Pelajari Paket LKIT Xtreeme dan Jadilah ASN Tahun ini...TERBATAS!!

Video of the Day

Minggu, 16 Juni 2019

Kesulitan Soal CPNS 2019 Berbentuk HOTS "High Order Thinking Skill"

Pada rekrutmen CPNS 2018, soal Seleksi Kompetensi Dasar menjadi momok menakutkan karena ratusan ribu orang gagal dalam tahap tes ini. Soal dalam tes ini khususnya soal TKP dianggap menjadi soal tersulit dan banyak mengecoh para peserta sehingga banyak peserta gugur dalam tahapan SKD dan gagal ke tahapan tes Seleksi Kompetensi Bidang.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengungkapkan, panitia seleksi nasional (Panselnas) saat ini sedang mengevaluasi soal-soal yang dikeluhkan para peserta dalam seleksi sebelumnya.

"Feedback dari masyarakat terkait sulitnya soal-soal SKD. Itu Panselnas akan mempertimbangkan hal-hal itu," kata Ridwan seperti asncpns kutip dari detik, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Baca juga: Rincian Detail Alokasi Formasi CPNS 2019

Meski dievaluasi, namun Ridwan mengatakan bukan berarti soal yang diberikan dalam seleksi tahun ini menjadi mudah. Bahkan, dia bilang soal tahun ini memiliki tantangan yang berbeda dari sebelumnya.

"Sekarang kan isitilahnya Kemendikbud dan Kemenristek soalnya itu bentuknya HOTS, High Order Thinking Skill. Apakah soalnya sulit? Nggak," kata Ridwan.

Referensi Bahan Pembelajaran CPNS 2019 Level HOTS - High Order Thinking Skills, Pelajari Paket LKIT Xtreeme

Ridwan mengatakan, soal yang akan diberikan bakal mengikuti tantangan zaman. Hal ini diperlukan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat mengikuti dan menyesuaikan berbagai tantangan yang ada dalam melayani masyarakat.

Soal CPNS 2019 High Order Thinking Skill

"Yang berubah itu tantangan zaman, jadi kalau dulu misalnya 5-10 tahun yang lalu tidak ada penyebaran ujaran kebencian, hoax yang luar biasa, tapi sekarang kan tantangannya berbeda, jadi itu yang membuat soalnya untuk SKD untuk menyesuaikan dengan tantangan zaman. Jadi bukan lebih sulit, tapi tantangan zamannya berbeda," jelasnya.


asncpns

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)