Bapetarum Plus BKN


By | 18.35 Leave a Comment

Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum PNS) telah menyutujui kerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait pemutakhiran database PNS secara berkelanjutan.Dengan adanya data PNS yang akurat akan mempermudah Bapertarum PNS untuk menyalurkan dana Tabungan Perumahan (Taperum) bagi para abdi negara yang masih aktif maupun yang telah memasuki masa pensiun.

Bapetarum Plus BKN

Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) menegaskan Bapetarum PNS telah mengembangkan individual account atau akun individu Taperum Pegawai Negeri Sipil, dan merupakan salah satu informasi penting yang dibutuhkan para penabung khususnya PNS. Oleh karena itu, kerjasama antara Bapertarum dan Badan Kepegawaian Negara akan lebih meningkatkan pelayanan bagi PNS karena datanya lebih akurat. Ketika memberikan sambutan pada kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bapertarum PNS dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang Pemutakhiran Database PNS secara berkelanjutan dalam rangka mendukung akun individu menuju transparansi dan akuntabilitas di Kantor Kemenpera.

Penandatanganan tersebut disaksikan pihak Bapetarum PNS dengan BKN, Menpera juga menjabat sebagai Ketua Harian Bapertarum PNS mengatakan, masing-masing PNS berhak mengetahui berapa jumlah iuran tabungan yang sudah terkumpul sejak mulai iuran pertama sampai saat dia hendaK mengetahui info mengenai iuran Taperum PNS nya. Dengan adanya akun individu, PNS bisa mengakses informasi jumlah tabungannya, kapan saja dan dimana saja berada, baik melalui SMS maupun melalui website tersebut.

Kerjasama antara pihak Bapertarum PNS dengan BKN selain dapat membantu penyediaan data PNS juga akan membantu dalam penyaluran dana Taperum. Dalam maslah ini, setiap PNS yang sudah pensiun diharapkan juga dapat mengambil dana Taperum yang telah terkumpul dari iuran yang terpotong dari gaji mereka masing-masing.

Untuk meningkatkan serta memanfaatkan teknologi dan informasinya. Bapetarum juga berharap setiap PNS bisa mendorong sosialisasi akun individu melalui iklan di media massa di seluruh daerah di Indonesia sehingga para PNS yang aktif dan telah memasuki masa pensiun bisa dengan mudah mengambil dana Taperumnya meski jumlahnya tidak terlalu besar namun dapat menunjang untuk masa depan.

Fungsi dalam perjanjian kerjasama ini adalah supaya BKN dapat menyediakan, mengelola, serta memperbarui database PNS, supaya bisa dimanfaatkan Bapertarum PNS, melalui kerjasama yang saling menguntungkan, begitupun sebaliknya Bapertarum PNS juga akan membantu BKN memperbarui data PNS jika ada data PNS yang masuk ke Bapertarum PNS dan ternyata belum di perbaharui di BKN.
Taperum yang dipotong secara otomatis dari gaji para pegawai selama ini jumlahnya memang tidak terlalu besar sehingga manfaat yang diterima PNS pun tidak terlalu mewah ataupun royal.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pemerintah bisa lebih memperbesar iuran Taperum sehingga PNS dapat memanfaatkan dana Taperumnya untuk memiliki rumah yang layak ditempati dengan sanak keluarganya.



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: