Pelajari Paket LKIT Xtreeme dan Jadilah ASN Tahun ini...TERBATAS!!

Video of the Day

Rabu, 30 Januari 2019

Ancar Ancar Jadwal Penerimaan CPNS dan PPPK 2019

Jadwal CPNS PPPK 2019

Ancar Ancar Jadwal Penerimaan CPNS 2019

Bagi kamu yang merasa bingung dengan kabar simpang siur tentang rekrutmen penerimaan CPNS tahun 2019, berikut adalah penjelasan detailnya.

Bulan Maret 2019

Penerimaan CPNS yang rencana akan digelar pada bulan Maret 2019 adalah rekrutmen CPNS khusus daerah daerah yang batal menggelar seleksi CPNS karena alasan bencana alam dan kendala teknis. Rencananya seleksi akan digelar di 48 daerah.

"Bulan Maret untuk (daerah) yang tertunda" - Mudzakir (Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN RB)

Pada seleksi CPNS tahun 2018 terdapat beberapa daerah yang  gagal melaksanakan rekrutmen CPNS, diantaranya adalah pemerintah daerah di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat, Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, serta Kabupaten Parigi Moutong.

Rencana pelaksanaan seleksi CPNS bagi ke-48 daerah yang tertunda tersebut, lanjut Mudzakir, akan dilaksanakan pada Maret 2019.

"Bulan Maret tersebut merupakan ancar-ancar. Pelaksanaan hal tersebut sedang dipersiapkan," jelas dia.

Akhir Tahun 2019

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 bukan dibuka pada bulan Maret, melainkan di akhir tahun 2019.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan pada Maret mendatang pemerintah mencari cara untuk bisa mengisi kekurangan posisi di seleksi CPNS 2018. Artinya, pemerintah bukan membuka lowongan CPNS baru di 2019.

Namun begitu, bukan berarti pemerintah tidak membuka seleksi CPNS 2019. Pemerintah, kata Ridwan, akan tetap membuka seleksi CPNS 2019 pada akhir tahun ini, bukan pada bulan Maret. Ridwan mengatakan, hal itu telah dibahas oleh Menteri PAN-RB Syahruddin.

"Di keterangan RDP (Rapat Dengar Pendapat) kemarin, Pak Menpan (Syafruddin) menjelaskan, di 2019 itu akan ada tiga event penerimaan," kata Ridwan kepada detik, Jakarta, Rabu (23/1/2019)

"Satu, di Februari PPPK khusus untuk tenaga honorer K2 di tiga bidang, yaitu guru, kesehatan, dan penyuluh pertanian. Terus setelah Pilpres, akan ada event penerimaan PPPK untuk jalur umum. Setelah itu, mungkin di akhir tahun entah kapan baru CPNS 2019." sambungnya.

Ridwan mengatakan, pemerintah tak akan membuka lowongan CPNS menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) April mendatang. Menurutnya, hal itu bisa mengganggu jalannya pesta demokrasi yang akan digelar.

"Prinsipnya kita nggak akan ada ramai-ramai menjelang Pilpres. Nanti mengganggu dan bisa disalahartikan oleh siapa pun," kata Ridwan.

Lebih dari itu, Ridwan sendiri mengaku belum mengetahui bagaimana skema pembukaan lowongan CPNS di akhir 2019 nanti, termasuk soal formasi yang akan dibuka. Dia mengatakan belum mendapatkan informasi secara rinci terkait rencana tersebut.

"Cuma saya belum dapat (informasi) bagaimana-bagaimana tentang (lowongan CPNS) itu," tuturnya.

Pelajari Paket LKIT sebagai bahan pembelajaran seleksi CAT CPNS terbaik


Jadwal Penerimaan PPPK 2019 

Menurut rencana, rekrutmen P3K tahun 2019 ini sebanyak 150.000 formasi dan akan dibagi menjadi 2x gelombang penerimaan

Tahap Pertama

Pemerintah akan melakukan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada tahun 2019. Pada tahap pertama dikhususkan untuk eks Tenaga Honorer K2 (THK2) pada posisi guru/dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian yang memenuhi syarat.

Penerimaan PPPK tahap ke 1 ini rencananya akan dilakukan pada bulan Februari 2019

"Proses rekrutmen dan seleksi PPPK rencananya dimulai bulan Februari 2019" - Syafruddin - Menpan RB

Tahap Kedua

Rekrutmen PPPK tahap ke 2 adalah diperuntukan untuk kalangan pelamar umum. Syarat batas usia minimal peserta PPPK adalah 20 tahun dan maksimal satu tahun sebelum batas usia pensiun untuk jabatan yang dilamar. Misalnya, untuk tenaga guru yang batas usia pensiunnya 60 tahun, bisa dilamar oleh warga negara Indonesia yang berusia 59 tahun.

Pelajari Paket LKIT mulai sekarang dan gapailah masa depan !!

baca juga: Kuota Rekrutmen 2019 - 60% PPPK dan 40% CPNS Umum


asncpns

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)