Kementerian Keuangan Sediakan 4000 Formasi CPNS


By | 02.32 Leave a Comment
Alokasi Formasi CPNS Kemenkeu 2016

Siapa yang tidak mau kerja di Kementerian Keuangan, gaji besar dan tunjangan berlimpah selalu menjadi alasan mengapa orang berburu CPNS di kementerian ini. Survei terakhir yang dilakukan asncpns.com, Kementerian Keuangan menempati rangking teratas dalam hal tempat kerja favorit untuk kalangan PNS. Dan tidak hanya itu, berdasarkan data Panseldikdin s/d tanggal 26 April jumlah pendaftar sekolah ikatan dinas khususnya STAN pada tahun 2016 ini menempati urutan pendaftar terbanyak yaitu sekitar 116.339 pendaftar sedangkan sekolah ikatan dinas lain tidak mencapai angka 5000, kecuali Kementerian Luar Negeri sebanyak 32.391 pendaftar - itu artinya memang Kementerian Keuangan masih menjadi primadona bagi kalangan orang yang bercita cita menjadi PNS.



Kabar gembira datang dari lingkungan kemenkeu ini, dimana pada tahun 2016 pihaknya telah mengajukan sebanyak 4000 formasi CPNS untuk mengisi kekurangan SDM di lingkungannya.

"Formasi kebutuhan PNS yang diajukan sekitar 4.000 an PNS. Kita tetap mengikuti formasi yang disiapkan Menteri PAN RB," ujar Hadiyanto selaku Sekretaris Jenderal Kemenkeu di Jakarta (28/4/2016) seperti dilansir liputan6

Formasi yang kami ajukan tentu sudah mempertimbangkan berbagai aspek dan salah satunya adalah pertimbangan kuota yang disiapkan pihak Kementerian PAN RB. Jumlah formasi cpns sebanyak itu adalah merupakan kebutuhan PNS di seluruh Direktorat Jenderal atau Unit Eselon I Kemenkeu, termasuk Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dan Ditjen Bea Cukai yang masih kekurangan sumber daya manusia (SDM), urainya.

"Lebih dari 4.000 PNS ini buat Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai dan seluruh Unit Eselon I. Tapi memang dari angka itu, porsi paling banyak untuk Ditjen Pajak dan Bea Cukai sesuai dengan lingkup tugasnya yang sangat luas," tandasnya.

Dari total keseluruhan tersebut, sebanyak 2000 formasi akan dialokasikan untuk Ditjen Pajak dan Bea Cukai.

"Kebutuhan PNS di lingkungan Kemenkeu terutama di Ditjen Pajak dan Bea Cukai jelas lebih dari itu. Karena selain mengembangkan IT, kita tetap membutuhkan sumber daya manusia yang bisa langsung memantau dan meningkatkan penerimaan melalui account representatif," ungkapnya.

Meski kebijakan moratorium penerimaan PNS masih berlaku, kecuali untuk profesi tertentu, namun tidak menyurutkan kerja Kemenkeu sebagai bendahara negara.

"Moratorium kan tidak menambah jumlah pegawai yang ada, tapi perekrutan lebih kepada untuk menggantikan yang pensiun. Walaupun jumlahnya tidak seperti tahun lalu, kinerja tidak berkurang, kita kerja keras untuk itu," tandas Hadiyanto.

Formasi di Kemenkeu

Jabatan formasi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan seperti asesor pemeriksa pajak, pengelola keuangan, analisis keuangan, verifikator keuangan, analis anggaran, pengelola data pelayanan perpajakan, analis bea cukai dan verifikator bea cukai sepertinya masih akan tetap mendominasi dari total keseluruhan formasi yang dibuka.

Jika berkaca dari tahun 2014 alokasi formasi cpns di Kemenkeu kebanyakan dibuka untuk jalur S1 kecuali bagian verifikator yang mengisyaratkan Diploma.

Selain itu, untuk tahun 2016 formasi CPNS haruslah sesuai dan sejalan dengan kebijakan nawacita pemerintah. Berikut adalah detail nama formasi nawacita cpns 2016

Unit Eselon I di Kementerian Keuangan

Jika berkaca pada penjelasan Hadiyanto diatas, dari 4000 formasi yang diusulkan, 2000 formasi akan dialokasikan untuk keseluruhan unit eselon 1 yang lain karena 2000 sisanya sudah diserap oleh ditjen pajak dan ditjen beacukai.

Berikut adalah unit eselon 1 di lingkungan Kemenkeu, selain Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

  • Sekretariat Jenderal;
  • Direktorat Jenderal Kekayaan Negara;
  • Direktorat Jenderal Anggaran;
  • Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang;
  • Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan;
  • Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
  • Inspektorat Jenderal;
  • Badan Kebijakan Fiskal;
  • Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Tes CPNS di Lingkungan Kemenkeu

Pelaksanaan tes cpns di lingkungan kementerian keuangan terdiri dari beberapa tahap, diantaranya adalah tes TKD menggunakan CAT CPNS, Tes Psikotes, Tes Kesehatan dan Kebugaran dan yang terakhir adalah Tes Wawancara. Tes-tes tersebut adalah jika kita mengacu pada pelaksanaan tes tahun sebelumnya di kementerian tersebut.

Tes ini tentunya berbeda dengan tes cpns di lingkungan pemerintahan daerah yang hanya cukup menggunakan CAT CPNS, disaat seseorang memenuhi passing grade maka yang bersangkutan dinyatakan lulus. Akan tetapi di Kemenkeu masih ada tahapan tes lain menanti.

Jika memang cita cita kamu ingin bekerja di lingkungan Kemenkeu, sudah sepantasnya kamu bersiap diri dengan sebaik baiknya. Iringilah setiap usaha dengan doa, agar kesuksesan bisa diraih dengan sempurna. Sebagai referensi pembelajaran terbaik yang telah banyak meluluskan cpns di Kemenkeu direkomendasikan untuk bisa mempelajari semua materi dan memahami semua bentuk soal yang disuguhkan dalam paketlkit dan paket lkit tkb kemenkeu

Lulus CPNS Kementerian Keuangan Paket LKIT


Video Gambaran Tes CPNS di Lingkungan Kementerian Keuangan




Kamu sudah siap..?? Tunjukan bahwa kamu bisa bersaing dan bisa menjadi yang terbaik.
Sukses itu mudah selama kamu berusaha dengan baik dan belajar dari bahan bahan terbaik....Sukses Ya..!!!

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: