Tanggapan Kementerian PAN RB tentang Paket LKIT

Video of the Day

banner iklan

Jumat, 07 September 2018

CPNS Dibuka 19 September, Ini Detail Formasi Umum dan Khususnya


Daftar CPNS 2018 mulai 19 September
Dalam penerimaan CPNS 2018 yang pendaftarannya dibuka mulai 19 September akan dibuka kran sebanyak 238.015 formasi CPNS untuk diperebutkan. Rinciannya, 51.271 untuk instansi pusat dan 186.744 untuk instansi daerah. CPNS yang terpilih untuk instansi pusat nantinya akan ditempatkan di 76 kementerian/lembaga (K/L). Sementara untuk CPNS di instansi daerah ditempatkan di 525 pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota.

Formasi Umum

Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Formasi Khusus

Selain formasi umum, juga terdapat formasi khusus dalam seleksi CPNS 2018. Formasi khusus terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Terkait dengan pelamar Diaspora, dialokasikan untuk formasi jabatan peneliti, dosen, dan perekayasa dengan pendidikan minimal Strata 2. Khusus untuk perekayasa, dapat dilamar dari lulusan Strata 1.

baca juga: Update Info terkini CPNS 2018

Untuk atlet berprestasi internasional, pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Menpora dan merujuk pada ketentuan Permenpora No. 6/2018 tentang Persyaratan dan Mekanisme Seleksi, dan Pengangkatan Olahragawan Berprestasi menjadi CPNS tahun 2018.

Sementara, mekanisme/sistem pendaftaran untuk tenaga honorer Kategori II dilakukan tersendiri di bawah koordinasi BKN. Pendaftar dari tenaga honorer kategori II yang telah diverifikasi dokumennya wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Bahan Pembelajaran

Diprediksi sekitar 6 juta peserta test akan bersaing dalam memperbutkan kursi CPNS tahun ini. Persaingan akan berlangsung sangat ketat. Lulus tidaknya peserta tes ditentukan passing grade CPNS yang diatur dalam Permenpan RB No 37 Tahun 2018.

Sebagai bahan pembelajaran terbak kamu dan telah diakui sangat berbobot silakan segera miliki dan pelajari Paket LKIT 2018. Gapai masa depanmu tahun ini dan jangan sampai kamu sia siakan lagi


Aparatur Sipil Negara

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



1 komentar:

  1. adanya tes cpns tahun ini,saya sangat setuju dan juga sedikit kecewa.Masalah rekrutmen penerimaan cpns jalur khusus,kenapa lagi2 putra dan putri papua yang selalu dikhususkan..menurut saya ada baiknya jika,peneriamaan cpns selanjutnya lebih memoerhatikan putra dan putri didaerah terpencil lainnya,yang mana masih banyak sekali pengangguran yang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah.

    BalasHapus

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)