Tanggapan Kementerian PAN RB tentang Paket LKIT

Video of the Day

banner iklan

Senin, 13 Agustus 2018

Cara Memperkecil Ukuran File Dokumen Persyaratan CPNS


Perkecil FIle Dokumen CPNS

Dokumen persyaratan CPNS yang pernah disinggung dalam persyaratan CPNS menjadi hal krusial yang sangat menentukan dalam seleksi CPNS bagian screening administrasi. Lulus tidaknya seleksi tahap awal ini sangat ditentukan oleh dokumen yang kamu upload di website sscn.

Kebanyakan yang menjadi permasalahan adalah dokumen scan yang diupload ukurannya terlalu besar, sehingga proses upload gagal dan selalu gagal. Proses upload dokumen gagal bisa disebabkan oleh koneksi internet yang tidak baik dan ukuran file yang terlalu besar.

Ingat kapasitas perfile untuk satu dokumen persyaratan CPNS maksimal 300kb. Jadi jika kamu upload perfile kapasitasnya kurang dari itu maka akan lebih baik - dan jika lebih kemungkinan akan gagal di upload dan error. Sekarang pertanyaannya bagaimana cara memperpecil ukuran file tersebut menjadi kurang dari 300 kb dan tidak pecah??

Masih banyak sekali calon pendaftar CPNS yang belum paham tentang hal tersebut - sebagai solusi berikut adalah langkah langkah untuk memperkecil ukuran file.

Cara memperkecil Ukuran File Dokumen Persyaratan CPNS

1. Apapun type, merk dan jenis scanner kamu - usahakanlah kamu scan file dari aplikasi paint dan aplikasi scanner yang sudah disediakan windows (jika aplikasi scanner bawaan windows belum diinstall, silakan install dr link berikut https://www.microsoft.com/en-us/p/windows-scan/9wzdncrfj3pv) - jangan dari aplikasi bawaan scan - karena filenya akan sangat besar.

Aplikasi bawaan scan akan menghasilkan hasil scan dengan kualitas warna dan hasil terbaik sehingga ukuran file sizenya akan lebih dari 1 MB. Sedangkan hasil scanner windows melalui aplikasi paint, akan menghasilkan file dengan kualitas baik, mudah dibaca dan ukuran file yang relatif kecil.

Setelah scanner windows terinstal, untuk mulai scan tinggal buka aplikasi paint. Setelah masuk, tinggal pilih "From scanner or camera" seperti gambar dibawah dan save filenya dalam format JPEG atau JPG


2. Setelah berhasil di scan, file yang akan dihasilkan oleh scan dari aplikasi paint windows adalah sekitar 600kb s/d 800 kb dan tentunya ini jauh lebih kecil daripada aplikasi scan bawaan scanner yang bisa mencapai ukuran 1MB s/d 3MB.

Ukuran 800kb adalah masih sangat besar untuk diupload di website sscn dan tentu perlu diperkecil kembali ukurannya. Agar tidak pecah hasilnya, silakan kamu masuk ke https://compressjpeg.com

Setelah file dicompress di alamat website diatas - sekarang ukuran file kamu sudah hilang sekitar 50%. andai hasil awal scan sekitar 800kb maka sekarang setelah di compress di alamat website tadi akan menyisakan 400kb - dan tentu saja file tidak pecah karena masih berkualitas baik.

3. Ukuran 400kb masih juga terlalu besar untuk di upload di sscn - maka tahap terakhir silakan kamu masuk ke alamat https://imageresize.org untuk meng'kompress file tadi lebih kecil lagi. Setelah di kompress di alamat website ini, file akan berukuran kecil tapi gambar memiliki kualitas cukup baik, tidak pecah dan bisa dibaca dengan mudah.

Baru setelah ukuran file kamu di kisaran 100kb s/d 300kb uploadlah file dokumennya ke website sscn sebagai persyaratan kamu.

Salah satu penyebab kamu gagal dalam tes screening administrasi - adalah dikarenakan file yang pecah ketika di upload dan tidak bisa dibaca / tidak terlihat jelas sehingga tim panselnas akan dengan senang hati mencoret nama kamu dari sistem.

Ingat, untuk mengkompress ukuran file jangan lakukan resize di aplikasi paint karena gambar akan pecah dan susah terbaca ketika diperbesar, tapi lakukanlah di kedua alamat website diatas secara berurutan. Mudah mudahan cara diatas bisa bermanfaat buat kamu semua.

Nah buat bahan pembelajaran terbaik kamu - pelajari deh Paket LKIT karena bahan pembelajaran ini menjadi bahan pembelajaran CPNS satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan apresiasi Kemenpan RB. Isinya sangat berbobot tidak sama dengan bahan pembelajaran CPNS yang sudah kamu miliki saat ini. Detail, bisa kamu lihat di www.paketlkit.com


Aparatur Sipil Negara

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)