List Jabatan Prioritas Rekrutmen CPNS 2018


Lulus CPNS 2018
By | 11.37 Leave a Comment
Detail Jabatan Prioritas CPNS 2018
Beberapa pekan mendatang tepatnya setelah proses pilkada usai, Kementerian PAN RB akan segera melakukan seleksi ujian CPNS 2018. Dan direncanakan akhir bulan mei ini penetepan formasi CPNS baru akan ditetapkan pemerintah.

Usulan usulan formasi yang telah masuk melalui sistem e-formasi menyisakan banyak pertanyaan untuk hampir tiap daerah, berapa usulan formasi yang akan disetujui untuk daerahnya. Setiap usulan formasi yang masuk ke Kemenpan RB tidak akan sepenuhnya disetujui oleh Kemenpan RB, salah satunya adalah karena alasan pertimbangan belanja daerah itu sendiri.

Walaupun formasi yang akan ditetapkan sesuai usulan. Namun, usulan itu harus sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan seperti tenaga kesehatan, pendidik, dan jabatan yang mendukung percepatan pembangunan masing masing daerah dan juga jabatan yang mendukung program nawacita

Dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa, 23 Mei 2018, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB) Asman Abnur mengatakan, proporsi terbesar formasi calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun 2018 -2024 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Jabatan teknis dan spesialis ini diprioritaskan untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

"Karena itu rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan," ujar Asman.

Pemerintah memerlukan spesialisasi keahlian, menurut Asman, agar perencanaan dan usulan aparatur sipil negara (ASN) baru bisa difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional atau daerah, dan sasaran Nawacita. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa di dunia internasional.

Baca Juga:
Passing Grade Kelulusan CPNS 2018

Asman menjelaskan, saat ini jumlah ASN nasional adalah 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana dan administrasi sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 persen. Untuk mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia tahun 2024, pemerintah menyelenggarakan program strategis yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

Indonesia dan dunia yang tengah menghadapi perubahan cepat di era industri 4.0, menurut Asman, harus diantisipasi. Era industri 4.0 ini di antaranya terlihat dari dominasi peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik.

Lulus Seleksi CPNS

Oleh karena itu diperlukan ASN yang profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki daya hospitality, entrepreneurship, dan networking. Selain itu ASN juga harus tetap memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas.

Adapun dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS, kata Asman, harus berdasarkan enam prinsip utama. Keenam prinsip itu yakni kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari prartik KKN serta tidak dipungut biaya.

Formasi CPNS Daerah vs Formasi CPNS Pusat

Alokasi penerimaan CPNS tahun ini adalah diperuntukan untuk daerah dan pusat (K/L). Khusus untuk pemerintah daerah, jumlah alokasi akan lebih besar dari pusat sebab sejak penerimaan CPNS dimoratorium dari 2014 hingga saat ini, sudah banyak pegawai ASN yang memasuki masa pensiun. Hal itu membuat kebutuhan pegawai tinggi. Daerah sangat membutuhkan tenaga baru untuk melaksanakan tugas-tugas pelayanan.

Khusus daerah dengan persentase belanja pegawai lebih besar dari 50% dari APBD tidak akan mendapatkan formasi CPNS.

Waktu Pelaksanaan Tes?

Jika mengacu pada pelaksanaan tes di tahun tahun sebelumnya - akhir bulan Juli dan awal agustus biasanya berbagai macam pengumuman penerimaan pendaftaran CPNS oleh berbagai instansi pusat sudah mulai diumumkan di sscn.bkn.go.id, disusul kemudian oleh instansi daerah (pemda). Jadwal ini terus berlanjut hingga bulan september untuk waktu pelaksanaan tes CAT.

Jadi kapanpun pelaksanaan tes CPNS tahun 2018 ini, tidaklah masalah. Yang jadi masalah adalah jika setiap yang bertanya kapan pelaksanaan tes tapi tidak punya persiapan yang baik, tidak belajar dengan baik untuk menghadapinya.

Untuk apa menunggu waktu sekian lama jika hanya untuk menjadi orang yang tereliminasi, menjadi orang yang gagal. Kenyataan akan selalu pahit bagi orang yang selalu menyepelekan. Persiapkan dengan belajar maksimal dan jadilah abdi negara yang bisa dibanggakan.

Salah satu bahan pembelajaran yang bisa dipelajari sebagai rekomendasi terbaik adalah Paket LKIT 2018. Berikut adalah tanggapan Kementerian PAN RB tentang bahan pembelajaran Paket LKIT yang sudah diakui berbobot sejak tahun 2014 http://www.paketlkit.com/p/special.html

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: