Formasi Sisa Untuk Honorer K2 Masih Menanti


By | 17.50 Leave a Comment
asncpns.com - Kuota CPNS untuk honorer kategori 2 masih terbuka lebar, pada proses penetapan NIP yang sedang berlangsung hingga saat ini telah diketahui bahwa kuota yang tidak terisi adalah sebanyak 27.941 formasi. Dari tahun 2013 sampai 2014 pemerintah membuka penerimaan CPNS untuk jalur honorer dengan jumlah yang cukup banyak diatas 90 ribu formasi. Namun dari jumlah tersebut tidak terisi semua karena banyak honorer yang gagal dalam tes ataupun karena berkas dan persyaratan yang dilampirkan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Formasi Sisa Untuk Honorer K2 Masih Menanti

Jumlah penerimaan CPNS untuk tenaga honorer tahun 2013 yang disiapkan adalah 96.832 dan tahun 2014 sebanyak 96.329. Sama halnya seperti seleksi CPNS secara umum, setelah dinyatakan lulus honorer harus melakukan pemberkasan untuk kepentingan penetapan NIP. Pada tahap ini instansi yang mengajukan pemberkasan NIP kepada BKN harus melampirkan Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) sebagai syarat wajib proses NIP. Dari jumlah formasi yang tersedia, BKN telah menetapkan NIP honorer K2 tahun 2013 sebanyak 61.356 dan tahun 2014 sebanyak 61.568 formasi.

Jumlah formasi yang tidak terisi tahun 2013 seperti yang diungkapkan oleh Karo Humas dan Protokol Badan Kepegawaian Negara (BKN), Tumpak Hutabarat, “Tahun 2013, sisa formasi yang belum terisi adalah 12.467 dari formasi yang disiapkan 96.832.”

Sisa dari formasi yang tidak terisi pada tahun 2014 lebih banyak daripada tahun 2013 yaitu mencapai 15.474 dan jika ditambahkan dari tahun sebelumnya masih cukup banyak formasi yang tidak terisi. Tentu saja jumlah tersebut akan menjadi peluang besar bagi honorer untuk bisa mendapatkannya dan saat ini honorer meminta agar sisa formasi yang tersisa bisa diisi oleh honorer yang tidak lulus tes. Namun Tumpak menyatakan bahwa formasi tersebut tidak bisa diisi begitu saja tetap harus melalui alur penerimaan yang jelas.

Berbeda dengan honorer K2, tahun ini penerimaan CPNS akan dibatasi atau berlaku moratorium CPNS kecuali untuk beberapa formasi seperti tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Untuk seleksi penerimaan CPNS sendiri masih fokus pada penetapan NIP bagi pelamar yang dinyatakan lulus CPNS 2014. Jumlah NIP yang telah ditetapkan hampir separuh dari jumlah pengajuan yang dilakukan oleh instansi. Jumlah formasi yang tersedia untuk tahun 2014 belum seluruhnya diajukan pemberkasan NIP baik itu dari intansi pusat ataupun instansi daerah yaitu dengan jumlah 6.864.

Sejatinya pemberkasan NIP atau penetapan NIP oleh BKN tidak membutuhkan waktu yang lama hanya 14 hari kerja, itupun jika berkas yang diberikan tidak bermasalah. Sedangkan jika terkendala pada berkas maka mmebutuhkan waktu lebih lama untuk proses NIP karena BKN harus cek ulang berkas tersebut dengan teliti. Intinya adalah semakin cepat pengajuan maka akan semakin cepat pula proses nya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: