Kemendikbud Buka 7000 Formasi Dosen


By | 22.18 Leave a Comment
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada penerimaan CPNS tahun ini akan merekrut sebanyak 7000 dosen untuk memenuhi kekurangan tenaga dosen di negeri ini. Jumlah tersebut hanya untuk formasi dosen dan belum termasuk formasi teknis atau guru lainnya di Kemendikbud.

CPNS Dosen

Penerimaan formasi tenaga pendidik mulai dari tingkat guru TK sampai dengan Dosen menjadi perhatian serius pemerintah untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar di Indonesia. Sampai dengan berita ini diturunkan penyebaran guru di Indonesia belumlah merata, hal ini berdasar grafik kelebihan dan kekurangan guru Indonesia.

Khusus untuk Guru, Indonesia masih sangat membutuhkan tenaga guru untuk tenaga guru SD dan tenaga guru SMP. Kekurangan guru SD berdasarkan data adalah terjadi di sekitar 418 kabupaten dan kota yang tersebar di 34 provinsi, sedangkan untuk guru SMP - kekurangannya tersebar di sekitar 353 kabupaten/kota yang mencakup 33 provinsi.

Khusus untuk formasi guru TK, kekurangan terjadi di sebagian sulawesi, Sumatera Utara, Aceh, Nusa Tenggara, Maluku Utara dan Papua. Kekurangan guru TK adalah tersebar di sekitar 10 kabuapaten di wilayah yang telah disebutkan.

Kekurangan formasi Guru untuk SMA tidak sebanyak kekurangan Guru SD dan guru SMP. Kekurangan guru SMA adalah tersebar di sebanyak 177 kabupaten/kota dan beberapa kabupaten di pulau Jawa adalah termasuk ke dalam kabuten yang banyak membutuhkan guru SMA.


Khusus untuk formasi guru, Kemendikbud menerapkan sistem rekrutmen yang ditambah dengan tes kompetensi bidang guru, Tes TKB Keguruan ini diberikan mulai dari rekrutmen CPNS pemerintah daerah sampai dengan penerimaan cpns tingkat pusat. Seleksi model seperti ini adalah ditujukan untuk mendapatkan pendidik bangsa yang lebih berkualitas. Silakan lihat contoh lebih jelas dalam image gambar di bawah ini

TKB CPNS Keguruan

Khusus untuk pelaksanaan tes tkb guru, kemendikbud telah memiliki infrastruktur sistem assisted computer test yang lebih memadai dan lebih lengkap dari kementerian lainnya, hal ini dikarenakan pihak Kemendikbud tengah terbiasa dalam melaksanakan Uji Kompetensi Guru atau lebih dikenal dengan uji sertifikasi guru kepada para guru di seluruh Indonesia.

Formasi tenaga pendidik setiap tahunnya memang selalu mendominasi di setiap kabupaten ataupun pemerintah pusat, hal ini dilakukan untuk menutupi kekurangan kekurangan tenaga pendidik di tiap daerah, terutama daerah terluar dan daerah terpencil yang tersebar di wilayah Indonesia.

Formasi CPNS tenaga pendidik selain akan diberikan kepada pelamar umum dan PPPK - sarjana yang mengikuti program Sarjana Mendidik Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) pun akan menjadi prioritas menjadi Aparatur Sipil Negara dalam perekrutan.

Program SM3T adalah Program yang menempatkan Sarjana untuk menjadi tenaga pengajar di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Tidak jarang untuk mencapai satu lokasi, seorang guru harus menempuh jarak lebih dari 100 km tanpa transportasi. Ketahui mengenai program ini lebih jauh dari Pengalaman Suka Duka SM3T.

Program SM3T ini adalah merupakan salah satu program untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mulai digagas pihak Kemendikbud sejak tahun 2011.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: