Tanggapan Kementerian PAN RB tentang Paket LKIT

Video of the Day

banner iklan

Rabu, 08 Agustus 2018

1 Provinsi Minimal Ada 4 Lokasi Tes CAT


Peta Lokasi Tes CAT 2018

Pengumuman penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 akan segera diumumkan secara resmi oleh Kemnenterian PAN RB. Menjelang hal itu - Saat ini, pemerintah masih terus mematangkan persiapan pembukaan lowongan CPNS tersebut.

Dalam pembukaan CPNS kali ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga masih menyiapkan urusan teknis seleksi yang akan dilakukan, termasuk soal lokasi tes CPNS. Nantinya, BKN akan menggelar tes di 134 titik lokasi.

"BKN telah mengantongi 134 titik lokasi untuk kepentingan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN. Namun, dia menekankan, jumlah tersebut masih tentatif dalam arti bisa berubah mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada," kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Lantas, di mana saja lokasinya?

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan saat ini sebanyak 134 titik lokasi tes tersebut masih terus dibahas pihak Panitia Seleksi Nasional (Panselan) CPNS 2018. Mereka masih terus mengkaji titik-titik lokasi seleksi tersebut.

"Daftar 134 titik itu masih untuk konsumsi internal Panselnas. Kami masih terus berdiskusi dan melihat dari berbagai sisi, jarak tempuh, jarak terjauh ke lokasi calon tes, prediksi jumlah pelamar di calon titik tes, dan sebagainya. Ini masih terus didiskusikan," kata Ridwan di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Walau belum bisa merinci dengan jelas titik-titik lokasi tersebut, namun Ridwan mengatakan bahwa BKN menyediakan lokasi seleksi di setiap provinsi yang ada. Nantinya, di setiap provinsi terdapat empat lokasi tes.

Peta Lokasi Tes CAT 2018
"Ibu kota provinsi wajib ada. Pukul rata, 1 provinsi minimal ada 4 lokasi. Untuk lokasi yang dinilai sulit akses transportasi seperti Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT dan lainnya, akan dibuat mekanisme lain," jelas dia.

Lebih dari itu, Ridwan memperkirakan pihak Panselnas juga akan bekerja sama dengan pihak pemerintah setempat dalam menyediakan infrastruktur yang mendukung diselenggarakannya tes CPNS 2018.

"Ada kemungkinan pula Panselnas bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota untuk dapat menyediakan infrastruktur di sekolah-sekolah yang telah menyelenggarakan UNBK," tuturnya.

BKN memprediksi, untuk pendaftar CPNS tahun ini akan mencapai angka sekitar 10 juta calon pelamar. Hal ini tentunya bukan angka yang sedikit karena jika memang perkiraan ini benar - berarti jumlah ini akan meningkat sekitar 4x lipat dari jumlah kesuluruhan pendaftar CPNS pada tahun 2017 yang hanya mencapai angka 2.433.656 pendaftar.

Calon pendaftar yang berencana mengikuti seleksi CPNS tahun ini diharapkan bisa mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya - karena persaingan akan sangat ketat sekali. Salah satu bahan pembelajaran yang sangat direkomendasikan adalah Paket LKIT 2018.

Kenapa Harus Paket LKIT 2018?
Jawabannya bisa dilihat dibagian berikut http://www.paketlkit.com/p/special.html

Sistem CAT dan Peta Persaingan Peserta

Dalam upaya mewujudkan tuntutan masyarakat dalam perekrutan PNS yang adil, sekaligus sebagai sarana untuk menghasilkan tenaga professional, BKN telah membangun sistem rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi secara komputerisasa yang disebut Computer Assisted Test (CAT).

Sistem CAT sendiri bertujuan untuk mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme. Selain memang juga untuk menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.

Persaingan dan kelulusan dalam seleksi CAT ditentukan oleh passing grade. Passing grade sendiri dituntukan berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB. Sebagai gambaran, patokan dan cara perhitungan detail passing grade silakan baca di Passing Grade CPNS 2018


Aparatur Sipil Negara

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



2 komentar:

  1. Assalamualaikum mau nanya, pendaftaran cpns udh dibuka ya min? Terus nyerahin berkas2nya kemana min?

    BalasHapus

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)