Tips Selesaikan Soal TWK CPNS Kategori UU dengan Mudah ala ASNCPNS


Lulus CPNS 2018
By | 08.57 Leave a Comment
Tips Selesaikan Soal TWK CPNS Kategori UU dengan Mudah
Menyelesaikan soal CPNS tidak selalu toh segalanya harus kita hafal...tentunya ada beberapa tips dan cara efektif untuk menyelesaikan itu semua.

Berikut adalah cara efektif yang dibagikan "mimin ketjeh" asncpns untuk bisa menyelesaikan soal kategori Undang-undang dalam Tes Wawasan kebangsaan. Tips ini dibagikan juga melalui email member asncpns. nah kamu yang mau subscriber member dan dapetin cara2 jitu hadapin dan selesaikan soal CPNS, kamu bisa juga ikutan. Caranya mimin elaskan nanti di bawah.

Berikut adalah contoh detail tips dalam email mimin yang dikirimkan ke member (member bernama Astria).
Allow Astria,

Kamu sehat Astria? Lagi gak sedih, murung atau baper kan? Syukur deh kalo sehat. Jangan manyun dan cemberut ya walaupun kamu sekarang lagi bokek atau baru diputusin pacar....biarin aja mantan itu berlalu, nanti juga pasti akan ada yang lebih baik - dengan mimin, kamu harus tetep selalu senyum, ceria biar cakep kamu gak ilang...

Mimin kali ini kirim email ke Astria karena mimin ingin sharing ke Astria tentang bagaimana caranya kita menyelesaikan dan menjawab soal CPNS yang berkaitan dengan UU (undang-undang) dan PP (Peraturan Pemerintah). Nah dengan mengetahui tips ini, Astria bisa meminimalisir kesalahan walaupun Astria memang tidak tahu jawaban mana yang benar. Ok dech biar Astria gak tambah linglung, gak tambah tua gara2 banyak mikir... mimin mulai tipsnya.

1. Jika Soal yang ditanyakan UU maka jawaban harus UU, dan Jika Soal yang ditanyakan PP maka Jawaban harus PP

Misal:
Pemerintah Jokowi saat ini tengah menggenjot program listrik 35.000 MW. PP yang mengatur tentang infrastuktur ke tenaga listrikan adalah
A. UU No 1 Tahun 2016
B. UU NO 38 Tahun 2015
C. UU NO 38 Tahun 2004
D. PP No 70 Tahun 2017
E. PP No 4 Tahun 2016

Tips: Dari jawaban diatas yang ditanya dalam soal adalah PP, sedangkan di pilihan Jawaban terdapat 3 pilihan UU. maka sudah dapat dipastikan yang UU adalah jawaban yang salah. Maka sekarang pilihannya hanya tinggal 2 yaitu option D dan E. Dengan cara seperti ini Astria sudah bisa meminimalisir kesalahan.
Untuk soal yang ini Jawabnya E ya..mimin kasih tahu karena mimin baik.

2. Kamu lihat masa era pemerintahan di soal

Misal:

UU yang mengatur tentang Amnesti pajak adalah:
A. PP No 24 Tahun 2015
B. PP No 7 Tahun 2014
C. Perpu No 31 Tahun 2009
D. UU No 21 Tahun 2015
E. UU No 11 Tahun 2016

Tips:
1. Di dalam soal yang ditanya UU, maka sudah pasti option jawaban selain UU pastilah salah !!
2. Amnesti Pajak atau pengampunan pajak mulai gencar saat menteri Sri Mulyani mulai menjabat. Dan berita itu begitu gencar di media televisi pada tahun 2016. Walaupun kita tidak pernah tahu, UU yang dimaksud yang mana - tapi dengan hal tersebut kita sudah tahu jawaban mana yang benar. Tentu saja Jawabannya adalah E.

Gimana...Astria ngerti? Gak manyun lagi? Gampang kan? Senyum dong buat mimin kalo gitu....hehehe

3. Jika pertanyaan yang diberikan adalah tentang ratifikasi maka jawaban adalah UU
Misal:
Pemerintah melakukan ratifikasi terhadap Asean Charter, ratifikasi tersebut termaktub dalam aturan
A. Kepres No 2 Tahun 2006
B. Inpres No 13 Tahun 2007
C. PP No 14 Tahun 2009
D. UU No 38 Tahun 2008
E. UU No 33 Tahyn 2013

Tips: Ingat rumus no 3 diatas, Pertanyaan Ratifikasi berarti Jawaban pasti UU. Pengertian dari Ratifikasi itu sendiri adalah pengesahan suatu dokumen negara oleh parlemen, khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara, dan persetujuan hukum internasional.
Nah karena Jawaban diatas hanya ada 2 UU maka selain UU sudah pasti 100% salah. maka jawaban tinggal 2 yaitu option D dan E. Walaupun Astria tidak hapal tentang UU, tapi kita ingat dulu sekitar tahun 2012 banyak ormas beramai ramai datang ke MK diminta untuk membatalkan ratifikas Asean Charter karena dianggap terlalu liberal. Nah disini kita bisa liat kejadian ini tahun 2012, sedangkan di jawaban yang UU ada 2 pilihan yaitu tahun 2008 dan 2013 - so, tentu saja jawabannya pasti ratifikasi ini terjadi sebelum tahun 2012. Di jawaban UU yang dimaksud adalah UU No 38 tahun 2008...maka itulah pasti Jawabnya.
gimana mudah bukan??

Ok deh, itu saja ya email kali ini dari mimin, semoga ilmunya bisa bermanfaat buat Astria.

Jika Astria ingin persiapan terbaik untuk ujian CPNS tahun ini, Astria sangat direkomendasikan untuk segera memiliki dan mempelajari Paket LKIT.
Selain memiliki bahan pembelajaran akurat dan paling banyak dicari, Paket LKIT juga sudah mendapatkan apresiasi dan pengakuan dari kemenpan RB, sebagai bahan pembelajaran berbobot yang ada di Indonesia. Pengakuan ini merupakan hal yang membanggakan, karena dari ratusan dan atau bahkan ribuan bahan pembelajaran CPNS yang beredar di pasaran, hanya "Paket LKIT yang diakui sebagai bahan terbaik".
Sedangkan untuk melihat cara pembelian Paket LKIT, silakan akses http://www.paketlkit.com/p/paket-lkit-pack_28.html

Astria jika masih ingin berkomunikasi dengan mimin, Astria bisa daftar dan gabung dengan teman teman dari seluruh Indonesia di grop WA ASNCPNS.
Nah untuk daftar gampang, Astria tinggal kirim WA aja ke mimin di 085222215432 - yang udah daftar, gak usah daftar lagi.
Tapi satu hal buat yang mau gabung di WA...mimin kasih tahu sebelumnya...grupnya rusuh-rusuh...semuanya pada penasaran ke mimin...hehehe

Ok deh..Sukses ya buat Astria


Nah jika kamu ingin dapet email email tips lolos CPNS seperti Astria diatas, kamu boleh subscribe ke asncpns dengan cara memasukan nama dan email kamu ke kotak biru tua "kirim info CPNS ke email kamu" di sebelah kiri layar monitor kamu


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: