Penerimaan ASN di Lingkungan Pemda dari PTT Kemenkes 2016


By | 19.44 16 comments
Penerimaan CPNS

PENGUMUMAN
NOMOR : TU.02.06/IV/1251/2016

PENERIMAAN APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2016  DARI PEGAWAI TIDAK TETAP KEMENTERIAN KESEHATAN 


Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mendukung pelayanan kesehatan menyeluruh diperlukan pemerataan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama, maka Pemerintah membuat kebijakan dengan melakukan Penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Tahun 2016 dari Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan. 

Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Republik Indonesia.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan.
  • Tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun pegawai swasta. 6. Tidak berkedudukan sebagai Calon/PNS. 7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditentukan oleh Pemerintah.

Persyaratan Pendaftar:

  • Pelamar adalah Bidan, Dokter/Dokter Gigi PTT Kementerian Kesehatan yang diangkat oleh Menteri Kesehatan dan aktif melaksanakan tugas terhitung mulai tanggal 1 September 2015 serta telah diusulkan melalui Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Kesehatan dengan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.
  • Bersedia ditempatkan sesuai dengan penugasan sebagai PTT dalam Nota Kesepahaman (MoU).
  • Bersedia melaksanakan tugas pada unit kerja penempatan paling singkat selama 5 (lima) tahun sejak diangkat sebagai ASN.
  • Berlatar belakang pendidikan:
    • Minimal D.I/D.III Kebidanan (sesuai dengan yang digunakan pada saat pendaftaran sebagai PTT) bagi jabatan Bidan.
    • Profesi Dokter (Dokter Umum dan Dokter Spesialis) bagi jabatan Dokter.
    • Profesi Dokter Gigi (Dokter Gigi dan Dokter Gigi Spesialis) bagi jabatan Dokter Gigi.  


Tahapan Pendaftaran:


1. Pendaftaran Secara online di cpnsd.ptt.kemkes.go.id (1 Juni - 7 Juni 2016)
  • Pendaftaran dilakukan dengan memasukkan NRPTT dan memilih Provinsi serta Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota tempat bertugas terakhir sebagai PTT (sesuai dengan Surat Keputusan Pengangkatan sebagai PTT Kementerian Kesehatan). 
  •  Pendaftaran secara on-line terbagi menjadi 4 tahapan, yaitu pengisian: 
    • 1) Identitas Pribadi Pelamar mengisi data pribadi sesuai dengan kelengkapan berkas yang dimiliki. 
    • 2) Pendidikan Pelamar mengisi data pendidikan sesuai dengan Ijazah pelamar yang digunakan pada saat pendaftaran sebagai PTT. 
    • 3) Peminatan Peminatan akan terisi secara otomatis sesuai dengan data penugasan PTT pelamar  di database Kementerian Kesehatan dan tidak dapat diubah. 
    • 4) Kelengkapan Berkas Pelamar mengunggah file kelengkapan berkas yang dipersyaratkan, yaitu: Kartu Tanda Penduduk (KTP),  Ijazah, Pas foto terbaru ukuran 4x6 berlatar belakang warna merah, SK Pengangkatan PTT Kementerian Kesehatan  Adapun ukuran file adalah maksimal 2 MB.   
  • Pelamar mengisi data yang dibutuhkan setiap tahapan pendaftaran dengan memperhatikan petunjuk pengisian secara cermat dan hati-hati. Kesalahan pengisian yang tidak sesuai dengan dokumen pendukung dapat mengakibatkan ketidaklulusan seleksi administrasi.
  • Pelamar hanya diperkenankan untuk memilih formasi jabatan dan pilihan peminatan sesuai dengan penugasan terakhir sebagai PTT.
  • Mencetak hasil pendaftaran on-line minimal sebanyak 2 (dua) lembar, menempel pas foto terbaru ukuran 4x6 berlatar belakang warna merah serta menandatangani print out pendaftaran tersebut.
2. Pengiriman berkas lamaran
  • Berkas pendaftaran dikirim kepada Panitia Penerimaan ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Tahun 2016 dari PTT Kementerian Kesehatan melalui PO Box.
  • Berkas pendaftaran dikirim melalui Pos Indonesia dengan kilat khusus/tercatat/ekspres mulai tanggal 2 s.d 10 Juni 2016 sesuai alamat PO Box yang ditentukan (terlampir). c.
  • Panitia hanya menerima berkas yang dikirimkan melalui PO Box sesuai jadwal dan alamat yang ditentukan mulai tanggal 3 Juni 2016 dan selambat-lambatnya tanggal 20 Juni 2016 pukul 15.00 WIB. Berkas yang diterima PO BOX setelah tanggal 20 Juni 2016 pukul 15.00 WIB (bukan tanggal cap pos pengiriman) tidak akan diproses.
  • Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas pendaftaran dan tidak ada pengiriman berkas susulan.
  • Berkas yang diterima sebelum tanggal 2 Juni 2016 dianggap tidak berlaku.
  • Berkas pendaftaran 1 (satu) rangkap harus disusun dengan urutan sebagai berikut: 
    • 1) Asli hasil cetak (print out) pendaftaran on-line (ditandai dengan barcode) yang telah ditandatangani pelamar dan ditempel pas foto terbaru ukuran 4x6 berlatar belakang warna merah.  
      2) Fotokopi KTP (tidak perlu dilegalisir).  
      3) Fotokopi Ijazah sesuai dengan yang digunakan pada saat pendaftaran sebagai PTT (dilegalisir oleh pejabat berwenang dan dicap basah sesuai ketentuan terlampir).  Bagi yang memiliki ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus melampirkan fotokopi surat penetapan pengakuan sederajat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan disertai dengan konversi IPK (tidak perlu dilegalisir).  
      4) Fotokopi Surat Keputusan (SK) Pengangkatan PTT Kementerian Kesehatan (tidak perlu dilegalisir).  
  • Seluruh dokumen disusun sesuai urutan butir di atas dan dijepit serta masukkan ke dalam map kertas dengan warna sebagai berikut:
    • 1) Warna map hijau untuk jabatan formasi jabatan Bidan. 
      2) Warna map merah untuk formasi jabatan Dokter (Dokter Umum/Dokter Spesialis).
      3) Warna map kuning untuk formasi jabatan Dokter Gigi (Dokter Gigi/Dokter Gigi Spesialis). 
  • Pada sampul map sesuai butir di atas tersebut ditulis:
      1) Provinsi/Kabupaten/Kota tempat melaksanakan tugas terakhir sebagai PTT (sesuai dengan pendaftaran). 
      2) Nama pelamar. 
      3) Nomor pendaftaran on-line.  
      4) Jabatan, contoh: Dokter/Dokter Gigi/Bidan. 5) Kualifikasi pendidikan, contoh: Dokter Umum, D.III Kebidanan.
  • Map berisi dokumen sdi atas dimasukkan ke dalam amplop warna coklat, pada bagian depan amplop ditulis:  Panitia Penerimaan ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah  Tahun 2016 dari PTT Kementerian Kesehatan  PO BOX ......... (sesuai provinsi penugasan PTT terakhir)
  • Pada sudut kanan atas bagian depan amplop ditulis nama Provinsi/Kabupaten/Kota tempat melaksanakan tugas sebagai PTT.
  • Pada sudut kiri atas bagian depan amplop ditulis Nomor Pendaftaran On-line.  
3. Seleksi Administrasi
  • Pelamar yang lulus administrasi, mencetak sendiri kartu peserta ujian Mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD).
4. Pelaksanaan Tes Administrasi
  • Pelaksanaan ujian dilaksanakan di provinsi sesuai tempat penugasan PTT terakhir mulai tanggal 12 s.d 26 Juli 2016. Khusus untuk pelamar dengan penugasan PTT terakhir pada Provinsi Papua, ujian akan dilaksanakan pada Kota Jayapura, Kabupaten Biak dan Kabupaten Merauke, Sedangkan untuk pelamar dengan penugasan PTT terakhir pada Provinsi Papua Barat, ujian akan dilaksanakan pada Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari.
  • Materi tes Kompetensi Dasar meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.

    5. Pengumuman Kelulusan

    Untuk menjamin objektifitas dan akuntabilitas serta tranparansi pelaksanaan penerimaan ASN, maka hasil ujian TKD langsung dimumkan setelah selesai pelaksanaan ujian.  

    6. Pengangkatan ASN
    • Kelulusan sebagai ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Tahun 2016 dari PTT Kementerian Kesehatan akan diumumkan secara nasional yang akan dikoordinir oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 12 Agustus 2016.
    • Pengangkatan sebagai ASN berdasarkan hasil TKD pada masingmasing pemerintah daerah dengan sistem pemeringkatan yang memprioritaskan usia kritis dan masa kerja sebagai PTT Kementerian Kesehatan serta kriteria keterpencilan Puskemas atau Desa (berdasarkan SK Bupati/Walikota).
    Seleksi ini tidak dipungut biaya, bagi anda yang berminat dan membutuhkan informasi lengkap silahkan unduh pengumuman resmi.

     

    Referensi Pembelajaran Ujian

    1. Formasi Dokter

    Sebagai bahan pembelajaran terbaik untuk menghadapi tes seleksi CPNS, kami rekomendasikan untuk mempelajari bahan materi dan soal Paket LKIT 2016. Dan untuk menghadapi tes kompetensi bidang kami rekomendasikan Paket LKIT TKB Kedokteran.


    1. Berikut adalah contoh Format Soal bidang Kedokteran yang ada dalam Paket LKIT TKB Kedokteran:

    Seorang bayi perempuan berusia 32 jam dibawa ke Puskesmas dengan keluhan tampak kuning. Bayi lahir cukup bulan dari seorang ibu dengan HIV nonreaktif pada perinatal, Streptococcus grup B negative, Hepatitis B negative. Pada pemeriksaan fisik didapatkan secara klinis anak tampak sehat, terlihat kuning di dada. Pemeriksaan golongan darah ibu O+, dan ayah B+. Apakah penyebab kuning yang paling mungkin?
    A. Ikterus yang fisiologis
    B. Ikterus oleh karena ASI
    C. Inkompatibilitas ABO
    D. Atresia biliaris
    E. Sepsis

    2. Seorang laki-laki berusia 65 tahun datang ke UGD dengan gejala sumbatan usus. Anamnesis lebih lanjut diketahui bahwa dia pernah operasi perut 20 tahun yang lalu. Pada pemeriksaan fisik ditemukan benjolan pada scar bekas operasi perut. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien ini?
    A. Umbilical hernia
    B. Spigelian hernia
    C. Paraumbilical hernia
    D. Epigastric hernia
    E. Ventral hernia

    3. Seorang laki-laki berusia 68 tahun, perokok, pasien DM tipe 2, datang dengan nocturia. Dia melaporkan adanya pancaran urine yang lemah, volume urine normal, dan perasaan buang air kecil, tidak lampias. Apakah diagnosis yang paling mungkin?
    A. Acute cystititis
    B. Bacterial urethritis
    C. Benign prostatic hypertrophy
    D. Diabetic vesical dysautonomy
    E. Hyperglycemia abd glycosuria

    Detail materi dan soal TKB Kedokteran silahkan akses disini.

    2. Formasi Bidan

    Sebagai bahan pembelajaran terbaik untuk menghadapi tes seleksi CPNS, kami rekomendasikan untuk mempelajari bahan materi dan soal Paket LKIT 2016. Dan untuk menghadapi tes kompetensi bidang kami rekomendasikan Paket LKIT TKB Kebidanan.


    Berikut adalah contoh Format Soal Kebidanan yang ada dalam Paket LKIT TKB Kebidanan:

    1. Rujukan pelayanan laboraturium yang benar adalah
    A. Bidan – Lab PKM – Lab BP4 – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A
    B. Bidan – Lab PKM – Lab BP4 – Lab RS kls A – Lab RS kls B – Lab RS kls C
    C. Bidan – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A – Lab BP4
    D. Bidan – Lab BP4 – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A
    E. Bidan – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A – Lab BP4

    2. Falsafah yang mendasari praktek kebidanan antara lain
    A. Bidan adalah orang terpenting dalam peristiwa melahirkan
    B. Ibu hamil harus diperlakukan istimewa dalam keluarga
    C. Kelahiran merupakan peristiwa penting dalam keluarga
    D. Kelahiran tidak mempengaruhi proses keluarga
    E. Angka Kematian ibu dan anak yang tinggi dalam proses kelahiran

    3. Nilai normal Hb menurut sianmethemoglobin pada bayi baru lahir adalah
    A. 13,5 - 18,0 gr/dl
    B. 11,5 - 16,5 gr/dl
    C. 13,6 - 19,6 gr/dl
    D. 9,5 - 12,5 gr/dl
    E. 11,0 – 13,0 gr/dl

    4. Ny, Sumiati hamil 7 bulan, hamil pertama, umur 37 tahun, mengatakan sakit pinggang, pegal – pegal sudah 2 hari, TD : 120 / 80, edema pada tungkai, CVAT tidak nyeri ketok, urine ( - ), glukosa ( - ), DJJ ( + ) 130 x / menit. Dari kasus tersebuut diagnosa yang dapat ditegakkan adalah, kecuali
    A. Kehamilan primi tua
    B. Gangguan ginjal
    C. Sakit pinggang fsikologis
    D. Edema fsikologis

    Detail materi dan soal TKB Kebidanan silahkan akses disini.

    Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

    16 komentar:

    1. kenapa dengan website cpnsd.ptt.kemkes ??
      server error seharian ini ??
      kapannya servernya bisa normal ???

      BalasHapus
    2. iya..sekarang tanggal 3 juni juga masih eror..

      Laman cpnsd.ptt.kemkes.go.id tidak bekerja

      cpnsd.ptt.kemkes.go.id tidak mengirimkan data apa pun.

      BalasHapus
    3. Susah banget masuk untuk daftar, server nya sibuk terus.. Begitu udh bisa masuk daftar, dah diisi smua kolom nya, ditekan tombol daftar malah keluar tulisan data tidak ditemukan.. Tlg dibantu dong..

      BalasHapus
    4. saya sudah mencoba dari tanggal 1 juni kemaren tapi server laman cpnsd.ptt.kemkes.go.id masih error,tidak bisa menyimpan data yang telah saya isi sewaktu mendaftar,tolong dong buat normal servernya. Terimakasih

      BalasHapus
    5. kok websitenya nggak terbuka ? ada apa yah ? atau karena banyak yang buka ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya mbak sama sampe skrg blm bisa kebuka

        Hapus
      2. Disiram pakai air pasti ke buka...

        Hapus
    6. Maaf untuk halaman kelengkapan berkas kog tidak ada ya?mohon infonya. .

      BalasHapus
    7. Admin........
      Sudah 4 hari kami coba akses laman cpnsd.ptt.kemkes.go.id tp database error trus...
      Kami jg coba akses laman ropeg.kemkes.go.id, simpan datanya sdh smpat berhasil tp halaman utk menggungah berkas tdk tampil....
      secepatnya spy diatasi, krn waktu utk pendaftaran tinggal 3 hari......dan Mohon diberi penjelasan melalui situs kemkes. go.id........

      BalasHapus
    8. halaman kelengkapan berkas tidak ada, tapi saya sudah print formulinya, gimana ni...
      masa saya di diskualifikasi krn kesalahan system, blo on ni system negeri kita !

      BalasHapus
    9. halaman kelengkapan berkas tidak ada, tapi saya sudah print formulinya, gimana ni...
      masa saya di diskualifikasi krn kesalahan system, blo on ni system negeri kita !

      BalasHapus
    10. Untuk teman-taman saya sarankan sesudah mendaftar sesuai dengan petunjuk yang ada, jangan dulu mencetak/print formulir nya, pastikan semua data telah diisi dengan benar dan kelengkapan berkas juga sudah di unggah. sebelum semua berhasil dilakukan jangan cepat-cepat mencetak formulirnya. periksa lagi dengan teliti karena jika sudah tercetak formulirnya, maka data dsb tidak bisa di ubah lagi karena sudah di validasi oleh server, jika masih ada beberapa halaman yang tidak muncul, langkah selanjutnya ialah klik pada menu (home) yang terdapat pada sudut kanan monitor maka akan terbuka semua halamanya. pastikan anda mendaftar pada saat sinyal wifi/modem nya kuat. untuk sekedar informasi bahwa saya sudah berhasil mendaftar 4 orang bidan PTT dan tinggal 1 orang lagi masih dalam proses disebabkan sering terjadi gangguan pada server nya. demikian sekedar membagi informasi semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. terimakasih.

      BalasHapus
    11. eror trus padahal on line nya dinihari, trus jika bisa masuk pun ga bisa upload kelengkapan berkas, admin panitia seleksi tolong dong pencerahannya?

      BalasHapus
    12. kalau tidak sanggup mengunaan server jgn dibuat. matangkan dulu sistem baru buat, ini seperti dipaksa buat. gunakan sistem waktu untuk wilayah, agar tidak berebut. klu bidan tidak terdaftar semua, kami demon lagi

      BalasHapus
    13. bagaimna cara menggunggah berkas jika formulir sudah di cetak.
      mohon bantuannya.

      BalasHapus
    14. Ass. Mohon bantuannya ya. Saya sudah mendaftar namun tidak ada menu untuk mengunggah berkasnya, dimohon bantuannya ya

      BalasHapus