Alokasi 5% Tuk Formasi CPNS Sarjana Semua Jurusan


By | 09.37 3 comments
Banyak sekali lulusan sarjana yang belum terakomodir dalam perekrutan cpns setiap tahunnya, hal ini dikarenakan karena minimnya jurusan yang dia miliki, atau jika tidak karena hal tersebut jurusan yang dia miliki tidak ada dalam formasi perekrutan. Sangat disayangkan memang, sehingga otak otak berbakat calon penerus bangsa tidak bisa terakomodir karena ketiadaan formasi jurusan yang mereka miliki.

Formasi CPNS Semua Jurusan

"Lho Kok Jurusan Saya Tidak Ada" itulah beberapa kata yang diucapkan oleh calon pelamar yang harus rela menahan kecewa karena ketiadaan formasi dalam perekrutan CPNS. Mereka kadang harus menunggu setahun lebih lama dengan berharap bisa mengikuti ujian CPNS di tahun selanjutnya...dan itupun kalaulah jurusan yang mereka miliki memang ada di tahun depan...dan kalaupun tidak..maka hal tersebut akan menjadi kekecewaan yang sangat mendalam dan berakhir dengan penyesalan seraya berkata "rupanya saya salah mengambi jurusan ketika kuliah".

Perkataan dan penyesalan seperti itu rupanya tidak akan terjadi lagi mulai tahun 2014 dan tahun tahun mendatang, karena Azwar Abubakar selaku Menteri PAN RB akan mengakomodir dan menyediakan "formasi CPNS untuk sarjana semua jurusan"

Ini adalah merupakan terobosan baru setelah hampir puluhan tahun perekrutan CPNS tidak memperhatikan hal sedetail ini. Patut berbanggalah bagi sarjana yang tahun kemarin atau tahun tahun sebelumnya belum bisa mengikuti ujian CPNS karena ketiadaan formasi cpns, rupanya tahun ini adalah waktu untuk menunjukan kemampuan anda.

Pemerintah mulai tahun 2014 akan menyediakan "Formasi CPNS semua Jurusan" sehingga disaat pendidikan anda tidak ada dalam formasi, maka anda bisa melamar untuk formasi ini.


Ujian untuk formasi ini tidak dibedakan sama sekali dengan formasi lain, termasuk persyaratan CPNS dan prosedur pendaftaran online CPNS. Khusus untuk pengumuman penerimaan rencananya akan mulai diumumkan mulai tanggal 16 Juni 2014 ini.

Selain hal tersebut Azwar juga menambahkan bahwa “Pelaksanaan pendaftaran cpns dan tes kompetensi dasar mudah-mudahan bisa dimulai pertengahan Juli, setelah pemilihan presiden”. Pemahaman mengenai materi ujian mutlak diperlukan untuk bisa bersaing dengan ribuan pelamar lainnya, oleh sebab itu penguasaan materi juklak juknis Soal CPNS mutlak sangat diperlukan.

Formasi yang satu ini sebetulnya adalah hasil duplikasi dari perusahaan perusahaan besar dan BUMN yang selalu menyediakan formasi segala jurusan dalam ajang rekrutmen karyawannya, dan berdasarkan hasil analisa ternyata perekrutan sarjana dari semua jurusan bisa bersaing dengan mereka yang memiliki jurusan spesifik dengan bidang kerjanya. Dan hal ini juga pernah dibuktikan oleh seorang mantan petinggi Bank BUMN yang notabene dia adalah seorang lulusan teknik nuklir, tapi beliau bisa membawa bank bumn tersebut berhasil dan berkembang lebih besar.

Pengadaan Sarjana untuk semua disiplin ilmu ini belum dijelaskan apakah dikhususkan untuk pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah, tetapi hal ini tentu saja diharapkan bisa diterapkan di semua instansi pemerintah pusat ataupun daerah. Sehingga jika memang diterapkan di seluruh instansi maka "formasi CPNS semua jurusan" akan tersedia sebanyak 3000 formasi dengan asumnsi sebanyak 60.000 calon CPNS umum yang akan direkrut.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

3 komentar:

  1. Akreditasi jangan minimal B dong, kasihan sarjana putra daerah hanya bisa jadi pengamen

    BalasHapus
  2. untuk daftar online linknya kira2 kpn bisa dipergunakan yh? terimakasih

    BalasHapus
  3. alhamdulillah akhirnya ada peluang walau 5% untuk jurusan kami yg sejak lama tidak terakomodir bagi PNS syukur-syukur bisa menular ke BUMN

    BalasHapus