Video of the Day

Sabtu, 14 Januari 2017

Provinsi Sulut dan Daerah Sekitarnya Butuh Ribuan CPNS

Informasi Penerimaan CPNS SULUT 2017
Moratorium Penerimaan CPNS yang diberlakukan pemerintah pusat sejak tahun 2014 membuat hampir sebagian besar daerah di Indonesia mengalami krisis kekurangan pegawai. Kekurangan ini diakibatkan oleh beberapa faktor, antara lain banyaknya PNS yang memasuki masa pensiun, ketidaksiapan dana suatu daerah untuk melakukan perekrutan CPNS sebelum masa moratorium diberlakukan dan yang paling banyak berlaku adalah karena faktor rasio belanja pegawai yang mencapai angka diatas 60% - sehingga pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpan RB tidak memberikan formasi untuk daerah yang bersangkutan.

Di provinsi Sulawesi Utara misalnya,  kekurangan pegawai sangat dirasakan oleh provinsi yang terletak di ujung utara pulau Sulawesi ini. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh menyebut, pihaknya terus mengupayakan penerimaan CPNS. Suluh memastikan, telah mengalokasikan dana untuk seleksi CPNS pada tahun 2017 ini seperti diberitakan harian Manado Post (13/1)

“Kita sudah usulkan formasi sebanyak 211 pegawai ke pusat. Namun hanya untuk tenaga teknis. Misalnya hukum, akuntan, IT dan lainnya. Jika disetujui, proses akan langsung dijalankan,” Jelasnya kepada wartawan.

Dibeberkan, hingga saat ini, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari pusat terkait pengusulan tersebut.

Sekretaris BKD Sulut Lucky Taju membenarkan, semua masih menunggu konfirmasi pusat. Usulan yang dikirim bila diterima akan langsung diproses seusai ketentuan. “Memang jumlahnya tidak akan diterima semuanya. Namun, jika diterima proses barulah bisa dilaksanakan,” tandasnya.

Daerah Lainnya

Diketahui, pengusulan PNS juga telah dilakukan beberapa kabupaten/kota di Sulut. Dari ibukota provinsi, Manado, mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Manado Hans Tinangon membeberkan, minimal Manado membutuhkan 1.000 CPNS. “Kebutuhan kita masih sama seperti tahun lalu, ada 1.000 lebih. Kita kekurangan pegawai. Seperti di kelurahan. Banyak staf tidak ada,” ujar Tinangon.

Sama halnya Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), yang masih kekurangan 1.142 PNS. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah PNS jajaran Pemkab Minsel saat ini 5.245. Pemkab Minsel pun telah mengusulkan formasi sekira 1.142 CPNS. Di Minut, usulan formasi yang dibutuhkan antara lain guru SD, SMP, SMA, SMK, lulusan Perhotelan, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Dokter, Bidan, Perawat, Sekretaris, Perikanan dan lain-lain, mulai dari tamatan SMA, SMK, D-III dan S1. Semua berjumlah 390.

Di Kepulauan Sangihe, usulan elektronik formasi CPNS sekitar 1.234. Usulan e-Formasi CPNS sudah disampaikan ke KemenPAN-RB. Di Mitra, jumlah PNS yang ada sekira 2.060 sementara berdasarkan analisis jabatan dibutuhkan idealnya jumlah PNS 3.000. Berarti dibutuhkan sekira 94 PNS tambaham.

Di Kota Bunga, Tomohon, sekira 100 kuota CPNS. Untuk Boltim, formasi yang diusulkan 600 CPNS. Permintaan jumlah formasi CPNS yang diajukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud kepada pemerintah pusat sebanyak 315 orang.

Permintaan formasi CPNS untuk tahun 2017 tersebut, diajukan lantaran hingga saat ini Pemkab Talaud masih membutuhkan banyak pegawai negeri di lingkup pendidikan. Utamanya pendidikan dasar dan menengah.

Di Kepulauan Sitaro, membutuhkan sebanyak 1.000 lebih CPNS.

Penerimaan CPNS 2017

Hingga saat ini pemerintah masih belum membuka seleksi penerimaan CPNS dari jalur umum dan masih dalam tahap pengkajian.
"Kementerian PANRB sampai saat ini masih melakukan pengkajian yang seksama. Bukan hanya mempertimbangkan hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja instansi, tetapi juga dari sisi kapasitas fiskal negara dan aspek lainnya yang relevan," ujar Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB di Jakarta. Senin (16/01)

Sejak tahun 2013, seleksi penerimaan CPNS sudah tidak manual lagi, tetapi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). CAT merupakan sistem perekrutan CPNS yang dilakukan secara online dengan menggunakan komputer, sehingga pelaksanaan maupun hasil ujiannya tidak mungkin dimanipulasi.

“Dimulai tahun 2013, tes CPNS sudah tidak manual lagi, tetapi berbasis elektronik dengan menggunakan sistem CAT yang pelaksanaannya dijamin objektif, transparan dan bebas dari praktik korupsi, pungli serta tidak dipungut biaya." pungkas Herman.

Jikalau memang kamu akan mengikuti seleksi penerimaan cpns, maka persiapkanlah diri kamu sebaik baiknya dengan cara belajar yang baik. Sebagai bahan pembelajaran CPNS terbaik, silakan pelajari Paket LKIT 2017.


asncpns

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)