Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Kemenkumham


By | 01.13 Leave a Comment
Tes Interview CPNS Kemenkumham

Tes Wawancara Kemenkumham adalah salah satu seleksi kompetensi bidang yang diberikan kepada para calon pelamar cpns di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, dimana waktu pelaksanaan tes nya adalah setelah tes seleksi kompetensi dasar dan tes seleksi kompetensi bidang melalui Computer Assisted Test.

Biasanya tes ini akan dilakukan berselang beberapa hari setelah diumumkan nilai dari seleksi CAT, atau dengan kata lain tes ini akan didapatkan semua peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi CAT dan berhasil lolos tes sesuai passing grade CPNS yang telah ditetapkan.

Tes ini akan diberikan oleh psikolog sebagai interviewer yang telah berpengalaman di bidangnya. Interviewer pada wawancara kompetensi bidang di kemenkumham ini adalah seorang psikolog yang bisa mengamati secara detail gerak gerik pelamar dan jawaban yang diungkapkan. Pertanyaan tertuju pada kepribadian sehari-hari, etos kerja, problem solving dan hal lainnya.


Tips Menjawab Pertanyaan Tes Wawancara Kemenkumham

Tes Interview ini adalah sebagai rangkaian tes terakhir di lingkungan Kemenkumham, dan amat sangat disayangkan jika telah lolos beberapa tahap tes di awal, tetapi harus gagal di tes wawancara. Ini adalah merupakan gerbang penghalang terakhir sebelum peserta tes cpns dinyatakan lulus tes dan dilakukan tahap pemberkasan.

Tidak sedikit peserta yang harus menelan pil pahit dalam tes ini dan dinyatakan gagal. Dalam tes ini bukanlah kualitas kepintaran seseorang yang diuji, akan tetapi berkaitan dengan segi emosional, psikologi, karakter, penyelesaian masalah dan hal hal yang berkaitan dengan pribadi dan pekerjaan yang dilamar.

Berempati, memahami, dan menjawab secepat mungkin pertanyaan interviewer adalah kunci jawaban yang harus ditunjukkan dalam menjawab pertanyaan pada rangkaian tes ini. Kemudian, berilah contoh cara-cara untuk menyelesaikannya. Jawaban haruslah logis, masuk akal dan bukan jawaban yang mengada-ada.

Cara penyampaian jawaban diatas haruslah sesuai dengan gaya bicara dan karakter anda sehari-hari. Pertanyaan yang berkaitan dengan "solving problem" akan banyak mendominasi dari pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan. Jawaban yang tepat dan masuk akal bisa menjadi tambahan poin dan nilai positif bagi tiap peserta tes untuk bisa melewati tahapan wawancara kompetensi ini.

Jika anda bisa menjawab semua pertanyaan pada wawancara ini dengan baik maka tersenyumlah, karena tahap selanjutnya hanyalah tinggal pemberkasan, atau dengan kata lain "Selamat" anda sekarang bergabung dan menjadi salah satu keluarga di lingkungan Kemenkumham.

Pertanyaan Pertanyaan Tes Wawancara Kemenkumham

Berikut asncpns.com berikan bocoran beberapa pertanyaan dan jawaban "killer" dalam tes wawancara di lingkungan Kemenkumham ini

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Terbaik Seleksi Wawancara Kemenkumham 1


Pertanyaan:
Andai saudara diterima bekerja sebagi aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI, tentu saudara memiliki kelebihan, dan kelemahan. Menurut saudara, apa kelemahan dan kelebihan saudara?

Jawaban Terbaik:
Menurut pendapat saya, saya percaya bahwa kekuatan berawal dari kelemahan Saya ingin memperjelas tentang kelemahan saya, Kelemahan saya adalah bahwa saya adalah orang yang sederhana, dalam hidup, saya hanya ingin selalu menjadi diri saya sendiri Mengenai kekuatan saya, pemahaman yang saya pegang seperti memberi kekuatan kepada saya untuk memahami sikap setiap orang dalam realita kehidupan, sehingga saya bisa mengendalikan mereka. Kejujuran dan loyalitas adalah prinsip pemahaman yang selalu saya pegang.

khusus anda yang lulusan bahasa asing, pertanyaan ini terkadang disuguhkan juga menggunakan bahasa inggris, dan untuk jawaban dari pertanyaan diatas dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut

English Version:
In my perception, I believe that strength comes from weakness. I want to make clear about my weakness, My weakness is that I am a simple person, in my life I just want to be my self Coming to my strength, such believing gives me strength to understand the reality of every person attitude, then how to control them. Honesty and loyalty are my backbone.


Contoh Pertanyaan dan Jawaban Terbaik Tes Interview Kemenkumham 2

Pertanyaan 2:
Jika saudara diterima sebagai cpns formasi Analis Keimigrasian, anda akan bekerja keras atau bekerja cerdas?

Jawaban Terbaik:
Dalam pandangan saya: Kerja keras memberikan anda pengalaman. Kerja cerdas datang dengan pengalaman. Tidak ada kerja cerdas tanpa kerja keras.

English version:
In my view: Hard work gives you experience. Smart work comes with experience. There is no smart work without hard work.

Referensi:
Bagi anda yang berminat dengan pertanyaan pertanyaan dan jawaban killer khusus menghadapi seleksi wawancara di lingkungan kementerian, silakan anda lakukan pembelian salah satu Paket LKIT Pack yang disebutkan di bawah ini:
Bundel wawancara ini disertakan dalam pembelian Paket LKIT Pack diatas.
Detail jenis dari pembelian paket lkit pack lainnya silakan lihat bagian ini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: