Dokter Diangkat PNS Tanpa Tes


By | 19.44 1 comment
Dokter pegawai tidak tetap (PTT) yang berada di Kabupaten Pohuwato bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil tanpa tes. Namun hal ini sama sekali tidak mendapat respon positif dari para dokter yang ada di daerah tersebut, karena tingginya pendapatan yang didapat tanpa harus berstatus menjadi pegawai negeri sipil terlebih dahulu. Padahal untuk honorer atau masyarakat, menjadi PNS adalah dambaan setiap pelamar dan untuk bisa mencapai posisi ini rela mengorbankan dan melakukan apa saja. Untuk saat ini saja, tes CPNS dilakukan sangat ketat hal ini ditujukan agar pegawai negeri sipil yang nantinya terpilih bisa bekerja dengan maksimal serta hanya pegawai yang memiliki kemampuan atau keahlian yang bisa menempati jabatan aparatur sipil Negara.

Dokter Diangkat PNS Tanpa Tes

Pengangkatan dokter PTT tanpa tes merupakan salah satu program pendayagunaan sumber daya manusia pada bidang kesehatan khusus untuk daerah terpencil dan perbatasan kepulauan. Padahal jika dibandingkan, gaji dokter PNS bisa lebih besar daripada menjadi dokter PTT. Untuk dokter gigi daerah terpencil gaji dan intensif yang diberikan adalah sekitar 4,8 juta sedangkan untuk dokter di daerah sangat terpencil gaji dan intensif mencapai 7,1 juta. Jika digabungkan, gaji PNS bisa sama dengan gaji dokter PTT atau bahkan lebih. Ini dikembalikan lagi pada kesiapan para dokter untuk menjalaninya.

Untuk bisa diangkat menjadi PNS, dokter PTT hanya perlu melakukan tes administrasi saja tanpa harus tes akademik. Tapi tetap saja para dokter enggan untuk menempat posisi ini. Selain alasan gaji dan intensif, para dokter PTT juga memberikan alasan karena ingin mengikuti studi untuk bisa menjadi dokter spesialis.


Namun Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pohuwato tidak memaksakan kehendak para dokter PTT tersebut, saat ini pemerintah daerah sedang melaksanakan pemenuhan kebutuhan para dokter PTT untuk bisa berkinerja secara maksimal.

Sebelumnya pemerintah pusat telah membuka pendaftaran untuk dokter yang diangkat menjadi PNS tanpa tes. Pengangkatan ini dibuka untuk 3000 formasi, tetap saja hanya berapa persen yang memenuhi syarat administrasi, sisanya banyak yang tidak lengkap terutama dalam kesanggupan untuk ditempatkan di wilayah terpencil. Selain itu, untuk menjadi dokter PNS di daerah terpencil harus siap untuk tidak berpindah ke daerah lain selama 5 tahun.

Kadis Kesehatan kabupaten Pohuwato menambahkan lagi bahwa saat ini pemda tidak mempermasalahan ketidak sanggupan para dokter PTT tersebut, yang terpenting saat ini mereka bisa menjalankan tugas sebagai dokter dengan baik. Masalah izin melanjutkan studi juga sangat didukung oleh pemerintah daerah. Ditambah pemerintah daerah akan memberikan insentif dan jasa pelayanan kesehatan yang jumlahnya kan lebih dari gaji atau intensif dokter PTT. Jika dokter PTT dipekerjakan dengan sistem kontrak, PNS tidak sama. (ASN CPNS / AN)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: