Macam Macam Solusi Dan Penyelesaian Permasalahan Pendaftaran CPNS 2014


By | 07.31 2 comments
asncpns.com - Pelamar CPNS saat mendaftar di web panselnas banyak dibingungkan dengan masalah yang dihadapi baik sebelum ataupun pasca pendaftaran CPNS. Permasalahan permasalahan yang dihadapi pendaftar ataupun pelamar sangatlah beraneka ragam dan tentunya sangat membingungkan dan membuat khawatir sebagian pendaftar.

asncpns dalam artikel kali ini akan menyuguhkan mengenai macam macam solusi dan penyelesaian permasalahan pendaftaran CPNS 2014

Solusi Dan Penyelesaian Permasalahan Pendaftaran CPNS 2014

Berikut adalah beberapa permasalahan yang dihadapi calon pendaftar CPNS 2014 beserta cara penyelesaian dan pengaduannya.

Permasalahan Sebelum Pendaftaran CPNS dan Solusinya

Tidak Bisa mengakses web https://panselnas.menpan.go.id/ ataupun https://regpanselnas.menpan.go.id

Jika anda tidak bisa mngakses portal resmi pendaftaran CPNS diatas, hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
  • Jaringan Internet komputer anda lambat.
Permasalahan ini solusinya adalah silakan periksa jaringan dan koneksi Internet anda, periksa juga kecepatan Internet yang anda miliki di tempat anda dan coba masuk kembali ke alamat website diatas.
  • Server down
Walaupun Panselnas di support beberapa server milik Kementerian, tapi hal ini rupanya masih saja kurang, karena pengakses website pendaftaran CPNS sangat berjubel. Solusi untuk permasalahan ini adalah, silakan akses website panselnas di lain hari. Server down bisa memakan waktu sampai 1x24 Jam
  • Muncul Tulisan Error
Hal ini bisa saja terjadi yang diakibatkan karena proses maintenance server ataupun padatnya traffic. Para calon pendaftar bisa mengakses website pendaftaran dilain jam pada hari yang sama. Dalam catatan asncpns, pihak panselnas membutuhkan waktu sekitar 2 Jam untuk menyelesaikan proses maintenance hingga normal lagi ke awal


Permasalahan Setelah Pendaftaran CPNS dan Solusinya

Proses setelah pendaftaran CPNS yang kami maksudkan adalah dimana setiap pelamar telah melakukan pengisian masing masing kolom registrasi dan menekan tombol kirim di alamat website https://regpanselnas.menpan.go.id

Permasalahan NIK

Permasalahan NIK atau Nomor Induk Kependudukan ketika mendaftar CPNS adalah merupakan masalah yang paling banyak diadukan pelamar kepada pihak Panselnas. Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Kementerian PANRB, Herman Suryatman mengatakan "Jumlah Pengaduan sampai dengan saat ini mencapai 150 ribu aduan, 50 ribu diantaranya adalah permasalahan NIK, dan pengaduan yang sudah ditindaklanjuti mencapai 20 ribu aduan" ungkapnya kepada asncpns.com.

Saat ditanya mengenai solusi, dia mengungkapkan, "Apabila ada masalah dengan NIK, dapat email ke: panselnas@menpan.go.id" jawabnya melalui pesan singkat. Untuk lebih memudahkan silakan anda lihat panduan pengaduan permasalahan NIK di video berikutdi bawah ini



Permasalahan Email

Banyak Pendaftar CPNS 2014 bersikap toledor dalam memperhatikan emailnya sendiri saat mendaftar CPNS. Hal ini terjadi baik email yang dia miliki sudah tidak valid, ataupun email yang dia ketikkan salah saat mendaftar. Tentunya jika hal ini terjadi, akan berdampak sangat fatal karena saat dia menekan tombol "kirim" berarti sebenarnya dia telah mengirimkan seluruh data yang dianggap benar oleh pihak panselnas - dan jika email anda salah atau tidak valid berarti anda tidak bisa menerima email konfirmasi yang dikirimkan pihak panselnas. so, kalau ini terjadi...anda yang kebingungan sendiri.

Untuk solusi permasalahan ini, Herman mengungkapkan kepada asncpns "Apabila ada masalah terkait email anda, dapat kirim ke email: info@panselnas.id dengan mencantumkan semua data yang diisi saat mendaftar" jelasnya via Whatsapp.

Tidak bisa mengakses situs http://sscn.bkn.go.id

Hal ini dimungkinkan account anda belum aktif. Silakan tunggu setidaknya 1x24 Jam untuk bisa login ke situs milik BKN diatas. Jika dalam 1x24 jam anda belum bisa masuk juga, anda bisa mencobanya dengan memasukkan NIK beserta password anda saat mendaftar CPNS di website panselnas.

Password salah atau tidak bisa digunakan

Disaat anda mendaftar, silakan pilih password atau kata kunci dengan kata yang mudah anda ingat. Jika anda lupa mengenai password anda, solusinya adalah sama dengan solusi "permasalahan email" yang telah dijelaskan diatas

Tidak Mendapatkan Notifikasi Email dari Panselnas

Permasalahan ini adalah merupakan salah satu permasalahan yang sering ditanyakan pendaftar baik melalui account twitter @asncpns, facebook ataupun kontak form asncpns.
Jika anda menemui kendala ini, sebagai solusinya silakan anda cek kotak inbok email anda. Jika memang tidak ada di kotak inbox, silakan anda cek juga kotak spam email anda, karena kemungkinan email konfirmasi masuk ke dalam kotak spam email. Jika memang tidak ada di dua-duanya, silakan anda tunggu 1x24 jam.

Harap bersabar jika anda belum  ataupun tidak mendapatkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, anda bisa mencoba masuk ke http://sscn.bkn.go.id ataupun portal masing masing Kementerian menggunakan NIK dan password anda. Perpindahan data dari portal Panselnas ke portal masing masing instansi/Kementerian memerlukan waktu.

Jika cara tersebut belum juga berhasil, silakan anda kirimkan email pengaduan kepada pihak panselnas dengan cara yang telah dijelaskan diatas, khususnya "permasalahan email"

Meskipun banyak pengaduan dari masyarakat terkait pendaftaran secara online, dilain pihak sudah banyak pelamar yang berhasil mendaftar dan memiliki akun dan selanjutnya bisa login ke website masing-masing instansi dan hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu 1x24 jam bahkan kurang. Sampai dengan tanggal 8 September 2014, pendaftar CPNS sudah menembus angka 980.058 orang, dimana Kemenke menjadi Instansi Favorit dalam penerimaan CPNS 2014 yang mencapai angka  134,688 pendaftar.

Setiap permasalahan yang dihadapi disaat pendaftaran sudah memiliki cara penyelesaian masing-masing. silakan anda ikuti penyelesaiannya sesuai dengan penjelasan asncpns diatas.

Untuk bisa lulus tes ini, peserta harus memenuhi ambang batas yang telah ditetapkan oleh panitia. Setelah tes selesai maka hasilnya akan langsung didapatkan, persaingan yang ketat ini memerlukan persiapan yang maksimal dan salah satunya adalah berusaha mempelajari kisi-kisi dengan baik.

Untuk bisa mendaftar dengan sukses pelamar harus memahami betul alur pendaftaran serta aturan yang berlaku, semuanya bisa dipelajari pada website panselnas.menpan.go.id, dan atau melihat tayangan video di bawah ini




Selain menyediakan pengaduan secara tidak langsung, panselnas juga menyediakan posko layanan informasi bagi masyarakat yang akan bertanya perihal dan masalah informasi CPNS 2014. Posko ini bertempat di Kantor Kemenpan RB, di Jakarta.

Terlepas dari itu, peserta yang telah berhasil mendaftar harus siap untuk mengikuti tes CPNS salah satunya adalah dengan mempersiapkan mental dan pengetahuan. Asncpns.com sangat merekomendasikan setiap pelamar cpns tahun ini untuk bisa memiliki Paket LKIT 2014 dan mempelajarinya sebagai bahan pembelajaran materi TKD CPNS 2014.

Kami ingatkan kepada anda para pelamar CPNS 2014, disaat anda akan mengirimkan aduan kepada pihak panselnas, harap diperhatikan bahwa aduan yang dikirimkan haruslah sesuai prosedur yang benar. Selain itu, calon pelamar harus melampirkan bukti KTP atau e-KTP dan ijazah SMA atau akte kelahiran dalam pengiriman email. Jika Pengaduan email dikirimkan dengan data yang tidak lengkap, maka pengaduan tersebut tidak akan diproses.

Zainul Anwar Effendi, tim IT Panselnas mengungkapkan "Ini pengaduan yang masuk setiap harinya 15 ribu sampai 17 ribu, sehingga kalau ditotal sekitar 255 ribu. Hanya saja yang pengaduannya benar cuma sepertiganya saja atau lima ribu per hari. Selebihnya pengaduannya kacau".

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

2 komentar:

  1. Saat daftar di portal panselnas banyak yang bilang :

    "Data tidak sesuai KTP" itu gimana ya?

    padahal sudah dicoba nama sesuai KTP baru, KTP lama, akte kelahiran.. banyak yang mengalami kasus serupa,,,

    mohon Penyelesaiannya,

    karena pendaftaran sudah dibuka, dan waktu tidak dapat menunggu, terkecuali tim panselnas menambah waktu pendaftaran sampai semua persoalan ini bisa teratasi,,,,

    ini adalah salah satu kendala yang harus di tanggulangi dengan cepat,... karena setiap permasalahan harus memiliki solusi agar kedepannya tidak terjadi hal seperti ini lagi, demi kemajuan sistem panselnas di masa sekarang dan akan datang... terima kasih

    BalasHapus
  2. tahun lalu pertamakali sistem cat dipakai tetapi sebagiannya juga menggunakan ljk.knp registrasi ini juga tidak menggunakan sistem manual sebagiannya terutama bagi yang mengalami masalah dengan NIK.Mengingat ini pertamakalinya diterapkan pasti banyak ERRORnya terlebih lagi dengan menggunakan koneksi internet.

    saya menjalani kuliah virtual selama 4 tahun dengan teman2 kuliah yang tersebar di seluruh dunia tapi kami tidak mengalami kendala sedemikian ini bahkan saat kami ujian atau kuliah online.semoga ini menjadi pelajaran yang berharga bagi bangsa Indonesia kita yang tercinta.

    Meskipun sistem online itu baik,tapi tidak semua hal bisa diselesaikan dengan sistem ini.pada akhirnya aparatur negara yang kompeten, profesional, dalam kesehariannya memiliki alkhlak yang baik dan terutama memiliki rasa takut akan TUHAN menjadi jalan keluar yang baik. meskipun terdengar klise tapi itu adalah impian saya untuk bangsa ini.

    sekali lagi tidak semua hal yang bisa diselesaikan dengan mesin, secanggih apapun dan semutahkir apapun mesin itu.

    BalasHapus