CAT CPNS, Assesment Center, SPK dan SAPK BKN


By | 18.58 1 comment
ASN dan Anggapannya

Banyak anggapan untuk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara atau dulu yang dikenal dengan sebutan Pegawai Negeri Sipil diperlukan koneksi dari orang dalam, selain ada yang beranggapan bahwa untuk menjadi seorang ASN diperlukan biaya biaya pelicin untuk bayar ini, bayar itu, sogokan atau apapun sebutannya.

Selain dari hal tersebut diatas terdapat anggapan tentang susahnya menjadi seorang ASN, hal ini biasanya adalah dikarenakan ketatnya persaingan antar pelamar sehingga seseorang yang telah gagal lebih dari 2 kali tes CPNS pasti memiliki sifat pesimis untuk mengikuti tes CPNS kembali di tahun berikutnya.

Impian Menjadi PNS

Beberapa hal yang telah dijelaskan diatas tidak menyurutkan para calon pelamar Pegawai Negeri Sipil untuk mengikuti tes CPNS yang hampir setiap tahun diselenggarakan pemerintah. Menjadi seorang abdi negara masih menjadi priomadona, masih menjadi pilihan dan incaran bagi masyarakat, hal ini dikarenakan selain gaji, tunjangan dan pendapatan yang mulai dirasakan baik, diperkuat juga dengan adanya Jaminan Kesehatan, Jaminan Hari Tua bagi seorang abdi negara dan yang sering terdengar dan terngiang di telinga adalah adanya anggapan "tidak adanya pemecatan bagi seorang PNS".

Proses Menjadi Seorang Aparatur Sipil Negara

Dalam menanggapi citra negatif dan tuntutan masyarakat tentang buruknya kinerja dan layanan PNS, BKN berupaya memberikan solusi dengan membuat terobosan baru yang akan bisa menunjang dan meningkatkan kualitas dari seorang Pegawai Negeri Sipil dengan beberapa program unggulan BKN yaitu


Program Unggulan BKN

1. CAT CPNS

CAT CPNS adalah sistem penerimaan dan seleksi CPNS berbasis kompetensi dengan metode komputerisasi. Tes CAT CPNS ini adalah terdiri dari Tes Kompetensi Dasar, Tes Kompetensi Bidang dan Tes Kompetensi Kepegawaian.

Sistem rekrutmen CPNS dengan cara menggunakan sistem CAT dianggap lebih baik dan mulai diterapkan sejak tahun 2013. Sistem ini lebih menjamin hasil ujian yang lebih transparan, Jujur, Adil dan Objektif. Jika anda belum mengetahui sistem CAT CPNS, anda bisa mengunduh secara gratis CAT CPNS yang kami berikan "CAT CPNS FREE untuk Indonesia" di bagian Request CAT CPNS

Sistem Penerimaan CPNS BKN

2. Assesment Center

Assesment Center yang diterapkan BKN adalah merupakan seleksi terbuka untuk jabatan strategis. Unit ini adalah merupakan unit khusus BKN yang berfungsi untuk penilaian kompetensi pegawai negeri sipil secara objektif dan transparan, dimana hasil ujian kompetensi PNS tersebut berguna untuk penempatan Jabatan, pengembangan pegawai dan Kebutuhan Diklat

3. SKP

SKP adalah merupakan kependekan dari Sasaran Kerja Pegawai. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan tanggung jawab sebagai seorang aparatur sipil negara.
SKP berisi komitmen, rencana kerja dan target yang harus dicapai oleh seorang PNS sebagai abdi negara.

4. SAPK

SAPK adalah Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian. Sistem ini adalah merupakan sistem online yang berfungsi sebagai metode untuk pembinaan SDM di BKN dan menjawab tantangan zaman di masa depan akan kualitas seorang abdi negara.


Sistem SAPK ini terkoneksi antara BKN dengan semua instansi pemerintah sehingga database PNS di masing masing instansi bisa diketahui dengan jelas dan database selalu tersedia dalam uptodate berdasarkan teknologi informasi.

Video Profil BKN


Dalam rangka penyaringan pegawai negeri sipil yang berkualitas, BKN juga adalah merupakan lembaga yang bertugas untuk menyaring calon pegawai yang memiliki kualitas yang mumpuni untuk mengisi kekosongan jabatan ASN yang akan bertugas dalam melayani masyarakat.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: