Lulus TKD Gerbang Menjadi CPNS


By | 19.10 Leave a Comment
asncpns.com - Penentu awal seorang pelamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah lulus mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD). Setelah melakukan pendaftaran pada portal nasional dan login pada portal mandiri atau sscn.bkn.go.id pelamar harus mengikuti seleksi administrasi yang dilakukan oleh masing-masing instansi, dan selanjutnya adalah Tes Kompetensi Dasar. TKD menjadi pintu awal dan syarat mutlak seorang pelamar menjadi CPNS. Sehingga pelamar harus mempersiapkan diri dengan mempelajari materi yang akan keluar pada tes tersebut yang terdiri dari Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Skala Kematangan (Karakteristik Pribadi). Ketiga komponen soal tersebut memiliki passing grade yang harus terpenuhi oleh peserta.

Lulus TKD Gerbang Menjadi CPNS

Tes yang ketat ini menjadi tolak ukur kemampuan peserta untuk mengabdi kepada Negara yaitu dengan menggunakan sistem CAT. Nilai yang menentukan kelulusan peserta bukan nilai keseluruhan, meskipun nilai akhir besar namun salah satu nilai dari komponen soal tidak memenuhi passing grade tetap dinyatakan tidak lulus. Berikut tips mengerjakan soal CPNS 2014 http://www.asncpns.com/2014/08/tips-mengerjakan-soal-cpns.html. Untuk penetapan passing grade akan di tetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Jumlah soal yang harus dikerjakan pada tes tersebut adalah 100 soal dengan waktu 90 menit yang terbagi atas 35 soal wawasan kebangsaan, 30 soal tes intelegensi umum, dan 30 soal skala kematangan/tes kepribadian. Untuk menjaga keamanannya, soal disusun oleh 17 konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang juga bekerjasama dengan berbagai kementerian. Seleksi yang ketat diharapkan mampu menjaring putra putri bangsa yang berkualitas. Sebagai kisi-kisi soal tes CPNS 2014 bisa mempelajari www.paketlkit.com

Setiap peserta harus memahami betul tata cara penggunaan sistem CAT karena tidak bisa menggunakan berarti tidak akan bisa megerjakan soal yang disediakan. TKD merupakan gerbang menjadi pegawai negeri sipil dan merupakan syarat wajib. Beberapa  instansi ada yang telah mengumumkan kelulusan seleksi administrasinya dan menandakan bahwa pelaksanaan TKD akan semakin dekat. Meskipun begitu masih banyak juga instansi daerah yang baru atau belum membuka pendaftarannya dan panselnas siap melayani pendaftaran pada instansi tersebut sampai akhir tahun ini.

Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan, "Jalan menjadi CPNS hanya satu, yakni lulus tes yang berlangsung secara fair, obyektif dan transparan." Penggunaan CAT menjadi salah satu jalan untuk pelaksanaan tes yang sehat dan bebas KKN, juga diharapkan mampu mendongkrak Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia. Tahapan yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan ujian adalah pendaftaran, setiap pelamar harus berhati-hati dan teliti dalam memasukkan informasi data pada registrasi pendaftaran karena jika salah satu huruf pun tidak akan bisa dirubah lagi dan akhirnya hanya merugikan diri sendiri. Jangan sampai kalah sebelum bertarung.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: