Komposisi Soal, Tingkat Kesulitan dan Sistem Penilaian CAT CPNS


By | 20.48 6 comments
Komposisi Soal, Tingkat Kesulitan dan Sistem Penilaian CAT CPNS
Sikap profesionalisme seorang abdi negara dalam melaksanakan seluruh tugas pemerintahan dan melayani publik akan menjadikan roda pemerintahan bergerak efektif. Peran dari sikap profesionalitas seorang PNS dalam bekerja akan menjadi gambaran ujung tombak pemerintahan di mata sosial masyarakat, karena seorang abdi negara merupakan aktor pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dengan peran dan posisinya yang sangat strategis, PNS diharapkan mampu terus berkembang dengan meningkatkan kualitas dan kompetensinya. Selain itu, untuk mendorong terciptanya ASN yang diharapkan tadi, maka pemerintah merubah sistem penerimaan CPNS menggunakan sistem berbasis CAT (Computer Assisted Test) dengan harapan bisa menjaring seorang pegawai negeri sipil yang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, juga sebagai aktor perekat dan pemersatu bangsa.


CAT CPNS

Sistem CAT CPNS adalah suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian.

Tujuan dari penggunaan metode CAT CPNS di berbagai instansi adalah sebagai berikut:
  1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian
  2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  3. Menetapkan standar nilai
  4. Meningkatkan transparansi, obyektivitas, akuntabilitas dan efisiensi. 
 Materi Ujian CAT

Materi ujian dalam seleksi CPNS menggunakan CAT adalah terdiri dari Tes Kompetensi Dasar, dimana di dalamnya terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Komposisi Soal Ujian CAT CPNS

Komposisi Soal tes CPNS dengan basis Computer Assisted Test adalah sebagai berikut:
  • 35 Butir Soal Tes Karakteristik Pribadi
TKP CPNS adalah merupakan rangkaian tes CPNS yang termasuk ke dalam kategori tes psikologi yang mengukur tentang pengendalian diri, kemampuan beradaptasi, integritas, semangat berprestasi dan hal hal lain yang berkaitan dengan kreativitas, inovasi dan orientasi pelayanan. Untuk mengetahui secara detail mengenai TKP CPNS ini, silakan anda baca artikel asn cpns sebelumnya "Tes Karakteristik Pribadi dan Rahasia Penyelesaiannya"
  • 30 Butir Soal Tes Intelegensi Umum
Tes Intelegensi Umum adalah merupakan tes kemampuan peserta dalam bidang verbal, numerik, berpikir logis dan berpikir analitis.

Tes Kemampuan Verbal bertujuan untuk mengukur kemampuan seorang calon abdi negara dalam menyampaikan informasi baik secara lisan ataupun tulisan. Tes ini terdiri dari Tes Sinonim, Tes Antonim dan Tes Padanan Kata.

Tes Kemampuan Numerik adalah merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seorang CPNS dalam melakukan operasi perhitungan angka. Tes numerik bercirikan soal soal berbentuk aljabar dan aritmetika.

Tes Kemampuan Berpikir Logis adalah merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan seorang calon pegawai negeri sipil dalam melakukan penalaran secara runtut dan sistematis. Tes ini diberikan sebagai tolak ukur abdi negara yang akan melayani masyarakat, dimana segala pekerjaan yang kelak akan dilakukan harus selalu berurutan dan sistematis. Soal yang masuk ke dalam kategori ini adalah terdiri dari deret dan silogisme.

Tes Kemampuan Berpikir Analitis adalah merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seorang calon Aparatur Sipil Negara dalam mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Tes ini terdiri dari tes analitik dan spasial.

Contoh Soal Tes Intelegensi Umum Kategori Mudah s/d Kesulitan Sedang:

Adicita =....
A. Harapan
B. Pegangan
C. Cita-cita
D. Tujuan
E. Ideologi

Lawan kata Tetiran ...
A. Petir
B. Asli
C. Amatiran
D. Imitasi
E. Palsu

Okulis : mata = Veteriner : ………
A. Tulang
B. Hewan
C. THT
D. Perut
E. Kelamin

40, 39, 37, 40, 36, 31, ..., ...
A. 37
B. 36
C. 35
D. 34
E. 33

Sebuah kelompok siswa yang terdiri dari enam orang siswa yaitu A, B, C, D, E, F. Siswa C selalu ingin dekat dengan B tetapi tidak ingin dekat dengan d. Siswa F selalu ingin dekat dengan B dan d. Siswa A selalu ingin berada dipaling depan. Kemungkinan urutan yang paling benar siswa tersebut adalah
A. A, B, C, D, E, F
B. A, B, C, F, D, E
C. A, B, C, F, E, D
D. A, C, B, D, F, E
E. A, C, B, F, D, E

Sebuah gedung memerlukan 2 tahun untuk dapat rampung jika dikerjakan oleh 476 orang, jika gedung tersebut ingin dikerjakan dalam waktu 1 tahun 2 bulan, maka berapa pekerja yg diperlukan?
a.639
b.717
c.740
d.816
e.977

Sebuah Keluarga mempunyai 5 orang anak. Salah satunya berumur x tahun dan ada anak yang berumur 2 tahun. Tiga anak yang lain masing-masing berumur x+2, X+4 dan 2x-3 tahun. Bila rata rata hitung umur mereka adalah 16 tahun, maka anak yang tertua berumur...

A. 11 Tahun
B. 15 Tahun
C 19 Tahun
D. 22 Tahun
E. 27 Tahun

Seutas tali dipotong menjadi 2 bagian sehingga panjang bagian pertama adalah tiga kali panjang bagian kedua. Jika bagian yang lebih panjang adalah 12 meter, berapakah panjang tali sebelum dipotong
A.12
B.16
C.18
D.20
E.24
  • 35 Butir Soal Tes Wawasan Kebangsaan
Tes Wawasan Kebangsaan adalah merupakan tes yang akan mengukur peserta tes CPNS dalam memahami dan mencintai bangsanya sendiri. Tes ini akan terdiri dari berbagai aspek yang berkaitan dengan aspek berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 45, sistem tata negara Indonesia baik dalam pemerintahan pusat maupun daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global dan kemampuan pengetahuan umum yang meliputi Bahasa Indonesia dan pengetahuan pengetahuan di bidang ekonomi, hukum, budaya dan wawasan nusantara.

Contoh Soal TWK kategori mudah:

Ciri khas negara kesatuan adalah ….

A. Kepala negaranya adalah seorang presiden
B. Kekuasaan asli ada pada pemerintah pusat
C. Warga negara mudah berpindah domisili
D. Adanya konstitusi yang tertulis
E. Kepala negaranya dipilih oleh rakyat

Contoh Soal TWK kategori sedang:

Wawasan Nusantara sebagai pedoman bagi perwujudan cita-cita dan mencapai tujuan nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mempunyai fungsi ke dalam yaitu
A. Ingin melaksanakan ketertiban dunia
B. Ingin mencerdaskan kehidupan bangsa
C. Ingin mewujudkan kesatuan dalam berbagai aspek alamiah dan aspek sosial
D. Ingin mewujudkan kesejahteraan ekonomi seluruh rakyat
E. Ingin mewujudkan masyarakat adil makmur
Referensi Soal: Bank Soal CAT BKN, Bank Soal Paket LKIT


Sistem Penilaian Ujian CAT CPNS

Total nilai CAT CPNS jika peserta tes bisa menjawab semuanya adalah bernilai 500. Akan tetapi setiap peserta dipersyaratkan mendapatkan

  • 72 % dari nilai maksimal Tes Karakteristik Pribadi atau sebesar 126. Nilai Maksimal TKP adalah 175
  • 50 % dari nilai maksimal Tes Intelegensia Umum. Nilai Maksimal TIU adalah 150
  • 40 % dari nilai maksimal Tes Wawasan Kebangsaan. Nilai Maksimal TWK adalah 175
Soal CPNS dalam CAT dibuat oleh konsorsium beberapa perguruan tinggi negeri yang ditunjuk oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan untuk seleksi CPNS dipimpin oleh Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas.

Dalam sistem penilaian ujian kelulusan, setiap peserta bisa lulus hanya jika yang bersangkutan bisa meraih semua nilai minimal yang telah dipersyaratkan, yaitu meliputi TKP, TIU dan TWK seperti yang telah dijelaskan diatas.

Didalam penilaian TKP, nilai yang diberikan adalah berkisar "1" sampai dengan "5", dan tidak ada nilai "0". Sedangkan untuk penilaian TIU dan TWK nilainya adalah "0" jika salah dan bernilai "5" jika jawaban benar.

Nilai maksimal yang bisa diraih oleh peserta tes berbasis CAT adalah "500" sedangkan nilai minimum adalah "35". CAT CPNS tidak menggunakan sistem pengurangan nilai, jika jawaban salah.

Waktu pengerjaan yang diberikan untuk mengerjakan semua soal CAT CPNS adalah 90 menit untuk 100 soal. Sehingga jika dirata-ratakan, setiap peserta harus bisa menjawab satu soal dalam jangka waktu 54 detik.

Passing Grade Kelulusan Sistem CAT

Penilaian hasil ujian CAT adalah berdasarkan pada Passing Grade yang telah ditentukan. Untuk nilai ambang batas kelulusan dari pengerjaan CAT adalah berlandaskan Permenpan RB No 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

Nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Nilai Passing Grade tersebut ditetapkan berdasarkan kriteria sebagai berikut :
  • 72 % dari nilai maksimal (175) Tes Karakteristik Pribadi dengan jumlah soal 35
  • 50 % dari nilai maksimal (150) Tes Intelegensia Umum dengan jumlah soal 30
  • 40 % dari nilai maksimal (175) Tes Wawasan Kebangsaan dengan jumlah soal 35
    Bobot Kesulitan Soal CPNS

    Bobot kesulitan soal CPNS adalah tidak sama. tingkat kesulitan yang diberikan sangat bervariasi, dan didominasi dengan tingkat kesulitan sedang. Tingkat kesulitan soal ujian seleksi CPNS dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
    1. Tingkat Kesulitan Mudah
    2. Tingkat Kesulitan Sedang
    3. Tingkat Kesulitan Sulit
    Tingkat kesulitan soal yang mendominasi dalam CAT adalah tingkat kesulitan sedang, yaitu sekitar 70%. Sedangkan untuk kategori soal mudah sekitar 10% dan kategori soal tingkat kesulitan sulit sekitar 20%.

    Bobot soal CPNS jalur cpns umum berbeda dengan jalur Honorer atau PPPK. Tingkat kesulitan seleksi cpns dari jalur umum adalah lebih sulit dari PPPK maupun honorer.

    Soal soal ini juga dibagi bagi lagi berdasarkan kategori pendidikan, mulai dari SMU, Diploma, Sarjana sampai dengan Pasca Sarjana. Semakin rendah tingkat pendidikan dalam suatu formasi CPNS, maka soal yang diberikan akan semakin mudah. Begitu juga sebaliknya, semakin tinggi tingkat pendidikan dalam suatu formasi CPNS maka tingkat kesulitan soal akan semakin sulit.

    asncpns sangat merekomendasikan setiap calon peserta tes untuk bisa belajar sebaik baiknya disaat akan mengikuti seleksi tes. Jangan pernah percaya terhadap oknum oknum yang bisa menjanjikan kelulusan dengan iming iming meminta uang puluhan hingga ratusan juta. Dengan sistem CAT yang menentukan bisa lulus adalah murni kemampuan dari peserta. Sebagai bahan pembelajaran terlengkap kami rekomendasikan setiap calon peserta tes untuk belajar makasimal dari Materi Ujian CPNS Paket LKIT.

      Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

      6 komentar:

      1. Terimaksh,,untuk bahan referensi ,,,

        BalasHapus
      2. terima kasih atas referansinya, salam kenal. Catatan Inspirasi

        BalasHapus
      3. berharap agustus 2015 ada tes cpns

        BalasHapus
      4. terima kasih atas informasinya, sangat membantu

        BalasHapus