Tanpa CAT, Pemda takkan dapat Formasi


By | 01.52 Leave a Comment
Penerimaan CPNS 2014 ini memang benar benar menekankan reformasi birokrasi, yang salah satunya adalah dalam hal penerimaan seleksi ujian CPNS. Jika pada tahun kemarin masih ada Lembaga Pemerintahan atau Instansi yang menggunakan sistem LJK, rupanya tahun 2014 ini sistem tersebut sudah tidak akan berlaku lagi.

Eko Prasojo, Wakil Menteri PAN-RB menegaskan dikantornya (2/5/2014) bahwa "Sistem yang lebih ketat juga diberlakukan pada kementerian atau lembaga (K/L) dan pemda yang tak menggunakan sistem CAT, tak akan diberi formasi"

Pelaksanaan Ujian CPNS Juni 2014

Penerimaan CPNS menggunakan sistem CAT rencananya digelar mulai bulan Juni 2014 ini akan dilakukan secara bertahap agar proses seleksi berjalan bersih sesuai harapan dan berjalan lebih objektif.

Ujian CPNS dalam sistem CAT ini adalah mencakup tes tahap pertama seleksi dimana isinya mencakup Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Kepribadian. Jika anda ingin mengetahui gambaran dan bentuk soalnya silakan request CAT CPNS 2014 dari ASNCPNS.COM karena kami berikan secara gratis.

Anemo masyarakat Indonesia dalam penerimaan CPNS setiap tahunnya memang terbilang cukup tinggi, apalagi setelah UU ASN ditandatangani Presiden awal 2014 lalu. Menjadi Aparatur Sipil Negara adalah menjadi kebanggaan dan tidak hanya itu, setiap penghasilan, tunjangan dan uang pensiun sudah bisa bersaing dengan pegawai BUMN ataupun swasta.

Saat ini pemerintah sedang mencoba mengikis citra negatif tentang penyelenggaraan penerimaan cpns yang selalu saja ada tindak kecurangan, dimana jika berkaca dari pengalaman sebelum-sebelumnya, hal tersebut adalah dilakukan oleh segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka biasanya mengimingi dengan cara menjanjikan kursi lulus CPNS dengan meminta sejumlah uang yang dipersyaratkan, jika diantara anda mengetahui ada kejadian janggal seperti ini silakan anda lakukan pelaporan dan pengaduan ke Sistem Online Layanan Pengaduan Seleksi CPNS Nasional.

Sistem Pengaduan tersebut dikelola oleh BPKP bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Badan Kepegawaian Negara, Ombudsman Republik Indonesia, dan Konsorsium Lembaga Swadaya Masyarakat berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 216 Tahun 2013. Dan untuk mengadukan kejadian janggal tentang penerimaan CPNS silakan laporkan di http://www.bpkp.go.id/pengaduancpns.bpkp

Pelaksanaan CAT CPNS yang diterapkan sedikit banyak diharapkan akan mengurangi kecurangan dalam rekrutmen CPNS tahun ini. selain itu penerapan passing grade CPNS diharapkan akan bisa menjaring Aparatur Sipil Negara yang lebih berkompeten dan berkualitas.

Soal Ujian Seleksi CPNS 2014

Soal Ujian CPNS tahun 2014 adalah terdiri dari 2 jenis soal ujian yaitu Ujian Tes Kompetensi Dasar dan Ujian Tes Kompetensi Bidang.

Ujian Tes Kompetensi dasar meliputi Ujian Tes Wawasan Kebangsaan, Ujian Tes Intelegensia Umum dan Tes Kepribadian.

Sedangkan Untuk Tes Kompetensi Bidang adalah meliputi soal soal khusus bidang kementerian yang dilamar. Waktu pelaksanaan ujian TKB dilaksanakan setelah ujian Tes Kompetensi Dasar, maksudnya adalah Ujian ini hanya diberikan kepada seluruh peserta tes yang lulus meraih passing grade TKD. Untuk ujian cpns tes kompetensi bidang, soal disediakan oleh masing masing kementerian atau lembaga dan instansi pemerintahan terkait, tidak seperti tes kompetensi dasar yang pelaksanaan dan penyediaan soalnya disediakan oleh tim panselnas, pengamanan soal oleh Lemsaneg dengan metode enkripsi dekripsi master soal CPNS dan Server CAT CPNS oleh BKN.

Berikut adalah contoh contoh dari Ujian Tes Kompetensi Bidang

TKB CPNS PEMDA/PEMKOT/PEMPROV
Khusus soal Tes Kompetensi Bidang Pemerintah Daerah akan disatukan pelaksanaannya dengan TKD CPNS. Ujian TKB Pemda ini memiliki soal yang sangat spesial, karena isi soalnya akan berkaitan dengan pemerintahan daerah dan otonomi daerah. berikut adalah contoh dari soal Tes Kompetensi Bidang Pemda
Tes Kompetensi Bidang Pemerintah Daerah

TKB CPNS FORMASI KHUSUS
Tes Kompetensi Bidang Keguruan
Tes Kompetensi Bidang Kedokteran
Tes Kompetensi Bidang Keperawatan
Tes Kompetensi Bidang Kebidanan

TKB CPNS KEMENTERIAN 2014
Tes Kompetensi Bidang Kementerian Keuangan
Tes Kompetensi Bidang Badan Pemeriksa Keuangan/BPKP
Tes Kompetensi Bidang Kehutanan
Tes Kompetensi Bidang Kelautan dan Perikanan
Tes Kompetensi Bidang Hukum
Tes Kompetensi Bidang Kementerian Agama
Tes TKB Kementerian Kesehatan
Tes TKB Kementerian PU

Selain pelaksanaan TKB biasa dilakukan terpisah setelah TKD, adakalanya tes kompetensi bidang CPNS dilakukan secara bersamaan bersama TKD. Pelaksanaan ujian TKB CPNS adalah tergantung kementerian yang melaksanakan ujian.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: