Pemda Utamakan Rekrut Dokter PTT


By | 02.02 Leave a Comment
Pemerintah daerah lebih mengutamakan penerimaan dokter PTT dibanding dengan bidang lainnya. Hal ini dikarenakan kurangnya jabatan dokter khususnya untuk daerah yang terpencil dan jauh dari kota. Wilayah tersebut diantaranya adalah wilayah perbatasan, wilayah terluar, terpencil dan wilayah pemekaran. Rata-rata di daerah ini masih banyak dokter PTT yang tidak ingin diangkat menjadi CPNS karena beranggapan bahwa gaji yang diberikan lebih besar daripada menjadi CPNS. Padahal pemerintah telah banyak memberikan kebijakan untuk dokter PTT yang akan diangkat menjadi CPNS tanpa tes.

Pemda Utamakan Rekrut Dokter PTT

Pemda juga tidak hanya mengutamakan formasi untuk dokter PTT saja tapi juga untuk formasi lain yang ditujukan untuk pelamar umum untuk jabatan di lingkungan dinas yang bisa memberikan pelayanan dalam hal pelaksanaan pembangunan sesuai dengan potensi dan karakterisitik yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Ini ditujukan untuk memerhatikan daerah terbelakang yang memiliki potensi namun kurang diperhatikan oleh berbagai pihak. Hal ini seperti dijelaskan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suyatman.

Berbeda dengan penerimaan pemda yang berfokus pada dokter PTT, pemerintah pusat ;ebih mengutamakan untuk melakukan penerimaan jabatan fungsional tertentu (jabatan fungsional) yang merupakan jabatan utama pada instansi terkait, termasuk jabatan fungsional lain yang menunjang jabatan utama. Jabatan lain yang diutamakan untuk pemerintah pusat adalah jabatan fungsional umum yaitu pelaksana yang melaksanakan tugas teknis di instansi.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, instansi pemerintah yang membuka formasi dan membuka penerimaan CPNS sebanyak 482 instansi. Instansi pusat yang melakukan penerimaan adalah terdiri dari 31 kementerian dan 40 lembaga. Sedangkan pemerintah daerah membuka lowongan dan formasi paling banyak yaitu 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten /kota.


Untuk pengajuan formasi dan pendaftaran CPNS dilakukan dengan sistem yang sama yaitu dengan sistem online. Kebijakan ini dilakukan untuk mempermudah pengadaan CPNS tahun 2014, dan masih banyak lagi kebijakan pemerintah pusat dalam pengadaan CPNS ini.

Materi yang akan diujikan adalah sama mencakup tiga kelompok soal untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) yaitu wawasan kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Untuk kelompok soal yang kedua adalah karakteristik pribadi yang mencakup integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi apda pelayanan dan materi lainnya. Sedangkan kelompok soal yang ketiga adalah mengenai intelegensia umum yang semuanya bisa dipelajari di www.paketlkit.com.

Pelamar umum atau honorer hanya perlu memeprsiapkan mental untuk menjalani tes yang rencananya akan dilaksanakan pada Agustus 2014. Mental yang harus dipersiapkan adalah mental menghadapi tes dan mental untuk siap berjuang dengan jalan yang murni.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: