Tanggapan Kementerian PAN RB tentang Paket LKIT

Video of the Day

banner iklan

Jumat, 08 April 2016

Rp 8 juta untuk Pengangkatan Bidan PTT?


Pengangkatan Bidan PTT harus Bayar?

asncpns.com - Ada kabar yang memprihatinkan mengenai bidan desa pegawai tidak tetap (PTT). Meskipun pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) belum tahu kapan, namun bidan desa PTT (Pusat) yang telah lama mengabdi ini mendapatkan intimidasi dan pungutan liar (pungli).

Lilik Dian Eka yang menjabat sebagai Ketua Umum Forum Bidan Desa (Forbides) PTT (Pusat) Indonesia menyatakan bahwa sudah banyak tembusan laporan kepadanya mengenai hal pungli tersebut di beberapa daerah diantaranya adalah Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Pengurus Forbides PTT (Pusat) kami di sana mendengar sendiri Dinkesnya melakukan pungutan Rp 8 juta per orang dengan alasan untuk pembiayaan proses pengangkatan. Salah satu kabupaten di Sultra jumlah bidan desanya hampir 100 orang, bayangkan saja kalau dikalikan Rp 8 juta," ucapnya, hari Rabu (06/04/2016).

Dirinya menambahkan bahwa proses pengadaan CPNS Daerah khususnya untuk bidan desa PTT (Pusat) terlalu diskriminatif, tidak memiliki rasa keadilan dan kesetaraan. "Bidan desa PTT (Pusat) yang telah mengabdi, tidaklah dipandang sebagai unsur ketahanan nasional strategis di bidang kesehatan. Yang selama ini menjadi bagian dari upaya  meningkatkan Indeks harapan hidup ibu dan bayi, serta Indeks Harapan Hidup Manusia," tambahnya.

Ketidakjelasan pemerintah yang sebelumnya menjanjikan akan mengangkat bidan desa PTT menjadi CPNS yang hingga kini belum terealisasi, sangat disayangkan oleh Lilik. "Pengabdian kerja kami di pelosok daerah selama ini dipandang menggunakan kaca mata kuda, tanpa rasa kemanusiaan dan nurani," sindir Lilik

Bagi anda yang ingin mewujudkan mimpi menjadi seorang PNS, segera persiapkan diri dengan memperbanyak belajar materi tes kompetensi dasar (TKD) CPNS, yang terdiri dari TKP (tes karakteristik pribadi), TIU (tes intelegensi umum) dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaaan) yang bisa merujuk pada Paket LKIT.

Selain itu, untuk tes kompetensi bidang (TKB) kesehatan bisa mempelajari Paket LKIT seperti TKB Kebidanan, TKB Keperawatan sampai TKB Kedokteran yang sudah meloloskan 3000 CPNS murni.

Berikut adalah contoh Format Soal Kebidanan yang ada dalam Paket LKIT TKB Kebidanan:

1. Rujukan pelayanan laboraturium yang benar adalah
A. Bidan – Lab PKM – Lab BP4 – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A
B. Bidan – Lab PKM – Lab BP4 – Lab RS kls A – Lab RS kls B – Lab RS kls C
C. Bidan – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A – Lab BP4
D. Bidan – Lab BP4 – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A
E. Bidan – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A – Lab BP4 


Shela Febrianti Ginanjar

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)