Menteri Asman: Implementasi e-Government Harus Dimbangi Keamanan Informasi


By | 19.15 Leave a Comment
Menteri Asman Implementasi e-Government Harus Dimbangi Keamanan Informasi
asncpns.com - Dalam penggunan teknologi informasi, keamanan informasi memang menjadi hal yang utama. Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangat cepat sekali, namun perkembangan cepat tersebut harus diiringi dengan keamanan yang mumpuni. Karena, semakin tinggi teknologi maka semakin tinggi juga ancaman yang dihadapi.

Dalam mendorong pengimplementasian e-government, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sangat mementingkan keamanan informasi dalam penggunaan e-government yang sangat berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi.

E-government yang menjadi salah satu fokus program pemerintah saat ini. “Walaupun belum memiliki standar nasional, pelaksanaan e-government yang sudah ada ini kita dorong saja. Nanti kita akan perbaiki dan berikan pengamanan,” kata Asman.

Asman Abnur selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyatakan bahwa, “Kehadiran Lemsaneg (Lembaga Sandi Negara) sangat penting. Data informasi yang dimiliki pemerintah harus tetap terjaga dan jangan sampai bocor keluar,”ungkapnya dalam kunjungan ke Lemsaneg pada hari Kamis (15/09)

 Menurut Asman, Negara sebagai pelaksana pemerintahan harus mampu menghadirkan keamanan dan menjamin kerahasiaan negara.  "Negara harus mampu menghadirkan keamanan dan menjamin kerahasiaan negara dengan produk sendiri, kita tidak boleh mengandalkan produk luar karena keamanan dan kerahasiaan negara tidak bisa terjamin," tambah Menteri Asman.

Oleh karena itu, Kemenpan akan merekrut ASN yang berkompetensi dalam bidang enkripsi dari lulusan terbaik dari perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia untuk mengembangkan aplikasi enkripsi untuk pertahanan keamanan informasi di Indonesia dalam rangka mendukung Lemsaneg.

Sementara itu, Mayjend TNI Djoko Setiadi selaku Kepala Lemsaneg menjelaskan bahwa Lemsaneg memiliki kewenangan dalam mengelola sistem keamanan informasi berklasifikasi secara menyeluruh milik pemerintah dan menyelenggarakan rekayasa dan pengembangan teknologi persandian nasional.

Selama ini, Lemsaneg juga telah mengawal pengamanan informasi beberapa sistem informasi milik pemerintah diantaranya Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), e-faktur, e-FLPP dan lain-lain.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: