2018 Pemerintah Kembali Gelar Seleksi CPNS


By | 17.45 Leave a Comment
Rencana penerimaan cpns tahun 2018 yang dilontarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Asman Abrur pada saat kunjungannya ke Makassar kembali mendapatkan perhatian masyarakat.
Asman menyatakan bahwa pada tahun 2018 mendatang pemerintah kembali akan membuka kran rekrutmen CPNS secara besar besaran.

"Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten dan provinsi," ungkap Asman seusai acara Sosialisasi dan Konsultasi Pembentukan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Sulawesi Selatan dan Implementasi LAPOR! SP4N di Sulawesi Selatan, di Makassar, Jumat (10/11).

Rekrutmen CPNS mendatang adalah sebagai pemenuhan kebutuhan ASN di tiap instansi karena pada 2017 sampai dengan 2018 sebanyak 220 ribu PNS memasuki masa pensiun. Menurut Menpan-RB Asman Abnur, dibukanya lowongan tersebut guna memenuhi 50-60 persen formasi yang ditinggalkan.

Tidak seperti rekrutmen cpns 2017, pada penerimaan CPNS 2018 kran rekrutmen CPNS pemda akan dibuka selebar lebarnya. Penerimaannya akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah.

"Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten dan provinsi," katanya.

Selain itu, formasi yang dibuka juga untuk kementerian dan lembaga yang formasinya tidak terisi pada seleksi CPNS 2017.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, mengungkapkan khusus untuk Pemda, pihaknya sedang menyusun persyaratan dan kriteria untuk seleksi CPNS Pemda.

"Terkait rencana pengadaan CPNS tahun 2018, khususnya untuk formasi di lingkungan pemerintah daerah sebagaimana disampaikan Pak Menpan (Asman Abnur). Dapat kami informasikan bahwa saat ini masih dalam proses, termasuk menyusun kriterianya (kriteria layak atau tidaknya untuk mendapatkan formasi)," ungkap Herman, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa pihaknya tengah menghitung kebutuhan formasi CPNS dan melakukan pengecekan data yang disampaikan oleh masing-masing Pemda.

"Kami sedang melakukan penghitungan kebutuhan dari masing-masing daerah. Kami juga tengah melakukan validasi data yang telah disampaikan oleh tiap-tiap pemerintah daerah melalui e-formasi sehubungan dengan adanya perubahan struktur organisasi perangkat daerah pasca diberlakukannya PP 18/2016 tentang Perangkat Daerah," jelasnya.

Berikut adalah hal hal penting perihal penerimaan CPNS Tahun 2018


Apakah benar pada tahun 2018 Menpan RB akan kembali membuka penerimaan CPNS?

Jawab: Benar, dan saat ini Menpan RB masih dalam tahap penghitungan kebutuhan dari masing masing instansi

Kapan Penerimaan CPNS 2018 digelar?
Jawab: Seleksi akan digelar secepatnya.

Bagaimana syarat agar Pemda bisa mendapatkan formasi CPNS di daerahnya?
Jawab: Salah satu syarat agar bisa mendapatkan formasi CPNS Daerah adalah belanja pegawai dari Pemda tidak di atas 50% APBD

Apakah Selain CPNS Daerah, Kementerian dan Lembaga Negara Juga akan membuka kran penerimaan?
Jawab: Ya, terutama untuk formasi di kementerian / lembaga negara yang formasinya tidak terisi pada seleksi CPNS 2017

Bahan Pembelajaran Seleksi CPNS 2018













Berapa Total Alokasi Formasi CPNS yang akan dibuka?
Jawab:
Menurut Asman, jumlah PNS yang memasuki pensiun sekitar 220 ribu orang. Formasi yang akan dibuka sekitar 50 persen dari jumlah pensiun tersebut.

"Sesuai kebutuhan kan yang pensiun sekitar 220 ribu total daerah dan pusat. Kita tidak menerima sebesar pensiun, tapi kita hanya menerima 50 persen dari jumlah yang pensiun atau lebih sedikit. Tapi tetap mengacu pertumbuhan minus," jelas dia

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: