Beberapa K/L dan Pemerintah Daerah Tengah Siap-Siap Untuk Melaksanakan Rekrutmen


By | 20.03 1 comment
Kepala BKN
asncpns.com -  Bima Haria Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan bahwa rekrutmen CPNS akan dimulai pada sekitar September-Oktober 2016. Meskipun beberapa instansi seperti Kementerian Kesehatan sudah melakukan tes seleksi untuk formasi bidan PTT, dokter, dan dokter gigi.

Beberapa kementerian/lembaga dan tiga pemda, tengah menyiapkan diri untuk melaksanakan rekrutmen CPNS 2016 yang saat ini sifatnya masih terbatas sesuai dengan Kementerian atau Lembaga dan juga Pemerintah Daerah. "Sifatnya ini terbatas sekali, karena disesuaikan dengan anggaran masing-masing K/L serta pemda," Bima Haria Wibisana seperti dikutip dari JPNN, Selasa (23/8).

Untuk instansi yang akan melakukan rekrutmen sekitar September-Oktober adalah Kemendikbud formasi guru garis depan, instansi-instansi penyelenggara sekolah ikatan dinas, Pemprov Papua, Pemprov Papua Barat, dan Pemprov Kalimantan Utara. "Sistem pengadaannya tetap sama menggunakan tes computer assissted test (CAT)," ungkapnya.

Bima mengungkapkan bahwa hingga saat ini moratorium belum dicabut. Namun ada beberapa formasi yang sesuai dengan beberapa kebutuhan kementerian/lembaga dan Pemerintah daerah yang akan diselenggarakan.

"Nah formasi yang dikecualikan itu sumber dananya dari kementerian/lembaga bersangkutan dan pemda. Mereka sudah menyiapkan anggaran rekrutmen dan gaji CPNS-nya," terangnya.

Ruang fiskal yang sempit me‎nyebabkan pemerintah belum bisa melakukan perekrutkan. Kondisi berbeda terjadi pada 2013 ketika rekrutmen dilakukan serentak meski dalam kerangka moratorium. Bima mengatakan, saat itu ruang fiskal masih mencukupi.

"Ya kan beda, tahun ini anggaran pengadaan dibebankan ke masing-masing instansi. Negara tidak mengalokasikan dana khusus untuk itu karena ruang fiskalnya tidak mencukupi," tandasnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. sebaiknya honorer yang lulus tes CPNS tahun 2013 yang diutamakan dan tenaga honorer yang telah mengabdi selama beberapa tahun ,,,,,sebagaimana di Kabupaten Pasaman Barat,,,,,,,,,dan tenaga honorer di Sekretariat KPU Pasaman Barat yang telah mengabdi sudah lama,,,trims

    BalasHapus