Menjadi Diplomat di Kemenlu


By | 01.01 2 comments
Formasi PDK atau Formasi Pejabat Diplomatik dan Konsuler adalah merupakan salah satu formasi jabatan strategis di Kementerian Luar Negeri yang diidamkan para pelamar cpns di negeri ini, bagaimana tidak - dengan formasi ini seseoirang bisa menjadi seorang diplomat yang bisa mewakili nama bangsa di luar negeri.

Untuk menjadi seorang diplomat di Kemenlu, tentunya seseorang harus lulus terlebih dahulu dalam tahap seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Kemenlu, dan biasanya jika berkaca dari tahun sebelum sebelumnya - khusus formasi ini pelamar dari seluruh Indonesia sangatlah membludak, tidak kurang dari 15 ribu orang mendaftar dalam seleksi penerimaan CPNS PDK Kemenlu yang akan memperebutkan sekitar 60 posisi jabatan untuk formasi.

Menjadi Seorang Diplomat di Kementerian Luar Negeri
Image Credit: Kementerian Luar Negeri

Angka tersebut sungguh merupakan angka yang fantastis untuk formasi jabatan di CPNS, dimana seseorang yang ingin menjadi pejabat diplomatik, maka dia harus bisa mengalahkan 300 peserta lainnya - karena berdasarkan angka diatas, nilai perbandingannya sama dengan 1 berbanding 300. Bahan untuk ujian CPNS Kemenlu anda direkomendasikan bisa berkiblat ke Paket LKIT

Setelah seseorang dinyatakan lulus ujian dalam seleksi penerimaan CPNS, maka calon calon diplomat akan di berikan pelatihan dan pendidikan selama 8 bulan di SEKDILU, sebelum mereka benar benar diwisuda oleh Menteri Luar Negeri menjadi seorang pejabat diplomat.

SEKDILU adalah kependekan dari Sekolah Dinas Luar Negeri yang merupakan program pendidikan dan pelatihan fungsional diplomat dasar pada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Selama pendidikan dan pelatihan berlangsung, para calon diplomat muda akan memperoleh materi mengenai hubungan internasional, hukum, ekonomi, sosial budaya serta isu-isu terkait dengan tugas yang akan dihadapinya nanti sebagai seorang diplomat. Selain substansi, calon-calon diplomat muda juga mendapatkan materi mengenai keterampilan diplomasi, negosiasi dan pergaulan internasional demi terbentuknya diplomat yang mampu dan pantas mewakili Indonesia di luar negeri.


Kurikulum diklat yang diterapkan dalam pendidikan merupakan kombinasi antara teori-teori akademik dan ketrampilan praktek diplomatik. Kurikulum yang diberikan adalah terdiri dari
pengetahuan/substansi, keterampilan, etika serta kepemimpinan. Dengan kurikulum ini para lulusan diklat ini diharapkan mampu memahami tugas dan fungsi seorang diplomat dan dapat bertugas sebagai staf junior baik di kantor Kementerian Luar Negeri di Jakarta maupun Kantor Perwakilan RI di luar negeri.

Apa Persyaratan Untuk Menjadi Seorang Petugas Diplomatik dan Konsuler di Kemenlu ?

Jika anda tertarik untuk menjadi seorang Pejabat Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK) di Kementerian Luar Negeri, maka anda minimal haruslah merupakan lulusan seorang sarjana dari S1. Jurusan yang diutamakan untuk formasi ini adalah jurusan Ilmu Sosial Politik, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sastra dan Budaya. Masing masing ruang lingkup ilmu yang dimaksiud adalah sebagai berikut:

Sosial Politik
Ilmu sosial politik adalah meliputu Jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Studi Kawasan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Negara

Ilmu Hukum
Ilmu Hukum adalah meliputi Ilmu Hukum Internasional, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Bisnis, Hukum Lingkungan, Hukum Tata Negara, dan Hukum Administrasi Negara

Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang berkaitan dengan ekonomi seperti managemen dan perbankan

Ilmu Pengetahuan Budaya/Sastra
Ilmu ini meliputi ilmu yang berhubungan daengan budayan dan sastra Arab, Cina, Inggris, Jepang, Perancis, Rusia

Tugas Seorang Diplomat Kemenlu

Setelah anda berhasil menyandang predikat seorang diplomat, maka anda memiliki tugas kenegaraan dalam hal ini adalah melaksanakan tugas dan funsi sebagai wakil dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anda juga akan memiliki tugas dalam melakukan perundingan dengan negara lain yang mewakili Pemerintah Indonesia tanpa mengesampingkan kepentingan Negara. Tugas lainnya adalah merupakan tugas kerja sama luar negeri, dimana anda sebagai seorang diplomat akan dituntut untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah negara lain dalam memajukan ekonomi, sosial dan budaya.

Yang perlu di garis bawahi adalah jika anda berencana untuk menjadi seorang pejabat diplomat, maka anda wajib mengedepankan pengabdian kepada negara dan harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi tekanan dan tantangan apapun. Andalah sebagai kunci berhasil atau tidaknya sebuah diplomasi, kedudukan terhormat atau tidaknya nama bangsa ada di tangan anda.

Tertarikkah anda sekarang untuk menjadi seorang diplomat ???

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

2 komentar:

  1. ini ga buka S1 smua jurusan ya.. padahal saya ingin bgt bisa kerja di deplu

    BalasHapus