Tanggapan Kementerian PAN RB tentang Paket LKIT

Video of the Day

banner iklan

Rabu, 15 Agustus 2018

Nasib Kelanjutan Pengumuman CPNS Setelah Menpan RB Diganti


Asman Abnur Mundur dari Menpan RB
Tidak bisa disangkal bahwa pengumuman penerimaan CPNS sudah sangat dinanti banyak orang di seluruh pelosok negeri, tapi sekarang meninggalkan pertanyaan setelah Menpan RB Asman Abnur menyatakan keinginannya untuk mundur dari posisi menteri kepada Istana sebagai etika politik.

Pengumuman CPNS yang sejak awal direncanakan akan diumumkan setelah pilkada serentak, kemudian mundur ke akhir Juli - dan akhirnya kembali molor ke bulan Agustus, sampai ke titik Menpan RB digantikan Komjen Pol Syafruddin (8/15/2018) masih belum jelas kapan akan diumumkannya.

Saat di konfirmasi ke pihak Kemenpan RB tentang nasib penerimaan CPNS setelah MenPAN RB Asman menyatakan mundur, Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir menjelaskan proses finalisasi untuk persiapan pengumuman CPNS tetap berjalan.

"Saya ingin lebih menekankan bahwa terkait CPNS itu proses masih terus berlangsung," ungkapnya, Selasa (14/8/2018).

Proses tersebut masih berjalan sebagaimana mestinya, meskipun Asman bakal mundur dari jabatan tertinggi di kementerian yang menangani urusan PNS tersebut.

"Prosesnya sedang berjalan dan kami sedang menyelesaikan proses validasi. Tentu kalau kita mengharapkan sih karena masih ada koordinasi dan perlu konsolidasi dengan kementerian lain terkait itu," ujarnya.

Jika hingga saat ini pengumuman CPNS belum juga dilakukan, karena kata dia masih menunggu seluruh proses selesai.

"Prosesnya selesai terlebih dahulu karena masih proses seperti itu, kan harus diselesaikan terlebih dahulu ya," lanjutnya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan pembukaan lowongan CPNS 2018 tidak akan batal.

"Kita berkepentingan, KemenPAN-RB seperti tadi saya sampaikan ada kebutuhan untuk pengangkatan CPNS, dan beberapa kebijakan sudah dikeluarkan," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Meski dipastikan tidak akan batal, dengan di-reshufflenya posisi menteri, waktu pengumuman pembukaan lowongan CPNS bisa saja tertunda alias mundur.

"Ada kemungkinan seperti itu iya (tertunda)," jawabnya.

Namun di luar itu, memang ada proses yang dianggapnya memakan waktu sehingga pengumuman CPNS yang sebelumnya dijadwalkan Juli mundur, dan rencananya diumumkan Agustus ini.

"Jadi kita konsolidasi terhadap penetapan formasinya, yaitu misalnya untuk guru itu di kabupaten ini, kecamatan ini, SMP ini kebutuhannya berapa. Nah itu masih berlangsung. Nah ini yang memakan waktu," tambahnya.

Dia juga menyampaikan, soal waktu pengumuman pembukaan CPNS, masih perlu dilihat lagi akan seperti apa pasca mundurnya Asman Abnur nanti.

"Soal waktunya tentu kita akan lihat nanti ya kalau ada persoalan seperti ini," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Asman Abnur mengatakan lowongan CPNS akan dibuka Agustus ini.

Asman pun menegaskan lowongan CPNS 2018 tetap digelar, rencananya akhir Agustus ini.

"Ya, mudah-mudahaan, (walau mundur) ya tetap. Itu program kerjanya KemenPAN-RB enggak tergantung individu," tuturnya di Gedung Kementerian PAN-RB, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Asman menjelaskan saat ini proses pembukaan CPNS 2018 masih dalam tahap penyelesaian data angka kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari masing-masing kementerian dan lembaga pemerintahan.

"Detilnya belum selesai, rincian formasinya yang belum," tuturnya.

Penerimaan CPNS 2018 Bakal Tetap Digelar

Asman Abnur menyatakan mundur dari posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Namun dipastikan lowongan CPNS tahun ini tetap dibuka karena ada ratusan ribu PNS yang akan pensiun.

"Sebentar lagi kita harus terima PNS yang masih kurang, karena yang pensiun tahun ini ada sekitar 220 ribu orang. Ini harus diputuskan segera," tuturnya di Gedung KemenPAN-RB, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Asman menjelaskan pembukaan lowongan CPNS sedang dalam tahap penyelesaian data angka kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari masing-masing kementerian dan lembaga pemerintahan.

Selain pembukaan lowongan CPNS, menurut Asman pembentukan zonasi integrasi juga harus diselesaikan setelah dia mengundurkan diri.

"Kemudian zona integrasi mengintegrasikan Polres, Pengadilan negeri dan Lapas itu harus diintegrasikan," tuturnya.

Kemudian pembenahan kelembagaan juga harus terus dilakukan, salah satunya dengan mendorong lebih banyak Mal Pelayanan Publik yang bisa melayani perizinan baik tingkat daerah maupun pusat.

"Itu agenda yang saya anggap perlu ditingkatkan terus," ucapnya.

Kepastian Waktu Pengumuman CPNS

Berdasarkan fenomena kejadian diatas, rupanya para calon pendaftar harus kembali bersabar untuk menunggu pengumuman resmi CPNS diumumkan.

Kapanpun pelaksanaan tes CPNS tahun 2018 ini, tidaklah masalah. Yang jadi masalah adalah jika setiap yang bertanya kapan pelaksanaan tes tapi tidak punya persiapan yang baik, tidak belajar dengan baik untuk menghadapinya.

Untuk apa menunggu waktu sekian lama jika hanya untuk menjadi orang yang tereliminasi, menjadi orang yang gagal. Persiapkan dengan belajar maksimal dan jadilah abdi negara yang bisa dibanggakan.

Salah satu bahan pembelajaran yang bisa dipelajari sebagai rekomendasi terbaik adalah Paket LKIT 2018. Berikut adalah tanggapan Kementerian PAN RB tentang bahan pembelajaran Paket LKIT yang sudah diakui berbobot sejak tahun 2014 http://www.paketlkit.com/p/special.html


Menpan RB Pimpin Rapat Tim Quality Assurance Panselnas CPNS 2018

Rapat Panselnas 2018Sehari sebelum pergantiannya dengan Menpan Baru, Asman Abnur masih memimpin rapat Tim Quality Assurance Panselnas CPNS 2018, Selasa (14/08) sebagai pematangan proses pengumuman CPNS 2018.


Hadir dalam rapat tersebut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja, pejabat dari BPKP, BPPT, BSSN, dan sejumlah anggota QA Panselnas CPNS 2018 lainnya.
Rapat CPNS 2018 Panselnas

Penerimaan CPNS 2018 akan tetap digelar, berbagai kesiapan sudah dimatangkan hanya saja tinggal menunggu waktu tepat kapan waktu diumumkan dibawah komando menteri baru Komjuen Pol Syafruddin


Aparatur Sipil Negara

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)