Asman: Tidak ada Pungutan Biaya Dalam Seleksi CPNS !!!


By | 06.13 Leave a Comment
Seleksi CPNS Tidak Dipungut Biaya

Menanggapi kasus penipuan CPNS yang terjadi di Jawa Barat, Menteri Asman Abnur selaku Menteri PAN RB menjelaskan bahwa pihaknya saat ini belum membuka penerimaan CPNS.
“Pemerintah sampai saat ini belum membuka formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil” ujar Menteri Asman di Kementerian PANRB, Jakarta (19/01).

Pihaknya menjelaskan, apabila penerimaan formasi CPNS sudah ada, maka akan diumumkan secara nasional oleh Pemerintah melalui Kementerian PANRB. Untuk itu, Menteri PANRB meminta kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan jangan tertipu dengan isu atau berita penerimaan CPNS yang tidak bertanggung jawab.

Menteri PANRB juga menegaskan, bahwa dalam proses penerimaan formasi CPNS masyarakat tidak dipungut biaya. “Saya tegaskan bahwa tidak ada pungutan uang bagi masyarakat yang mengikuti seleksi penerimaan CPNS, yang diperlukan adalah kualifikasi dan kompetensi dari pelamar CPNS tersebut untuk lulus dalam ujian seleksi,”jelasnya.

Menteri Asman menyatakan bahwa siapapun yang melakukan penipuan CPNS akan diproses secara hukum. “Baik yang memberikan dan menerima uang sama-sama melanggar hukum, karena Pemerintah sudah menegaskan bahwa penerimaan CPNS bebas dari pungutan uang,”ujar MenPANRB.

“Sanksi hukum akan dikenakan baik dari kalangan umum ataupun dari oknum PNS sendiri,” tegas Asman. MenPANRB menjelaskan, khusus untuk pelaku penipuan CPNS dari kalangan PNS akan dikenakan sanksi berat selain diproses secara hukum, yaitu pemecatan PNS tersebut dari instansi kerjanya.

Untuk menghindari terjadinya kasus penipuan cpns serupa, seluruh masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap oknum oknum yang menjanjikan bisa meluluskan CPNS dengan iming iming uang sebagai syarat mendapatkan kursi CPNS. Jika ditemukan indikasi penipuan CPNS, masyarakat dapat segera melaporkan kepada pihak berwenang atau melaporkannya ke situs lapor.go.id

Sejak tahun 2013, seleksi penerimaan CPNS sudah tidak manual lagi, tetapi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). CAT merupakan sistem perekrutan CPNS yang dilakukan secara online dengan menggunakan komputer, sehingga pelaksanaan maupun hasil ujiannya tidak mungkin dimanipulasi dan bebas dari praktek KKN.

“Dimulai tahun 2013, tes CPNS sudah tidak manual lagi, tetapi berbasis elektronik dengan menggunakan sistem CAT yang pelaksanaannya dijamin objektif, transparan dan bebas dari praktik korupsi, pungli serta tidak dipungut biaya." ungkap Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB di Jakarta. Senin (16/01).

Belajarlah dengan baik, persiapkan diri semaksimal mungkin jika memang ingin menjadi seorang abdi negara - salah satu bahan pembelajaran yang bisa dijadikan acuan pembelajaran adalah Paket LKIT. Persiapkan dan belajarlah mulai dari sekarang - sehingga disaat penerimaan CPNS diumumkan pemerintah, persiapan kamu sudah matang.

Jangan pernah tertipu dengan kata kata manis oknum oknum yang tidak bertanggung jawab dengan dalih bisa meluluskan dan atau dalih "punya jatah kursi kelulusan". Jika uang puluhan juta hilang, CPNS tidak didapat itu salah siapa...!!!?

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: