Video of the Day

Kamis, 18 Agustus 2016

Gaji ASN Tahun 2017 Tidak Naik!

Remunerasi PNS
asncpns.com -  Pemerintah telah memastikan bahwa untuk tahun 2017, gaji pegawai negeri sipil (PNS) serta anggota TNI/Polri tidak naik. Namun, pemerintah tetap memberikan gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) seperti tahun ini. ”Kebijakan masih sama seperti 2016. Tidak ada kenaikan gaji. Yang ada hanya THR,” ungkap Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani.

Menurut Askolani, tidak adanya kenaikan gaji tersebut untuk Aparatur Sipil Negara dikarenakan untuk mengantisipasi beban pensiun yang harus dibayar untuk masa mendatang. ”Apakah masih cukup efektif untuk mempertahankan kondisi ke depan,” ujarnya. Besaran untuk gaji ke 14 masih sama yaitu gaji pokok tanpa tunjangan.

Mengenai gaji ASN untuk tahun 2017 ini sudah tercantum dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, penyusunan RAPBN ini mengacu dan mempertimbangkan kepada kondisi global dan domesitik. Pemerintah berfokus pada penerimaan pajak, pembangunan infrastruktur, dan defisit anggaran.

Untuk tahun depan, pemerintah targetkan penerimaan pajak sebesar Rp 1.495,9 triliun yang lebih rendah dari tahun 2016 yaitu Rp 1.539,2 triliun. Dalam RAPBN 2017, pemerintah menargetkan belanja negara Rp 2.070,5 triliun. Terdiri atas belanja pemerintah pusat Rp 1.310,4 triliun dan transfer ke daerah dan dana desa Rp 760 triliun. Untuk defisit, totalnya Rp 332,8 triliun atau 2,41 persen dari produk domestik bruto (PDB).

”Penerimaan negara itu utamanya pajak. Pajak sebenarnya melakukan dua fungsi yang bertentangan. Yakni penerimaan negara, tapi juga harus mendorong iklim investasi agar kompetitif. Makanya, kami cari titik tengahya,”  Ungkap Menteri Sri Mulyani Indrawati dalam penjelasan nota keuangan dan RAPBN 2017 di gedung Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Selasa (16/8).

Sedangkan untuk Infrastruktur, pemerintah tidak akan berfokus di Pulau Jawa saja tapi juga di berbagai daerah di Indonesia. Pemerintah juga tetap menekankan efesiensi penggunaan anggaran negara. ”Belanja akan fokus pada infrastruktur dan efisiensi. Pemerintah daerah juga memiliki fungsi dan peran makin penting. Transfer daerah bisa lebih efektif dalam menggunakan anggaran untuk pembangunan,” tambah Menteri Sri Mulyani.


Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



1 komentar:

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)