Video of the Day

Selasa, 24 November 2015

Jadi Guru Inspiratif Tidak Mudah!

asncpns.com - Siapapun bisa menjadi seorang guru, baik dia berlatar belakang seorang pendidik atau pun bukan. Pada kenyataannya banyak orang yang tidak mempunya latar belakangan pendidik,  lebih baik cara mengajarnya dari seorang guru yang jelas-jelas bahwa dia mempunyai dasar pendidikan dalam mengajar.

Mereka yang lebih baik tersebut, tetap bisa mengajar, mengoreksi soal, membuat soal, bahkan cara mengajar selayaknya guru, apakah dengan demikian dianggap tugas sebagai seorang guru selesai? rasanya belum. Karena pada hakikatnya, tugas seorang guru bukanlah hanya mengajar, namun juga seorang guru harus bisa menjadi sumber inspirasi buat siswanya, dan ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun bukan tidak mungkin untuk dilaksanakan.

Seorang guru bisa dikatakan inspiratif saat guru tersebut bisa memberikan stimulasi mental kepada murid - muridnya, diharapkan saat guru tersebut menstimulasi mental murid-muridnya tesebut bisa memberikan dampak yang lebih kuat terhadap pemahaman murid/siswa, karena semakin banyaknya emosi positif yang dirasakan oleh siswa pada saat belajar maka penguasaan materi pembelajaran akan semakin baik.

Guru diharapkan bisa memberikan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Karena dengan cara demikian, dapat menginspirasi murid untuk berpikir, sehingga rasa ingin tahu siswa berkembang, dan perubahan yang terjadi pada diri anak ke arah yang lebih baik akan lebih mudah terjadi.

Menurut National Board For Proffesional Teaching Standar, ada 13 Kriteria Standar Guru Inspiratif dan Professional:
    • Menguasai materi pelajaran dengan baik
    • Mampu menggunakan dengan tepat kemampuan, dalam mengajar dan belajar
    • Mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan instruksional pembelajaran
    • Mampu melakukan improvisasi dalam mengajar
    • Mampu melakukan manajemen kelas dengan baik
    • Memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi selama pembelajaran berlangsung
    • Memiliki sensitivitas terhadap konteks
    • Mampu memonitor pembelajaran
    • Selalu bertindak berdasarkan data
    • Respek terhadap orang lain
    • Mempunyai jiwa yang mendidik
    • Mampu memfasilitasi murid agar mencapai prestasi tertinggi
    • Mampu memfasilitasi murid agar lebih memahami kompleksitas

      Jika dilihat dari 13 poin diatas, maka untuk menjadi seorang guru yang inspiratif bukanlah hal yang mudah. Namun diharapkan, seluruh guru di Indonesia bisa menjadi guru inspiratif yang bisa memotivasi siswa dan menginspirasi para siswanya untuk bisa mengoptimalisasi setiap potensi diri dari siswanya, sehingga berguna bagi masa depan mereka nanti.


      Anonim

      Author & Editor

      ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



      0 komentar:

      Posting Komentar

      Sosmed Kita

      Facebook
      Like Us
      Google Plus
      Follow Us
      Twitter
      Follow Us
      Pinterest
      Follow Us

      Subscribe dapetin info asncpns

      (Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)