Seleksi CPNS 2014 Memakai CAT


By | 19.22 Leave a Comment
Seleksi CPNS 2014 memakai CAT (computer assisted test) dan ini rencananya akan diberlakukan seluruhnya untuk tahun ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, apabila akan melaksanakan seleksi tes CPNS selalu dilakukan dengan serentak, tetapi untuk tahun ini akan dilakukan secara bertahap. Karena mulai tahun ini Pemerintah sudah mewajibkan kepada seluruh instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menggunakan Sistem CAT CPNS (computer assisted test).

Sistem CAT CPNS Online

Dengan adanya perubahan tersebut, sehingga memberikan kesempatan untuk para pelamar untuk uji kemampuan di berbagai instansi. Karena pelamar bisa melamar lebih dari 1 instansi perusahaan, dan hal itu bukan suatu masalah karena dengan system CAT ini system pengujiannya sangat transparan dan kemampuan dari pelamarnya secara langsung akan dapat kelihatan.

Sebenarnya system CAT CPNS ini sudah lama diterapkan di Indonesia, namun biasanya system CAT ini dilakukan dalam penerimaan mahasiswa sekolah kedinasan. Pada tahun 2013 sistem ini mulai diterapkan juga untuk merekrut CPNS, hal ini dilakukan untuk menghilangkan percaloan, dan untuk meminimalisir kecurangan-kecurangan dalam penerimaan CPNS.

Computer assisted test CPNS untuk sekarang ini hanyalah mencakup soal-soal untuk Tes Kompetensi Dasar. Tes Kompetensi Dasar ini diantaranya mencakup tes pengetahuan umum, tes bakat skolastik dan tes kepribadian.

Pada saat pelamar dinyatakan lulus maka yang bersangkutan akan melanjutkan ke tahapan tes berikutnya diantaranya tes kompetensi bidang, dan wawancara. Tes kompetensi bidang biasanya disediakan oleh kementerian sedangkan tes wawancara biasanya melibatkan lembaga psikologi dari UI atau universitas lainnya yang terkemuka yang ada di Indonesia.

Kelebihan dari system CAT ini adalah setiap peserta tes CPNS akan langsung dapat mengetahui hasil nilai ujian mereka setelah mereka mengerjakan soal-soal tes yang diberikan tadi, karena dengan menggunakan system CAT ini hasil tidak akan bisa direkayasa karena system ini telah disetting sebelumnya dan telah menggunakan cara passing grade sehingga. Dengan begitu secara otomatis computer akan langsung memeriksa jawaban setiap peserta dan langsung dapat diketahui hasilnya, apakah peserta tersebut lulus atau tidak.

Namun demikian ternyata masih saja ada daerah yang infrastrukturnya masih belum memadai untuk pelaksanaan system CAT ini, tetapi Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja memberikan sosialisasi kepada seluruh pemerintah yang ada di pusat maupun yang ada di daerah yang akan mengikuti tes CAT ini untuk mempersiapkan diri karena Badan Kepegawaian Negara (BKN) kantor regionalnya telah menpersiapkan infrastrukturalnya.

Bagi daerah yang jauh dari kantor regional BKN maka di harapkan bisa menyediakan peralatan komputernya nanti BKN yang akan memberikan materinya. Setiap computer yang digunakan untuk tes CAT ini akan bebas dari kebocoran soal. Maka pemerintah mewajibkan memakai system CAT ini selain transparan juga menghemat waktu dan biaya.

Bagi anda yang membutuhkan Sistem CAT CPNS, silakan anda request kepada kami dan kami akan memberikannya secara GRATIS. Silakan anda tinggal klik tombol "Request CAT CPNS" di samping kanan atas layar monitor anda. Software yang kami berikan adalah lebih baik daripada software berbayar di Internet yang mengatasnamakan "Penjualan CAT CPNS", dijamin !!!. Daripada beli CAT CPNS di web orang lain silakan download secara gratis di asncpns.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: