Tidak Lulus CPNS Gelombang 1, Pelamar Bisa Daftar CPNS Gelombang 2


By | 20.54 1 comment
Tidak Lulus CPNS Gelombang 1 Pelamar Bisa Daftar CPNS Gelombang 2
Pemerintah kembali membuka kran penerimaan CPNS gelombang 2 untuk tahun pengadaan 2017. Awalnya pemerintah hanya membuka 2 Instansi sampai dengan terakhir penutupan 31 Agustus 2017 yaitu Kemenkumham dan MA - dan pertanggal 5 September 2017 pemerintah kembali membuka kran penerimaan untuk penerimaan CPNS gelombang 2 yang tersebar di 61 Instansi ddengan jumlah total alokasi formasi sebanyak 17.928 formasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menjelaskan, kebijakan penerimaan CPNS tahun 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis sebagai pengganti PNS yang pensiun.

"Serta karena adanya peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga dimaksud," kata Asman, pada keterangan tertulisnya, Selasa (5/9/2017).

Dari 17.428 formasi CPNS Kementerian/Lembaga, 1.850 diantaranya merupakan untuk lulusan terbaik alias cumlaude, 166 penyandang disabilitas, 196 putra/putri Papua dan Papua Barat.

Sedangkan pembukaan lowongan CPNS untuk Pemprov Kalimantan Utara karena daerah tersebut merupakan provinsi pemekaran yang masih kekurangan pegawai.

Hal Hal Yang Perlu Diketahui untuk kalangan Pendaftar CPNS Gelombang 2
  • Pengumuman CPNS: 5-19 September 2017
  • Pendaftaran Online dan Upload Dokumen: 11-25 September 2017
  • Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi: 3 Oktober 2017
  • Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) dan Pelaksanaan SKD: 9-20 Oktober 2017
  • Pengumuman Hasil SKD (Seleksi Kompetensi Dasar): 26 Oktober 2017
  • Pelaksanaan Psikotes: 30 Oktober-3 November 2017
  • Pengumuman Hasil Psikotes: 7 November 2017
  • Pelaksanaan Tes Kesehatan dan Kebugaran serta wawancara: 28 November 2017
  • Pemberkasan Online: 4-7 Desember 2017
  • Pemberkasan Fisik: 11-14 Desember

Gagal Seleksi Administrasi di Kemenkumham/MA Bisakah Mendaftar CPNS Gelombang 2?

Seperti diketahui, pendaftaran CPNS hanya diperbolehkan di 1 instansi saja - jika anda melakukan pendaftaran di 2 instansi, maka secara otomatis sistem akan memblacklist nama dan no NIK anda.

Hal tersebut tidak berlaku jika pelamar di gelombang CPNS pertama dinyatakan gagal dalam seleksi administrasi. Karena kebetulan waktu gelombang pendaftaran CPNS 2 masih terbuka, maka pelamar gagal tersebut "BOLEH" kembali melakukan pendaftaran di instansi yang tersedia.

Bagaimana jika pelamar tersebut sudah dinyatakan lulus, apakah boleh melakukan pendaftaran kembali?
Jika pelamar sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi di Kemenkumham/MA - maka pelamar tersebut tidak boleh mendaftar lagi di instansi lain (pendaftaran cpns gelombang 2) - jika hal tersebut dilakukan maka anda sudah tahu konsekuensinya..."Blacklist"

Terbaru:
Apabila ada pelamar yang lulus sampai dengan pengumuman kelulusan akhir di kesua periode, pelamar harus memilih dan mengundurkan diri dengan membuat surat pernyataan
Daftar CPNS tahap 2

Tetapi sangat disarankan, jika memang anda sudah lulus administrasi di MA/Kemenkumham sebaiknya anda tidak usah mendaftar kembali untuk menghindari kesalahan2 yang tidak diinginkan.

Pengumuman CPNS Gelombang 2
Pengumuman CPNS Gelombang 2 bisa dilihat dan didownload di download di https://cpns.menpan.go.id/index.php/home/cpns/2 atau https://sscn.bkn.go.id/pengumuman_pendaftaran2

Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham

Formasi Sarjana
  1. Kemenkumham Screening Administrasi
  2. Daftar Lulus Pelamar 
Formasi SMA, Diploma
Langkah Selanjutnya jika Dinyatakan Lulus Administrasi
Bagi Dokter/S1
  1. Download Kartu Peserta Ujian di https://sscn.bkn.go.id mulai tgl 6 September jam 16.00 s/d 9 September
  2. Tempelkan pas foto 4x6 background merah 2 lembar pada Kartu Peserta Ujian
  3. Isi formulir pd laman http://cpns.kemenkumham.go.id utk mendapatkan "Kartu Informasi Pelaksanaan SKD" yg memuat no absensi, jadwal dan lokasi pelaksanaan tes
  4. Tes SKD CAT tgl 11-16 Sept
  5. Kartu Peserta Ujian wajib dilegalisir saat pelaksanaan tes SKD di kanwil sesuai domisili provinsi masing2 dan jadwal yg telah ditentukan
  6. Yg wajib dibawa pd saat ujian: Kartu Peserta Ujian, KTP/Surat keterangan perekaman kependudukan, Kartu Informasi Pelaksanaan SKD
  7. Hadir 90 menit sebelum pelaksanaan tes
  8. Saat SKD wajib mengenakan: 
  • Kemeja putih polos tanpa corak
  • Sepatu pantofel (rapi dan sopan)
  • Bagi yg berjilbab, pake jilbab hitam polos

Bagi D3/SLTA
  1. Verifikasi dokumen asli pengukuran tinggi badan tgl 11-16 Sept
  2. Cetak no antrian di http://cpns.kemenkumham.go.id utk mendapatkan jadwal pelaksanaan verifikasi
  3. Bawa dokumen asli: Ijazah/STTB, Transkrip nilai, KTP/Suket perekaman kependudukan, Lembar bukti pendaftaran SSCN (fotocopy), Pas foto 4x6 2 lembar latar merah
  4. Pakaian rapi dan sopan
  5. Jika lulus verifikasi dokumen dan tinggi badan maka akan mendapatkan Kartu Peserta Ujian
  6. Peserta yg telah memiliki Kartu Peserta Ujian akan diumumkan di laman https://cpns.kemenkumham.go.id dan https://sscn.bkn.go.id pd tgl 22 September guna mengetahui lokasi tes SKD
Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi Mahkamah Agung
Untuk info lulus Administrasi calon hakim MA silakan cek dibagian ini


Seleksi
Seleksi CPNS tahun 2017 adalah terdiri dari rangkaian tahap tes berikut ini
  1. Screening Administrasi: Seleksi ini adalah seleksi tahap administrasi. seleksi ini mulai anda melakukan pendaftaran secara online dengan benar. Salah mendaftar, salah No NIK, lebih dari 1 formasi anda mendaftar maka anda tidak akan lulus tahap ini.
  2. Seleksi TKD: Tahap ini adalah tahap tes kompetensi dasar menggunakan Computer Assisted Test.
  3. Seleksi TKB: Seleksi Tes kompetensi bidang adalah terdiri dari tes psikologi, Wawancara dan Tes kompetensi nidang menggunakan CAT. Setiap Kementerian berbeda beda untuk penerapan Tes TKBnya.
Penilaian hasil akhir seorang peserta dinyatakan lolos adalah TKD denghan bonot 40% dan TKB 60%. Referensi terbaik pembelajaran silakan lakukan pembelian Paket LKIT

Referensi Pembelajaran
Menteri Asman menekankan agar calon pelamar termasuk orang tua pelamar tidak mempercayai apabila ada oknum yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya, karena kelulusan ditentukan oleh hasil tes dan kemampuan masing masing peserta itu sendiri.

Sebagai bahan pembelajaran dan persiapan terbaik, silakan segera pelajari Paket LKIT.
Berikut adalah apresiasi Kemnenpan RB terhadap Paket LKIT http://www.paketlkit.com/p/special.html


Cara memilih Paket LKIT 2017 formasi D3 dan S1

Jika anda pelamar CPNS formasi D3 dan S1 dan berencana akan melakukan pembelian PAket LKIT - maka cara memilih Paket LKIT terbaik untuk anda adalah sebagai berikut:

Standar
Silakan anda lakukan pembelian Paket LKIT Platinum B, dan untuk TKB pilihannya pilihlah TKB Kementerian yang bersangkutan.

Contoh:
Anda adalah lulusan D3/Sarjana dan memilih melamar CPNS di Kementerian KKP - maka silakan lakukan pembelian Paket Platinum B dan pilihan TKBnya pilih Paket LKIT TKB KKP

Detail: http://www.paketlkit.com/p/paket-lkit-pack_28.html

Lengkap
Silakan anda lakukan pembelian Paket LKIT Titanium, dan untuk TKB pilihannya pilihlah TKB Kementerian yang sesuai dengan pilihan anda.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Maaf...link yg digunakan untuk cetak no.antrian apa ya...cz sya udh bka cpns.kemenkumham.go.id tdk ada link untuk itu...mhon informsi.y...trimakasih sblm.y

    BalasHapus