Penerimaan Pegawai Tidak Tetap Kementerian Koordinator Perekonomian


By | 07.56 4 comments
Kementerian Koordinator Perekonomian merupakan salah satu lembaga yang menangani masalah perekonomian di Indonesia. Kementerian Koordinator Perekonomian dibentuk pada tahun 1966 dengan nama awal adalah Kementerian Utama Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (EKUIN). Namun seiring dengan berjalannya waktu, EKUIN dirubah dengan nama Kementerian Koordinator Perekonomian yang khusus menangani masalah ekonomi di Indonesia. Sedangkan keuangan dan industry saat ini telah terpisah, keuangan ditangani oleh Kementerian Keuangan dan industry ditangani oleh Kementerian Perindustrian, sehingga hak dan kewajiban semakin jelas dengan adanya pemisahan seperti ini. Pelayanan terhadap warga masyarakat Indonesia pun semakin merata dan maksimal.

Pengumuman Penerimaan Pegawai Tidak Tetap Kementerian Koordinator Perekonomian
Sesuai dengan kebutuhan dan keadaan masyarakat yang memiliki potensi serta kemampuan tinggi, Pejabat Pengadaan Barang/Jasa Kementerian Koordinator Perekonomian membuka kesempatan untuk warga Indonesia yang telah lulus dari berbagai jenjang pendidikan untuk menempati posisi Pegawai Tidak Tetap (PTT). Formasi ini adalah merupakan formasi non CPNS, dan formasi ini diperuntukan untuk lulusan SMU sederajat sampai dengan lulusan sarjana. Detail formasi adalah sebagai berikut:

Lulusan SMA/Sederajat
Untuk ditempatkan sebagai PTT bidang Administrasi Kerjasama Luar Negeri Divisi Kerjasama Luar Negeri (Kode KP.01) dan PTT Lainnya Keasdepan Transportasi (Kode D.6.1). Kualifikasi yang diterapkan adalah minimal bisa mengoperasikan Ms. Office serta memiliki SIM A untuk KP.01 dan ditambah SIM C untuk D.6.1 sebagai penunjang tugas utama, ditambah dengan kemampuan dalam bekerja secara tim atau individu dan komunikasi dengan berbagai pihak.

Lulusan D3

Jurusan Akuntansi/Manajemen/Administrasi
Yang akan ditempatkan sebagai PTT Bidang Administrasi Analisis Kebijakan Pengembangan Wilayah Pada Divisi Perencanaan Sekretariat KP3EI (Kode KP.02), dan khusus untuk wanita yang berumur maksimal 30 tahun terhitung pada 1 Juli 2014. Kemampuan yang harus dimiliki adalah pelamar bisa mengoperasikan Ms. Office dan bisa melakukan presentasi dengan baik, dan bisa bekerja secara kerjasama atau individu.

Lulusan Sarjana S1

Jurusan Pengembangan Wilayah Kota
Lulusan ini akan ditempatkan sebagai PTT Bidang Analisis Kebijakan Pengembangan Wilayah Koridor Ekonomi I, II dan III (Kode KP.03). Pelamar harus memiliki nilai IPK minimal 2,75 serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Office dan berbahasa Inggris dengan fasih. Juga harus bisa melakukan presentasi dengan baik di dalam pertemuan dengan pihak internal atau eksternal.

Jurusan Ilmu Ekonomi/Studi Pembangunan
Yang memiliki nilai IPK minimal 2,75 dan akan ditempatkan sebagai PTT Bidang Ekonomi Infrastruktur Divis Integrasi Program Sekretariat KP3EI (Kode KP.04) dan PTT Bidang Analisis Kelayakan Kerjasama Ekonomi Antar Negara (Kode KP.08) masing-masing jabatan hanya memiliki 1 formasi. Untuk memaksimalkan kinerja yang akan dilakukan, pelamar harus memiliki pengalaman minimal 1 tahun pada bidang yang bersangkutan, mampu mengoperasikan computer dan fasih berbahasa inggris yang dilampirkan dengan sertifikat TOEFL. Pelamar maksimal berumur 28 tahun per 1 Juli 2014.

Jurusan Teknik Sipil
Yang akan ditempatkan sebagai PTT Bidang Prasarana Wilayah Pada Tim Kerja Konektivitas KP3EI (Kode KP.05) dan memiliki nilai IPK minimal 2,75. Menerapkan posisi ini harus memiliki pengalaman minimal 1 tahun dan mampu mengoperasikan Ms. Office dan berbahasa Ingris dengan baik.

Jurusan Geografi
Yang berusia maksimal 35 tahun dan memiliki nilai IPK minimal 2,75 serta memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun pada bidang yang bersangkutan. Pelamar dengan kualifikasi ini akan ditempatkan sebagai PTT Bidang Analisis Kebijakan dan Pengembangan Wilayah Divisi Perencanaan Sekretariat KP3EI (Kode KP.06).

Jurusan Pengembangan Wilayah Kota
Untuk pelamar yang telah lulus jurusan ini akan ditempatkan sebagai PTT Bidang Analisis Kebijakan Pengembangan Wilayah Koridor Ekonomi IV, V dan VI (Kode KP.07) dan harus memiliki nilai IPK minimal 2,75 dan maksimal berusia 28 tahun pada tanggal 1 Juli 2014.

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota/Planologi
Merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki nilai IPK minimal 2,75 dan berusia maksimal 25 tahun. Pelamar dengan kualifikasi ini akan ditempatkan sebagai PTT Bidang Analisis Pengembangan Wilayah Rekomendasi Kebijakan Percepatan Pengembangan Sistem Transportasi Jabodetabek (Kode D.6.2). Rekam jejak selama kuliah menjadi penunjang untuk bisa melaksanakan tugas dengan baik seperti pengalaman berorganisasi selama kuliah dan memiliki pengalaman kerja minimal selama 1 tahun di bidang infrastruktur khusus transportasi.

Jurusan Lingkungan
Yang memiliki nilai IPK minimal 2,75 dan berusia maksimal 28 tahun per 1 Juli 2014 dan akan ditempatkan sebagai PTT Bidang Manajemen dan Konservasi Daerah Aliran Sungai Dalam Rangka Koordinasi Pengembangan Infrastruktur Sumber Daya Air (Kode D.6.3). Menerapkan posisi ini harus bisa berbahasa inggris baik lisan atau tulisan yang disertai dengan sertifikat TOEFL.

Jurusan Akuntansi
Untuk pelamar yang lulus jurusan akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan mendapat nilai IPK minimal 2,75 bisa menerapkan posisi sebagai PTT Bidang Administrasi Penyusunan Rekomendasi Kebijakan Transportasi (Kode D.6.4). Selain kualifikasi diatas, anda harus memiliki pengalaman kerja/magang bidang staf akuntansi dan memiliki pengalaman organisasi selama kuliah, dengan maksimal usia 25 tahun.

Jurusan Komunikasi
Memiliki nilai IPK minimal 2,75 dan maksimal usia 25 tahun bisa menerapkan posisi sebagai PTT Bidang Komunikasi dan Penyiaran Dalam Rangka Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Telematika dan Utilitas (Kode D.6.5).

Jurusan Komputer
Berusia maksimal 28 tahun dan memiliki nilai IPK minimal 2,75 bisa menerapkan posisi sebagai PTT Bidang Telekomunikasi dan Informasi Dalam Rangka Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan Telematika dan Utilitas (Kode D.6.6).

Jurusan Hukum
Telah lulus sarjana dari PTS atau PTN dan memiliki nilai IPK minimal 2,75 serta berusia maksimal 30 tahun, ditambah dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun atau fresh graduate memiliki kesempatan untuk menerapkan posisi sebagai PTT Bidang Analisis Regulasi Pengembangan Wilayah dan Daerah Tertinggal (Kode D.6.7). Maksimal usia untuk menerapkan posisi ini adalah 30 tahun.

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Lulus dari PTS atau PTN terkemuka dan memiliki nilai IPK minimal 2,75, berusia maksimal 30 tahun bisa menerapkan posisi sebagai PTT Bidang Analisis Kebijakan Penataan Ruang dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kode D.6.8). Untuk memaksimalkan kinerja harus diimbangi dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun, tapi fresh graduate tetap bisa mengikuti pendaftaran.

Jurusan Ilmu Komunikasi, Ekonomi, Hubungan Internasional
Yang memiliki nilai IPK minimal 3,00 dan berusia antara 21-25 tahun bisa melakukan pendafataran dengan kode posisi yang bisa diterapkan adalah PTT Bidang Kehumasan (HPH.01) dan PTT Bagian Persidangan (HPH.02). Kemampuan mengenai masalah perekonomian, dan bisa menganalisis serta mendata isu-isu perekonomian menjadi hal utama yang harus dipahami dan dimengerti.

D3 Jurusan Informatika/Komputer
Bisa menerapkan posisi sebagai PTT Bagian Rumah Tangga dengan kode posisi yang bisa diterapkan adalah BU.01, memiliki nilai IPK minimal 2,75 dan berusia maksimal 30 tahun.
Semua posisi yang tercantum diatas merupakan posisi sebagai Pegawai Tidak Tetap dengan jangka watu selama 6 bulan. Setiap batas usia merupakan batas usia per 1 Juli 2014. Posisi yang akan diterapkan harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki yaitu harus bisa mengoperasikan Ms. Office, berbahasa inggris dengan fasih baik dalam lisan atau tulisan, memiliki motivasi kerja yang tinggi serta bisa bekerjasama secara independen dengan berbagai pihak.

Untuk pelamar yang telah memenuhi kualifikasi bisa melakukan pendaftaran secara online dengan mengirimkan email ke alamat email yang telah ditentukan oleh pihak Kementerian Koordinator Perekonomian atau bisa lihat selengkapnya mengenai kualifikasi di Daftar Lowongan dan Kualifikasi, sedangkan untuk persyaratan bisa dilihat di Lampiran.

Tahap seleksi dilakukan dalam 3 tahap yaitu seleksi administrasi, tes potensi akademik, dan penentu adalah seleksi wawancara. Untuk bisa memahami dan mencapai posisi yang diinginkan bisa mempelajari cara memberikan jawaban dan arah pertanyaan pewawancara dengan mempelajari Jebol Wawancara.

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama tergantung kepada usaha yang dilakukan. Proses pendaftaran dimulai pada tanggal 2-6 Juni 2014.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

4 komentar:

  1. pengumumannya kapan nih admin...???

    BalasHapus
  2. Persyaratan Khusus itu harus atau bisa diabaikan..?
    sbobet

    BalasHapus