CPNS Jalur Sekolah Dinas Dibuka 9 April


Lulus CPNS 2018
By | 07.29 Leave a Comment
Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) melalui jalur sekolah kedinasan mulai dibuka hari ini, Senin (9/4/2018). Pemerintah membuka 13.677 kursi untuk delapan kementerian/lembaga yang mempunyai lembaga pendidikan kedinasan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suryatman mengatakan, kementerian/lembaga akan menindaklanjuti dengan hal-hal teknis terkait pendaftaran.

"Di dalam pengumuman kementerian/lembaga terkait terdapat persyaratan umum dan administrasi, serta tata cara pendaftaran," kata Herman, Minggu, 8 April 2018. Selain itu, kata dia, juga dipaparkan mengenai tahapan seleksi, mulai seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar sampai seleksi kompetensi bidang.

Herman mengingatkan, pendaftaran dilakukan di https://sscndikdin.bkn.go.id. Selanjutnya akan dilanjutkan ke portal masing-masing kementerian/lembaga. Pendaftar hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan. Bila terbukti lebih dari satu akan dinyatakan gugur.
Sebagai bahan pembelajaran tes CAT CPNS terbaik, pelajari Paket LKIT 2018

Dia menegaskan, pilihan sekolah kedinasan tidak dapat diubah dengan alasan apapun. Karena itu, kembali mengingatkan agar peserta hati-hati dalam mendaftar. "Persiapkan data-data e-KTP dan KK (kartu keluarga) yang valid. Apabila ditemukan kesulitan segera lapor ke Dinas Dukcapil setempat," ujarnya.

Sekretaris KemenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan, jumlah lowongan kali ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Pada 2017 hanya sebanyak 8.348 kursi lowongan. Pendaftaran dimulai pada 9 April 2018 sampai dengan 30 April 2018.

Pendaftaran CPNS Sekolah Kedinasan

Tidak hanya jumlah keseluruhannya yang meningkat, ada beberapa sekolah kedinasan diberikan kuota lebih besar tahun ini. Misalnya, IPDN tahun ini membuka 2.000 kursi, sementara tahun lalu hanya 1.689. PKS STAN tahun ini dibuka 7.301 kursi dibandingkan tahun lalu 4.920 orang.

“Badan Siber dan Sandi Negara (STSN) 100 kursi yang diterima. Poltekip dan Poltekim jumlah yang dibuka 600 kursi, Badan Intelijen Negara (STIN) 150 kursi, Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika) 600, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 250, dan Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, Poltek dan Akademi) 2.676 kursi,” paparnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang bermula dari informasi penerimaan siswa-siswi sekolah kedinasan.

“Apabila ada oknum atau siapapun yang mengiming-imingi bisa membantu dan meminta sejumlah uang atau imbalan, segera laporkan ke penegak hukum. Hal tersebut patut diduga penipuan," kata dia.

Berikut Kementerian/lembaga yang membuka pendaftaran CPNS:
Kementerian Keuangan (PKN STAN).
Kementerian Dalam Negeri (IPDN).
Badan Siber dan Sandi Negara (STSN).
Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim).
Badan Intelijen Negara (STIN).
Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika).
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).
Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, Poltek dan Akademi).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: