49.443 PTT Akan Diangkat PNS!


By | 17.01 Leave a Comment
PTT
asncpsns.com - Kabar gembira untuk para PTT (Pekerja Tidak Tetap), pasalnya Pemerintah akan mengangkat para PTT untuk menjadi menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun depan. Hal ini pun diperkuat oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menjanjikan, mengangkat seluruh tenaga kesehatan PTT menjadi PNS.

Saat ini, menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada 49.443 orang yang berstatus sebagai tenaga kesehatan PTT yang terdiri dari Bidan PTT sebanyak 42.245 orang, dokter PTT 1.984 orang, dokter gigi PTT 904 orang, serta Tenaga Tim Nusantara Sehat 4.310 orang.

Keputusan ini berdasarkan minimnya tenaga kesehatan yang ada di 8.640 Puskesmas di seluruh Indonesia yang berimbas kepada tidak tepenuhinya standar minimal pemenuhan tenaga kesehatan sesuai dengan PeraturanMenteri Kesehatan nomor 75 tahun 2014.

Dalam aturan tersebut dinyatakan bahwa standar minimal tenaga kesehatan puskesmas perkotaan non rawat inap sebanyak 22 tenaga kesehatan dan rawat inap 31 orang. Sementara, untuk puskesmas kawasan pedesaan serta kawasan terpencil dan sangat terpencil masing-masing sama, non rawat inap 19 dan rawat inap 27 orang

Murti Utami selaku Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenkes menyatakan bahwa pengangkatan dilakukan sebagai bentuk apresiasi pada tenaga kesehatan PTT atas kontribusi yang diberikan dan telah menjadi ujung tombak pembangunan kesehatan di pedesaan. “Para tenaga PTT adalah salah satu ujung tombak dalam menurunkan angka kematian Ibu. Oleh karenanya, pemenuhan dan peningkatan kapasitas SDM kesehatan harus dilakukan.‎ Insya Allah proses pengangkatannya dimulai tahun depan", paparnya.

Selain itu, Kemenkes akan membuka sekitar 43.856 formasi untuk tenaga kesehatan dah hal ini telah disanggupi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi. 43.856 formasi tersebut terdiri dari dokter, dorkter gigi, bidan, tenaga farmasi, kesehatan masyarakat, sanitarian gizi dan analis kesehatan.

Emi Nurjasmi selaku Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengatakan, perjuangan mereka selama bertahun-tahun akhirnya tak sia-sia. Apalagi, banyak masalah status PTT yang tak kunjung diangkat sebagai abdi negara meski telah belasan tahun mengabdi. “Kami terus berjuang agar para bidan PTT bisa memperoleh penghargaan yang sesuai dengan pengabdian mereka. Alhamdulillah semuanya diangkat,” ungkap Emi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: