Enkripsi dan Dekripsi Master Soal CPNS


By | 03.13 1 comment
Setelah Soal CPNS rampung dibuat oleh team pembuat Soal, Soal CPNS tidaklah langsung disimpan dan dibiarkan begitu saja - akan tetapi soal soal CPNS tadi di Enkripsi untuk menjaga kerahasiannya. Proses ini biasanya dilakukan oleh Lembaga Sandi Negara.

Enkripsi soal CPNS adalah proses mengamankan data atau informasi soal, dengan kata lain mengacak data/ informasi agar tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Dengan cara ini kebocoran soal CPNS bisa dihindari. setelah proses Enkripsi selesai, maka file rahasia tadi disimpan dan dikawal di suatu tempat yang dirahasiakan keberadaannya. Bisanya dalam proses ini, pihak pengamanan dari kepolisian ditunjuk untuk mengamankan. Hasil dari proses enkripsi soal tadi disebut "ciphertext" dimana soal soal tadi berubah menjadi suatu pesan rahasia yang tidak bisa dibaca.

Enkripsi Dekripsi Master Soal CPNS

Disaat waktu penerimaan CPNS mendekati waktu yang telah ditentukan, maka soal tersebut diserahkan kepada daerah, dan dalam hal ini tentunya melibatkan Lembaga Sandi Negara. Soal soal CPNS yang telah di Enkripsi, saat diserahkan ke daerah dilakukan proses kebalikannya yaitu, Dekripsi.

Dekripsi Soal CPNS adalah kebalikan dari enkripsi yaitu proses mengkonversi data soal CPNS yang sudah di enkripsi kembali menjadi data aslinya sehingga dapat dibaca atau dimengerti kembali. Hasil dari proses dekripsi dinamakan"Plaintext"dimana data data yang asal mulanya tidak terbaca, sekarang bisa dibaca kembali.


Barulah setelah proses dekripsi selesai, maka soal soal CPNS tadi siap diujikan. Sebelum CAT CPNS diberlakukan (Ujian masih menggunakan sistem LJK) - setelah soal cpns selesai di'dekripsi, soal tadi langsung dilakukan pencetakan.  Pencetakan biasanya dilakukan di Universitas universitas yang ditunjuk secara langsung oleh pemerintah untuk menghindari kebocoran soal CPNS.

Mengenai metode enkripsi dan dekripsi, ada yang menarik dalam penjualan buku pembelajaran CPNS di Indonesia yang dijual secara online. Kami dari ASNCPNS.COM mencoba membandingkan mana yang terbaik dari web web penjualan bahan pembelajaran soal tersebut, mulai dari segi pelayanan, metode penjualan, bahan yang diberikan beserta alumni kelulusan. Kami membeli dan membandingkan setiap produk produk yang dijual di web web tersebut.

Menurut kami di Indonesia ada 3 web penjualan buku pembelajaran CPNS yang dianggap besar, dan ketiga web penjualan tersebut berlomba menjadi yang terbaik - akan tetapi setelah dilihat dari keempat segi diatas dan melakukan berbagai penelusuran dan wawancara dengan alumni alumni kelulusan - kami melihat Paket LKIT adalah yang terbaik diantara kesemua bahan pembelajaran yang ada di negeri ini untuk pembelajaan bahan CPNS. Kami melihat dari segi materi yang diberikan sangatlah lengkap dan terstruktur. Selain itu pelayanan pembelian dan pengiriman file sudah menggunakan metode enkripsi dan Dekripsi file yang memang mirip dalam Enkripsi Dekripsi Master Soal CPNS yang dikembangkan LEMSANEG, sehingga pembeli satu dan pembeli lainnya akan memiliki kode key yang berbeda dalam setiap pembelian mereka. Detail lengkap penjualan bahan CPNS ini bisa dilihat di www.paketlkit.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan diatas, sangat menambah wawasan saya. saya juga memiliki referensi sejenis yang dapat anda kunjungi http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/kommit/article/view/1005/872
    Terimakasih.

    BalasHapus