Sistem CAT Berbasis VPN, Aman!


By | 02.08 Leave a Comment
CAT CPNS
asncpns.com -  Pada tanggal Rabu (26/08/2015), Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengadakan simulasi terkait pemutakhiran jaringan CAT berbasis Virtual Private Network (VPN) di ruang CAT BKN Pusat. Simulasi ini diikuti oleh seluruh admin pengelola Computer Assisted Test (CAT) Kantor Regional I hingga XIV BKN.

Sekedar informasi, Virtual Private Network adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi

Perlu penerapan teknologi tertentu agar traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam server.

Selain itu, VPN di sistem CAT BKN ini sendiri berfungsi sebagai sistem yang membentuk jaringan dalam cakupan luas dan mendukung akses komunikasi yang menghubungkan BKN Pusat dengan seluruh wilayah kantor regional BKN secara mudah. Dengan demikian, CAT CPNS aman dan tidak mudah dimanipulasi oleh pihak luar.

Kegiatan ini diikuti oleh 52 perserta admin pengelola CAT diseluruh lingkungan kerja BKN ini bertujuan untuk pembekalan mereka dalam penerapan sistem jalur komunikasi data berbasis VPN yang dibangun semenjak tahun 2014 silam.

Yudhantoro Bayu selaku Kepala Bidang Pengelolaan Pembina Teknologi Informasi Seleksi menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur aplikasi CAT berbasis VPN ini sudah mulai dilakukan, salah satunya dengan mengadakan kegiatan simulasi implementasi jalur komunikasi data berbasis VPN.

“Ke depan, kita akan melakukan uji coba secara langsung penerapan jaringan CAT berbasis VPN ini, mengingat CAT BKN tidak hanya berfungsi sebagai media untuk melakukan rekrutmen tapi seluruh proses seleksi kepegawaian dilakukan dengan CAT, ” tandasnya.


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: