Kandidat KASN Melakukan Karya Tulis


By | 22.25 Leave a Comment
Kandidat KASN Melakukan Karya Tulis, maksudnya para kandidat KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) melakukan tes penulisan makalah yang dilakukan pada hari Senin tanggal 14 April 2014. Tes tersebut dilakukan setelah para kandidat KASN mengikuti ujian tertulis sebelumnya. Ujian tes tertulis dilakukan selama 180 menit. Jumlah kandidat semuanya adalah 42 orang, tetapi hanya 38 kandidat saja yang harus menulis kembali sendiri makalahnya.

Yang dimaksud dengan penulisan makalah / karya tulis itu sendiri adalah tulisan yang isinya membahas tentang sesuatu secara ilmiah dan ditulis dengan tata cara penulisan yang telah ditentukan dengan baik dan benar. Ciri-ciri dari karya tulis itu sendiri salah satu diantaranya adalah factual dan actual, objektif, logis, sistematis, lengkap, serta bahasanya denotatif dan efektif.




Kepala Sekreatariat KASN dan juga sebagai Staff Ahli Kementerian PAN-RB bidang kebijakan public Bapak Rusdianto mengatakan bahwa ujian tes penulisan makalah atau biasa di sebut tes karya tulis memang wajib dilaksanakan dan itu termasuk persyaratan yang harus dilakukan karena merupakan bagian dari uji kompetensi yang wajib diikuti oleh para kandidat KASN.

Apabila ada salah satu peserta kandidat yang tidak mengikui ujian tes penulisan makalah ini, maka peserta kandidat tersebut dinyatakan gugur dan tidak diperbolehkan untuk mengikuti tes ujian tahap selanjutnya.

Para peserta kandidat KASN diwajibkan untuk mengikuti ujian tes penulisan makalah dengan tema peran, menceritakan fungsinya dari makalah tersebut dan tantangan komisi Aparatu Sipil Negara (KASN)itu dilakukan dalam menjamin perwujudan system merit dalam Aparatur Sipil Negara (ASN). Setelah semuanya beres dalam pembuatan makalah dan dinyatakan lulus maka para kandidat KASN akan melanjutkan seleksi ke tahap selanjutnya.

Kemudian seleksi tahap berikutnya adalah seleksi lanjutan yaitu assessment center yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-24 April 2014, dan hasilnya tidak akan diumumkan pada waktu itu juga, tetapi nunggu proses dulu baru selama seminggu, baru setelah itu hasil pengumumannya akan diumumkan pada tanggal 2 Mei.

Setelah lulus dari seleksi assessment center kemudian dilanjut ke seleksi tes wawancara yang akan di laksanakan pada tanggal 6 sampai 8 Mei, dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 12 Mei. Kepada para peserta kandidat KASN yang lulus diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan, yang mana tes kesehatan itu akan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 20 Mei.

Dari sekian kandidat KASN, pansel (panitia seleksi) akan memilih 14 orang calon anggota KASN yang memenuhi persyaratan. Selanjutnya para kandidat tersebut diserahkan kepada Presiden untuk diseleksi lagi. Setelah diseleksi secara selektif maka presiden menetapkan anggota baru KASN sebanyak 7 orang karena Presiden hanya membutuhkannya sebanyak 7 orang.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: