Diperlukan 5000 CPNS Penyuluh Pertanian


By | 04.24 Leave a Comment
Sebanyak 5.000 kursi CPNS dibuka untuk jabatan penyuluh pertanian yang ditujukan untuk pelamar jalur umum. Formasi ini diberikan oleh Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) dan dengan hal ini secara langsung menyatakan bahwa tenaga harian lepas (THL) dan tenaga bantu penyuluh (TBP) tidak akan diangkat menjadi CPNS secara langsung tetap harus melewati tes terlebih dahulu. Sampai saat ini terhitung ada 23.771 pegawai yang berstatus THL dan TBP. Dengan begitu para pegawai bisa mengikuti tes CPNS atau tes menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2014.

Diperlukan 5000 CPNS Penyuluh Pertanian

Untuk pelamar yang berusia 35 tahun kebawah bisa mengikuti tes CPNS dengan jalur umum, sedangkan pegawai yang berumur lebih dari 35 tahun bisa mengikuti seleksi tes PPPK. Dari jatah yang disediakan, memang tidak seimbang dengan banyaknya pegawai yang akan ikut melamar, namun dengan persiapan pemerintah yang sangat ketat dalam pengadaan CPNS tahun ini mampu memberikan dan menghasikan pegawai yang memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan yang akan dijalani.

Meskipun saat ini untuk proses rekrutmen PPPK belum bisa dilaksanakan dan ditentukan karena masih menunggu perubahan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) menjadi PP tentang PPPK. Saat ini pemerintah pusat masih mengatur dan merencanakan tata cara rekrutmen PPPK yang akan baru digelar tahun ini, karena tahun-tahun sebelumnya tidak ada perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Namun pemerintah yakin bahwa seleksi PPPK akan tetap digelar dengan mempercepat penyelesaian Peraturan Pemerintah tersebut.


Jumlah formasi yang disediakan oleh pemerintah untuk PNS adalah sebanyak 60 ribu orang, sedangkan PPPK sebanyak 40 ribu orang. Dari jumlah yang banyak tentu banyak juga pelamar yang berlomba untuk mendapatkan jabatan tersebut. Jika pemerintah memberikan jatah kursi 5000 untuk penyuluh pertanian, maka pemerintah berencana untuk membuka 10.000 formasi untuk PPPK. Untuk bisa menjabat pada salah satu kursi tersebut, semua pelamar harus bersaing dengan pelamar lain dan hanya pelamar yang memenuhi criteria, memiliki potensi dan pengetahuan yang seimbang dengan tugas yang akan diterapkan yang akan lulus menjadi CPNS ataupun PPPK.

Untuk memahami materi dan soal tes CPNS direkomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2014 sebagai materi pembelajaran Tes Kompetensi Dasar. Sedangkan materi untuk Tes Kompetensi Bidang pertanian bisa dipelajari di TKB Pertanian. Semua materi menjadi penunjang untuk mengetahui kemampuan dan menambah pengetahun mengenai jabatan yang akan diterapkan. Pembelajaran yang dilakukan akan menjadi bekal untuk bisa mengerjakan soal yang disediakan oleh pihak panitia.

Kepala Badan Penyuluhan Pengembangan SDM Pertanian (PPSDMP) Kementan Winny Dian Wibawa menjelaskan bahwa kebanyakan penyuluh adalah berada di daerah-daerah, sehingga formasi yang akan ditetapkan dari daerah adalah untuk PPPK. Untuk mempermudah pengalokasian kebutuhan pegawai di daerah, Kementan akan meminta pemerintah daerah untuk mengusulkan formasi PPPK bagi penyuluh yang nantinya akan ditindaklanjuti lagi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: