            77. Aslmulkum...sya mau tanya.kebetulan saya baru lulus s1 tenaga pendidikan dan masih belum ngajar/honorer. Yg sya bngungkn apakh untuk tes CPNS yg akan datang sya bisa juga daftar...???terimakasih sebelumnya

              BalasHapus
              Balasan
              1. Kenapa harus bingung, tentu saja anda bisa daftar dari jalur umum mas erfan

                Hapus
            78. Assalammualikum..........saya sdh 10 thn mengabdi di pemerintahandan gk pernah putus tp gk terdaftar di database BKN krna msuk di April 2005,,,jdi waktu pendataan kurang dri 1 thn pengabdian,,,,apakah di 2015 ms ada kesempatan buat saya,,mks....???.Wassalammualaikum

              BalasHapus
            79. apakah lulusan dari jurusan dgn akreditasi C tidak bisa ikut tes CPNS utk keseluruhan formasi ? saya ingin ikut utk kementerian keuangan (dirjen pajak), tidak bisa kah ?

              BalasHapus
            80. Jika sudah dinyatakan lulus, namun tidak mengambil nya. Apakah dikenakan denda ?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Ya dikenakan denda. Besarannya tergantung surat pernyataan yang akan anda tanda tangani di instansi tempat anda mendaftar

                Hapus
            81. untuk pelamar umum adakah kuota untuk ijazah SMA, SMK, MA/Sederajat min ??

              BalasHapus
            82. apakah lulusan dari jurusan dgn akreditasi C tidak bisa ikut tes CPNS utk keseluruhan formasi ? saya ingin ikut utk kementerian keuangan (dirjen pajak), tidak bisa kah ? tlg dibalas

              BalasHapus
            83. saya lahir 05/09/1980. Masih bisa ikut nggak?

              BalasHapus
            84. Apakah kalau ingin melamar di kementerian / lembaga pusat tes dan interview nya harus di jakarta? boleh di daerah (Padang) tidak?

              BalasHapus
            85. Assalamualaikum.apakah untuk formasi guru SD akreditasi minimal B dan IPK minimal 3.00 Berlaku untuk semua daerah?mengingat tes cpns 2014 ada daerah yg meminta syarat miNimal 3.00 Tetapi ada yg tidak?sebetulnya berapa standar minimal IPK mengikuti tes cpns di seluruh Indonesia.

              BalasHapus
            86. lulusan sma apakah ada kesempatan ntuk ikut tes cpns??

              BalasHapus
            87. Yaaah lagi-lagi akreditasi jadi kendala nya :(
              Apa ga ada kebijakan lain ya buat kami-kami ini :(

              BalasHapus
            88. Jadi kapan dibuka pendaftaran CPNSnya pak mohon infonya

              BalasHapus
            89. Kalau ijazah S1ny akreditasi C, sedangkan ijazah profesi akreditasiny B, ap bsa utk dftr cpns?

              BalasHapus
            90. assalamualaikum admin, untuk wilayah pekanbaru, riau kapan waktunyaaaa ??
              mohon balasannya. wassalam

              BalasHapus
            91. Assalamualaikum admin, mohon pencerahannya, apakah semua instansi syarat khususnya harus S1 ??
              apakah tidak bisa menggunakan ijazah SMA, misal masih dalam proses skripsi masih bisa berpartisipasi ??
              mohon pencerahannya terimakasih,,

              BalasHapus
            92. Ass..
              mash bingung admin.
              kalau agreditasi S1ny B..sedngkn profesiny agreditasiny C.
              ap bisa ikut seleksi CPNS.
              Mohon di jawab ya admin.
              Trimakasih

              BalasHapus
            93. Bagima kalo toefl saya keluaran dri kampuz saya sendiri yg terakreditas B, apakh itu berlaku????

              BalasHapus
            94. kalau tahap wawancara ada po? buat cpbs tahun ini

              BalasHapus
            95. mksh infony. sangat bermanfaat

              BalasHapus
            96. Ass,, untuk syarat toefl sekian tuh, berlaku untuk instansi mana saja ya.? Apakah berlaku untuk tenaga keguruan juga.? Mksh mhn penjelasannya

              BalasHapus
            97. dear bapak/ibu panitia pengadaan cpns,
              saya mau mengkonfirmasi perihal perbedaaan isian kolom status yang terdapat di KTP dengan data registrasi online, dengan catatan masa berlaku KTP elektronik saya masih sangat panjang.
              pertanyaannya adalah apakah mempengaruhi ketidaklulusan verifikasi awal atau pada tahap administrasi dengan perbedaan tersebut. hal ini dikarenakan saya sudah menikah selama beberapa bulan, namun terdapat perbedaan antara kolom isian status di data registrasi online dengan kolom isian yang terdapat di dalam KTP?
              hal ini juga penting, mengingat di tahun 2014, saya mencoba daftar di salah satu instansi kementerian dan saya dinyatakan tidak lolos pada tahap verifikasi administrasi. dugaan saya dimana pada data registrasi online di kolom status saya centang sudah menikah, sedangkan di KTP tertulis belum menikah / belum kawin.

              mohon penjelasannya, terimakasih banyak

              BalasHapus
            98. Assalamualaikum...

              Apa calon cpns tuh harus lulusan universitas tp kalau cuma lulusan smkf apa bisa

              BalasHapus
            99. hore ..akhirnya ada lagi.............semoga ak bisa.................lulus

              BalasHapus
            100. selain ke polisi, kemana harus melapor jika ada oknum yg menawarkan kelulusan dg syarat tertentu kepada calon peserta?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Silakan anda baca di artikel berikut untuk tatacara laporan kecurangan CPNS, sehingga laporan anda bisa langsung ditanggapi http://www.asncpns.com/2015/04/menpan-pastikan-tes-cpns-bersih.html

                Hapus
            101. ass.sy mau tanya,sy sudah 10 tahun honor sebagai tenaga pendidik.dan ijizah terakhir sy adalah s1 PGSD. mohon info bagaimana agar saya bisa masuk honor K2 dan bisa mengikuti tes pns yg untuk jalur honor.trims

              BalasHapus
            102. Assalamualaikum,
              Pak, saya mau ikut jalur umum. untuk syaratnya yang harus disiapkan mulai sekarang apa saja?
              sebab yang ada di keterangan cuma jalur K2 saja. Mohon penjelasannya.
              terima kasih

              BalasHapus
            103. ass,,, klw untuk ijasah SMU bisa gak y ?

              BalasHapus
            104. Balasan
              1. Beberapa instansi masih membuka formasi tuk SMA

                Hapus
              2. Oh.... baik terima kasih atas informasinya bapak/ibu admin. :)

                Hapus
            105. mohon penjelasannya kepada admin..
              sy baru lulus tahun kemarin D-III di PTS Bina Sarana Informatika (BSI) tepatnya, dg Ip 2.95 apakah bisa mengikuti test cpns tahun ini? kalo bisa sy akan ikut test di kampung halaman sy di daerah bengkulu.
              yg ke 2 yg sy ingin tnyakan adalah utk syarat2 yg lainnya disna kan harus ada skck dan kartu kuning, saat sy membuat ktp sy membuat ktp di daerah jawa barat (bogor), sedangkan saat ini sy berda di kampung halaman sy yg berada di daerah bemgkulu, apakah utk mengurus skck n kartu kuning tersebut harus sesuai dg ktp apa dg domisili sy saat ini?
              jk harus sesuai ktp itu akan mengeluarkan biaya yg lumayan besar utk kmbali ke bogor lagi.
              tolong balasannya biar ada penjelasannya, thank's

              BalasHapus
              Balasan
              1. Anda mengurus semua dokumen dimanapun di wilayah Indonesia adalah tidak masalah, yang penting tanggalnya masih berlaku sesuai yang tertera.
                Anda juga bisa mengikuti CPNS di daerah manapun yang dinilai anda sukai tanpa memandang asal KTP anda dari wilayah mana.

                Hapus
            106. Assalamualaikum
              Maaf pak mau tanyak apa cpns hanya untuk yg bekuliah?
              Kalau SMK gag bisa ya?
              Mohon jawabannya pak terimakasih

              BalasHapus
              Balasan
              1. Bisa, silakan anda lamar sesuai jalur pendidikan anda. SMK masih ada pembukaan formasi

                Hapus
            107. klau honor dari tahun 2009 masuk kemana ya admin

              BalasHapus
            108. Salam. .
              Mw tanya untk jmlah formsi dr msing2 kmentrian apakah akan dpubliksikn dsni atw d msg2 kmentran. .dmana sya hrus melht info a

              BalasHapus
              Balasan
              1. Dipublikasikan di tiap2 Website Kementerian, website Panselnas dan website asncpns.com

                Hapus
            109. Pak untuk mengukuti cpns tahun ini kalo IPnya masih di bawh 3.00 dan dari PTSwata Masih dibolehkan ikut tidak dan saya juga masih kuliah semester 8 mohon pnjelasannya. Trims

              BalasHapus
              Balasan
              1. Disaat daftar maka seseorang harus sudah lulus pendidikan terlebih dahulu, karena salah satu syaratnya adalah ijazah. Surat Keterangan Lulus Tidak Berlaku

                Hapus
            110. maaf saya mau tanya saya dr lulusan s1 teknik industri, yang saya tanyakan apakah saya cuma bisa mendaftar di instansi kementeian perindustrian aja? apaka bisa instansiu yang lain?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Selama ada formasi yang tersedia di suatu instansi dari jalur pendidikan anda, anda bisa melamar

                Hapus
            111. maaf pak mohon pencerahan...saya sudah 8 tahun mengabdi di pemerintahan pusat dengan gaji dibiayai oleh APBN tapi saya tidak terdaftar di database BKN...bisa gak pak saya ikut jalur khusus ? terima kasih pak..

              BalasHapus
              Balasan
              1. Jika umur masih memungkinkan silakan anda daftar cpns dari jalur umum. Atau jika tidak, anda mungklin bisa menunggu rekrutmen PPPK

                Hapus
            112. bagaimana dengan lulusan SMA / SMK.. bisa mengikuti test cpns 2015?

              BalasHapus
              Balasan
              1. Disaat formasinya tersedia, anda bisa melamar

                Hapus
            113. Saya dari salah satu Alumni Universitas Teknik yg berdiri belum cukup lama, dan Akreditas nya masih C, saya fikir jika pemerintah mempersoalkan mengenai Akreditas, itu tidak cukup adil menurut saya, semua sarjana saya fikir berhak mendapatkan kesempatan yg sama, tanpa membeda-bedakan latar belakang mereka, Prioritas tak bisa menjamin Kualitas.

              BalasHapus
            114. assalammualaikum pak/bu admin, saya mau bertanya..
              jika di sana tertulis formasi posisi yang dibutuhkan adalah d-3 sedangkan saya lulusan s-1+profesi dari jurusan yang sama (keperawatan), apakah jika lulus nanti jabatannya berada di d-3 atau di s-1+profesi ya pak/bu?
              terima kasih sebelumnya :)

              BalasHapus
              Balasan
              1. Waalaikum salam,
                maka jabatannya adalah sesuai yang dibutuhkan d-3

                Hapus
            115. assalamualaikum... pa/bu admin saya udah coba buka Situs resmi pendaftaran online CPNS di Regpanselnas.menpan.go.id wat daftar CPNS online tapi kok ga keluar bentuk fornulir pendaftarannya, saya udah coba klik ini dan itu tapi ga keluar juga itu fornulir, saya jadi merasa dipermainkan, bener ga sih infonya, mohon tanggapannya

              BalasHapus
            116. Assalamualaikum wr.wb
              saya ingin bertanya, apakah syarat kemampuan berbahasa inggris diperbolehkan menggunakan tes selain toefl?
              terimakasih

              BalasHapus
            117. Aslmkm. Admin saya mau nanya. apakah NIK yg telh mendaftar pada cpns 2014 kmrn mash bisa untuk mendaftar di cpns 2015.?

              BalasHapus
            118. Assalamu'alaikum. mohon maf saya mau bertanya saya mahasiswa s1 semester akhir di sebuah PTN. Sekarang saya masih penelitian dan saya belum memiliki transkrip nilai maupun ijasah. Apakah saya bisa mengikuti tes CPNS? Terima kasih

              BalasHapus
            119. Untuk daftar PNS apakah ada syarat minimal IPK ?

              BalasHapus
            120. kalau buat tamatan SMA ada gak CPNSnya

              BalasHapus
            121. Salam,, Admin, saya baru lulus S1 Juni 2015 ini, dan nilai Toefl PTN untuk persyaratan lulus hanya 400 dan kebetulan nilai Toefl saya 430 dari lembaga toefl PTN tersebut. Apakah Nilai toefl saya yang 430 masih bisa digunakan? apakah harus test lagi? terima kasih.

              BalasHapus
            122. Aslkm.wr.wb
              Admin, mohon infonya..
              bgmn cara mengurus akreditas universitas?
              terima kasih

              BalasHapus
              Balasan
              1. donlod di link http://ban-pt.kemdiknas.go.id/hasil-pencarian.php trus di print, dah gitu ajah

                Hapus
            123. Salam Admin..
              Saya mendapat nilai Toefl 400 sesuai dengan persyaratan dari lembaga toefl di PTN saya kuliah dengan lulus minimal 400. Apakah nilai Toefl 400 bisa digunakan ? atau saya harus ikut lagi dengan kriteria 450 ?
              Apakah semua formasi diminta nilai Toefl ? Mhon penjelasan Admin..
              Terima Kasih.

              BalasHapus
            124. Salam,,
              Admin, saya lulusan D4 dari PTS dengan akreditasi B. Apakah saya dapat masuk di formasi S1 atau down grade ke D3 khususnya di kementerian keuangan?
              Namun berdasarkan keterangan dari alumni sebelumnya di lapangan bahwa sebagai lulusan D4 tidak dapat masuk di formasi S1.
              Padahal sudah jelas berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan Nasional No.498/E/T/2011 perihal kualifikasi D4 sama dengan S1 menjelaskan bahwa program diploma 4 sama dengan sarjana strata 1yang mempunyai kredit muatan sama sebanyak 144 sks dan ditempuh dalam waktu 4 tahun. Dan berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan Nasional No.505/E/T/2011 bahwa ketentuan tersebut ditujukan ke seluruh kementerian (termasuk Kementerian Keuangan) dan instansi yang ada di Indonesia. Lalu dimana letak kesalahannya sehingga lulusan D4 tidak dapat masuk diformasi S1?
              Atau adakah peraturan atau ketentuan baru yang mengatur mengenai hal tersebut?
              Mohon admin klarifikasinya,, saya sangat membutuhkan informasi ini.
              Terima kasih.

              BalasHapus
            125. Mudah-mudahan Istri bisa ikut mendaftar dan berhasil menjadi Abdi Negara ... Amin Ya Robb



              BalasHapus
            126. gimana jika lulusan d3 program akuntansi, apakah bisa mengikuti cpns ?

              BalasHapus
            127. Ijasah kuliah belum keluar tapi kalau ambil yg sma bisa gak trs biasanya formasi apa,trs untuk syaratnya antara ijasah sma n sarjana sama apa tidak
              Trima kasih min....

              BalasHapus
            128. ipk swasta tidak sampai 3,00 apakah bisa??

              BalasHapus
              Balasan
              1. Swasta juga banyak yg bagus spt UII jogja UMM malang kemungkinan sdh akreditasi A/B

                Hapus
            129. saya tenaga kontrak tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian , dikementrian pertanian sudah memberi janji akan diangkat p3k.mohon kejelasanya terimakasih

              BalasHapus
              Balasan
              1. PPPK ataupun CPNS haruslah melalui tahapan tes tidak bisa langsung sembarang angkat

                Hapus
            130. Maaf pak, mohon di jawab, saya bertanya apakah syarat toefl min 450 juga berlaku untuk keperawatan? Mohon balasanya terimakasih banyak

              BalasHapus
              Balasan
              1. Tidak semua instansi Kementerian mengisyaratkan TOEFL. Jika Instansi pemerintah yang anda lamar mengisyaratkan syarat TOEFL, tentu saja semua pelamar (tidak hanya perawat melainkan semua pelamar) harus melampirkan TOEFL. Contoh instansi yang mengisyaratkan TOEFL diantaranya adalah Kementerian PU

                Hapus
            131. saya s1 akreditasi C kemudian saya lanjut pendidikan profesi di univ yang akreditasi B, apa saya bisa mendaftr cpns?

              BalasHapus
            132. Mohon di bantu jawab, sya lulusan S1 tpi ijazah SMA sya yg asli hilang..dan salah satu syarat berkasnya semua ijazah harus di masukkan..apakah surat keterangan hilang dari kantor polisi sudah cukup? Atau masih ada jalan lain yg bisa di lakukan...terima kasih

              BalasHapus
            133. saran. untuk seleksi cpns ini sebaiknya sesuai dengan identitas kependudukan. jadi tidak akan ada orang papua ikut tes di bali. atau sebaliknya. dan mengutamakan putra daerah masing-masing.

              BalasHapus
            134. klo menurut saya yang pernah ikut Test CPNS tahun 2014 kemarin, soal Akreditasi PT / Univ. itu harus lah terakreditasi oleh BAN-PT. jd tidak lah masalah mau Akreditasi A, B, & C. syarat tersebut tergantung dari masing2 instansi pemerintahan yang membuka penerimaan CPNS.

              BalasHapus
            135. Kategori 2 ( K 2 )yg jelas sudah dihandalkan kemampuannya dari dulu, sehingga direspon akan diangkat secara bertahap, kok gak direspon sama sekali sekarang ini, padahal sudah jelas bekerjalebih dari 10 tahun, dikalangan masyarakat, perkantoran/instansi sudah terbukti dengan fakta honorer yang lama. (tolong keadilan bagi seluruh RAKYAT INDONESIA ditegakkan)

              BalasHapus
            136. Maaf pak mau tanya, untuk tanda bukti Suatu universitas terakreditasi oleh BAN-PT, harus berupa SK, atau boleh sertifikat.Karena yang diberikan oleh universitas saya berupa sertifikat dari BAN-PT

              BalasHapus

            Sosmed Kita

            Facebook
            Like Us
            Google Plus
            Follow Us
            Twitter
            Follow Us
            Pinterest
            Follow Us

            Subscribe dapetin info asncpns

            (Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)