Guru & Tenaga Medis Mendominasi Formasi CPNS 2014


By | 20.26 1 comment
Pada tahun ini pemerintah mulai menghilangkan sejumlah pesyaratan administrasi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pesyaratan adminstrasi tersebut di anggap ribet dan rumit. Banyak yang menyebut konsentrasi pelamar sudah mulai habis untuk menyiapak unak-anik pesyaratan untuk mengikuti ujian PNS.

Kepala Biro Hukum dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi , Herman Suryatman mengungkapkan persyaratan administrasi tes CPNS yang akan di hilangkan diantaranya lembar Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat dan kartu kunig. Lembar SKCK tersebut telah di terbitkan oleh satuan Polres, untuk mendapatkannya pemohon harus mendapatkan surat pengantar dari Polsek. Dalam hal ini masyarakat banyak yangt mengeluh , karena letak keberadaan Polres umumnya ada di pusat kabupaten maupun kota. Sementara tempat tinggal calon pelamar CPNS tersebar sampai pelosok kabupaten maupun kota.

Guru & Tenaga Medis Mendominasi Formasi CPNS 2014

Untuk mendapatkan SKCK, kebiasaannya tidak mahal yakni sekitar sepuluh ribu per orang dan sudah termasuk PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) Polri. Akan tetapi karena jumlah pelamar tes sangat banyak, maka uang yang terkumpul dari permohonan tersebut cukup besar. Misalnya pada tes CPNS 2013 lalu, tercatat jumlah pelamar mencapai 1,6 juta orang lebih. Artinya uang dari SKCK pelamar tes CPNS minimal terkumpul enam belas miliar rupiah Penghapusan ini tentunya membuat pihak kepolisain dalam segi keuangannya berkurang.



Pesyaratan lain yang akan di hapus adalah lembar kartu kuning atau surat keterangan pencari kerja yang diterbitkan dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten dan kota. Proses kartu kuning tersebut menjadi program pemerintah daerah. Aturannya tidak ada retribusi dalam pengurusan kartu kuning tersebut. Pada umumnya banyak pungutan liar dalam proses pembuatannya, harganya bervariasi dari lima ribu rupiah sampai dua puluh lima ribu rupiah.

Sedangkan surat keterangan sehat ini di terbitkan oleh dokter pemerintah, tidakcada aturan yang tetap terkait tarif pembuatan surat keterangan tersebut. Herman menambahkan dengan dihilangkannya sejumlah persyaratan dalam registrasi CPNS 2014 mempunyai tujuan supaya peserta fokus untuk menyiapkan diri menghadapi butir-butir soal yang akan diujiankan. Jangan sampai seperti tahun lalu materi ujian terdiri dari wawasan kebangsaan, karakterisik pribadi dan Intelejasi umum. Sehingga calon pelamar jangan sampai disibukan untuk mengurus dan membuat berbagai persyaratan adminsitrasi.

Dengan peghapusan ketiga pesyaratan tersebut, Herman memprediksi pelamar tes CPNS pada tahun ini aka membludak,, akan tetapi beliau memastikan tes CPNS tetap sesuai dengan skenario awal yakni akan menggunakan sistem Computer Assisited Test (CAT). Seluruh usulan CPNS baru dari instansi pusat maupun daerah sudah mulai masuk kepada Kemenpan-RB, selanjutnya usulan tersebut akan di proses menjadi formasi di setiap instansi. Kebutuhan yang paling banyak di dominasi diantaranya tenaga pendidik (guru), tenaga medis dan tenaga penyuluh pertanian dan sejenisnya.


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: