Tahapan Seleksi CPNS di Kementerian PU


By | 07.00 Leave a Comment
Tahapan seleksi CPNS di Kementerian PU memang belum ada pengumuman atau pemberitahuan secara resmi. Namun, berdasarkan ketentuan pemerintah yang harus menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) pada saat tes Kemampuan Dasar memang harus dilaksanakan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dan mengefisienkan waktu serta biaya yang dikeluarkan untuk tahap seleksi tes CPNS tahun 2014. Jika kementerian atau lembaga tidak menggunakan sistem ini, maka K/L tersebut tidak akan diberikan formasi CPNS.

Tahapan Seleksi CPNS di Kementerian PU

Pada tahun 2013, tahap seleksi tes CPNS di Kementerian PU dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu tahap pertama dengan diadakannya Tes Kemampuan Dasar dengan menggunakan sistem CAT. Berita seleksi tes CPNS menggunakan CAT bukan hal yang baru karena pada tahun 2013 CAT telah digunakan namun belum maksimal, hanya digunakan oleh beberapa Kementerian saja.


Tahap kedua adalah Tes Kemampuan Bidang yaitu tes intelegensi umum yang mengukur kecerdasan calon pegawai PNS. Pada tahap ini, TKB disesuaikan dengan bidang pendidikan dan bidang pekerjaan umum. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahun calon pegawai untuk bisa melakukan tugas secara maksimal sesuai dengan target yang telah ditentukan. Untuk memahami Tes Kemampuan Bidang Kementerian Pekerjan Umum yang tahun ini pasti akan dilaksanakan, anda bisa melihat beberapa contohnya di Tes Kompetensi Bidang Kementerian PU

Sedangkan tahap akhir adalah tahap wawancara. Wawancara yang dilakukan adalah dengan tujuan untuk mengukur karakteristik pribadi calon pegawai dan cara bekerja CPNS tersebut. Tes wawancara sebagai tahap akhir adalah penentu kelulusan tersebut. Namun mungkinkah anda melepaskan tahap akhir begitu saja setelah melewati dua tahap sebelumnya? Tidak mungkin. Untuk tahap ini tentus aja harus dilewati dan berakhir sukes. Untuk bisa melewati tahap ini, anda harus mengetahui pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pewawancara dan jawaban tepat yang diinginkan oleh pewaancara. Anda bisa mempelajari semua itu dalam Jebol Wawancara.

Tiga tahap seleksi itu sebagai gambaran tahap seleksi tes CPNS yang akan dilaksanakan oleh Kemeterian PU. Bukan tidak mungkin tahapan-tahapan ini akan digunakan lagi pada tes CPNS tahun 2014 ini. Sebelum melakukan tes sebenarnya, pengetahuan mengenai tes pada tahun sebelumnya diperlukan sebagai gambaran pada tahun berikutnya atau tahun ini. Dengan begitu, pada saat tes tidak akan dijumpai sistem yang asing karena semuanya telah dipelajari jauh-jauh hari.

Pemerintah telah menetapkkan bahwa seleksi tes CPNS akan segera digelar pada bulan September dan pendaftaran dimulai pada akhir Agustus (cek jadwal tentatif CPNS 2014). Persaingan sangat ketat, formasi yang disediakan adalah 100 ribu dengan masing-masing PNS mendapat 60 ribu dan PPPK 40 ribu kursi. Dari banyaknya formasi yang diberikan oleh pemerintah, akankah anda menjadi salah satunya? Semua materi tes CPNS untuk TKD, TKB dan CAT CPNS bisa anda dapatkan di Paket LKIT 2014. (ASN CPNS / AN)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: